Implementasi Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Tentang Dinamika Kelompok Belajar Kelas Tinggi pada Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.11104Keywords:
Kurikulum Merdeka, Kelompok Belajar, Kelas Tinggi.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pengimplementasian dinamika kelompok belajar dalam kurikulum merdeka di kelas tinggi. Pengimplementasian kurikukulum di Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan yang signifikan dari tahun ke tahun. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi kasus. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Partisipasi dalam penelitian ini adalah 15 Guru Penggerak dan Calon Guru Penggerak dari 8 Sekolah Dasar yang berada di Kabupaten Bogor. Dari data yang dihasilkan oleh kegiatan waawncara dan kuisioner didapatkan 9 subtema yang menjadi pembahasan pada penelitian ini. Subtema yang akan dibahas tergambar dalam skema yang dibuat menggunakan program NVIvo12.
References
Aliyyah, R. R., Rasmitadila, Gunadi, G., Sutisnawati, A., & Febriantina, S. (2023). Perceptions of elementary school teachers towards the implementation of the independent curriculum during the COVID-19 pandemic. Journal of Education and e-Learning Research, 10(2), 154–164. https://doi.org/10.20448/jeelr.v10i2.4490
Aliyyah, R. R., Saraswati, S., Ulfah, S. W., & Ikhwan, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Menggunakan Media Video Pembelajaran. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 317. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.317-326.2021
Elfira, N. (2013). PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK. Konselor, 2(1). https://doi.org/10.24036/0201321728-0-00
Sugiyono. (2018). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D (2 ed.). ALFABETA.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Sukmawati, I., S, N., Syukur, Y., & Said, A. (2013). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI DINAMIKA KELOMPOK DALAM PERKULIAHAN PENGAJARAN PSIKOLOGI DAN BIMBINGAN KONSELING (PPBK). Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 10. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v13i2.4276
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Nur Azizah, Rusi Rusmiati Aliyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.