Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Guru dalam Mengelola Minat Belajar Siswa pada Sekolah Dasar

Main Article Content

Andini Amalia Suwardi
Rusi Rusmiati Aliyyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui implemenasi kurikulum merdeka dalam mengelola minat belajar siswa sekolah dasar. Teknik pengumpulan data melalui Teknik purposive sampling dengan melakukan survei pada setiap sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka, wawancara semi tersturktur dan wawancara secara online kepada guru sekolah dasar. Analisis data menggunakan kuasi kualitatif dengan desain penelitian sederhana. Analisis menemukan empat tema utama: praktik baik, kegiatan pembelajaran, dukungan dan hambatan dalam implementasi kurikulum merdeka. Hasil penelitian menyimpulkan keberhasilan strategi efektif mengelola minat belajar siswa ditentukan oleh kompetensi guru dalam mengelola minat belajar dan dukungan dari pihak sekolah, pemerintah, dan orang tua.

Article Details

How to Cite
Suwardi, A. A. ., & Aliyyah, R. R. . (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Guru dalam Mengelola Minat Belajar Siswa pada Sekolah Dasar . Karimah Tauhid, 2(6), 2948–2965. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.11085
Section
Articles

References

Alfath, A., & Azizah, F. N. (2022). Pengembangan kompetensi guru dalam menyongsong kurikulum merdeka belajarP (Vol. 1, Issue 2).

Aliyyah, R. R., Rasmitadila, Gunadi, G., Sutisnawati, A., & Febriantina, S. (2023). Perceptions of elementary school teachers towards the implementation of the independent curriculum during the COVID-19 pandemic. Journal of Education and E-Learning Research, 10(2), 154–164. https://doi.org/10.20448/jeelr.v10i2.4490

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749

Boang Manalu, J., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Indriani, N., Suryani, I., & Mukaromah, ul. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembentukan karakter disiplin peserta didik di sekolah dasar. 17(1). https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16228

Made, L., Dewi, A. W., Putu, N., & Astuti, E. (2022). Hambatan kurikulum merdeka di kelas IV SDN 3 hapuan. 4(2).

Marisa, M. (2021). Curriculum inovvation “independent learning” in the era of society 5.0. Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora, 5. https://doi.org/10.36526/js.v3i2

Rahmawati Suhanda, R., Maulidia Ulfah, S., Sudrajat, Y., & Pendidikan IPS, M. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak SMP Negeri 3 Picung, kecamatan Picung-Pandeglang, Banten (Vol. 2, Issue 2). https://instructionaljournal.com/index.php/logos_journal|54Availableonlineathttps://instructionaljournal.com/index.php/logos_journal

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41.

Sulkipli, A. N. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar terhadap prestasi siswa pada smp negeri 2 makkasar.

Teguh Purnawanto, A. (2022). Perencanakan pembelajaran bermakna dan asesmen kurikulum merdeka.

Tinggi, S., & Islam Binamadani, A. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. In Agustus (Vol. 5, Issue 2). https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi

Ultra Gusteti, M. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 2022. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum merdeka belajar: sebuah kajian literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Yuliani, S., Aliyyah, R. R., & Muhdiyati, I. (2022). Peran Guru Sebagai Fasilitator Pembelajaran Daring Pada Pandemi COVID. Khazanah Pendidikan-Jurnal Ilmiah Kependidikan (JIK), 16(1), 117–123. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i1.12760

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>