Implementasi Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Tentang Dinamika Kelompok Belajar Kelas Tinggi pada Sekolah Dasar

Main Article Content

Siti Nur Azizah
Rusi Rusmiati Aliyyah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pengimplementasian dinamika kelompok belajar dalam kurikulum merdeka di kelas tinggi. Pengimplementasian kurikukulum di Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan yang signifikan dari tahun ke tahun. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi kasus. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Partisipasi dalam penelitian ini adalah 15 Guru Penggerak dan Calon Guru Penggerak  dari 8 Sekolah Dasar yang berada di Kabupaten Bogor. Dari data yang dihasilkan oleh kegiatan waawncara dan kuisioner didapatkan 9 subtema yang menjadi pembahasan pada penelitian ini. Subtema yang akan dibahas tergambar dalam skema yang dibuat menggunakan program NVIvo12.

Article Details

How to Cite
Azizah, S. N., & Aliyyah, R. R. . (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Tentang Dinamika Kelompok Belajar Kelas Tinggi pada Sekolah Dasar . Karimah Tauhid, 2(6), 3048–3064. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.11104
Section
Articles

References

Aliyyah, R. R., Rasmitadila, Gunadi, G., Sutisnawati, A., & Febriantina, S. (2023). Perceptions of elementary school teachers towards the implementation of the independent curriculum during the COVID-19 pandemic. Journal of Education and e-Learning Research, 10(2), 154–164. https://doi.org/10.20448/jeelr.v10i2.4490

Aliyyah, R. R., Saraswati, S., Ulfah, S. W., & Ikhwan, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Menggunakan Media Video Pembelajaran. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 317. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.317-326.2021

Elfira, N. (2013). PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK. Konselor, 2(1). https://doi.org/10.24036/0201321728-0-00

Sugiyono. (2018). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D (2 ed.). ALFABETA.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Sukmawati, I., S, N., Syukur, Y., & Said, A. (2013). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI DINAMIKA KELOMPOK DALAM PERKULIAHAN PENGAJARAN PSIKOLOGI DAN BIMBINGAN KONSELING (PPBK). Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 10. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v13i2.4276

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>