Magang Mahasiswa: Persepsi Guru Sekolah Dasar

Main Article Content

Rusi Rusmiati Aliyyah
Cantika Nurfaidah
Tiara Intan Castara
Rini Rahayu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi guru sekolah dasar terhadap implementasi program magang untuk mahasiswa semester tujuh sebagai bagian dari tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi. Data dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur terhadap 12 guru sekolah dasar di SDN Nyangkowek 02 Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif tematik. Analisis menemukan empat tema utama: Urgensi, dampak positif, dampak negative, dan manfaat dari magang. Penelitian memberikan kesimpulan bahwa program magang yang dilakukan oleh mahasiswa semester tujuh untuk mengembangkan kompetensi, mengimplementasikan ilmu pengetahuan secara nyata, serta menambah pengalaman secara langsung didalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini memberikan informasi mengenai pentingnya program magang yang harus dilakukan oleh seluruh universitas, terutama didalam bidang pendidikan.

Article Details

How to Cite
Aliyyah, R. R. ., Cantika Nurfaidah, Castara, T. I., & Rahayu, R. (2024). Magang Mahasiswa: Persepsi Guru Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(1), 127–143. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11598
Section
Articles

References

Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Herawati, E. S. B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54-72.

Aliyyah, R. R., Puteri, F. A., & Kurniawati, A. (2017). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 126-143.

Aliyyah, R. R., Rahmawati, R., Septriyani, W., Safitri, J., & Ramadhan, S. N. P. (2021). Kuliah kerja nyata: pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan pendampingan pendidikan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 663-676.

Albar, Joni, Deki Wibowo, Eliana Yunitha Seran, Stkip Melawi, Stkip KM Persada Khatulistiwa Jln RSUD, Nanga Pinoh Kabupaten Melawi, and Kalimantan Barat. 2023. “Optimalisasi Program Mbkm Magang Kependidikan Terhadap Kesiapan Mahasiswa Prodi Pgsd Stikp Melawi Dalam Praktik Mengajar.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 4 (1): 7–11.

Aswita, Dian. 2022. “Cc.” Prosiding Seminar Nasional Biotik 9 (2): 56. https://doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11747.

Azwar, Edi. 2019. “Program Pengalaman Lapangan (Magang) Terhadap Kepercayaan Diri Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi.” Jurnal Penjaskesrek 6 (9): 211–21.

Deviana, Tyas, and Dian Ika Kusumaningtyas. 2019. “Analisis Kebutuhan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Tematik Berbasis HOTS (Higher of Order Thinking Skills) Pada Kurikulum 2013 Di SD Muhammadiyah 05 Batu.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 3 (2): 64–74. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.141.

Mudzanatun, Mudzanatun, Fine Reffiane, Ferina Agustini, and Joko Sulianto. 2021. “Mudzanatun, Mudzanatun Reffiane, Fine Agustini, Ferina Sulianto, Joko.” Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar 4 (2): 62. https://doi.org/10.33603/caruban.v4i2.5246.

Nur, Hafsah M, and Nurul Fatonah. 2022. “Paradigma Kompetensi Uru.” Jurnal PGSD Uniga 1 (1): 12–16.

Nur Indriatno Putra Pratama, Galeh, and Suparman Suparman. 2019. “Peningkatan Keterampilan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan, Ft, Uny Melalui Metode Drill Berbasis Komunikasi Verbal-Non Verbal.” Jurnal Pendidikan Teknik Sipil 1 (1): 19–27. https://doi.org/10.21831/jpts.v1i1.28271.

Octavianingrum, Dilla. 2020. “Pentingnya Kompetensi Pedagogik Dalam Kegiatan Magang Kependidikan Bagi Mahasiswa Calon Guru.” Jurnal Ilmiah Kependidikan 7 (2): 115–24.

Sudarwo, Raden, and Apriadi Adi Adiansha. 2021. “Kemampuan Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 7 (4): 20–27.

Vhalery, Rendika, Albertus Maria Setyastanto, and Ari Wahyu Leksono. 2022. “Kurikulum Merdeka Belajar : Sebuah Kajian Literatur.” Research and Development Journal of Education 8 (1): 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718.

Zelika, Salna. 2023. “Analisis Situasi Di SD Negeri 2 Wameo Dalam Kegiatan Program Magang” 1 (1): 29–36.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.