Pentingnya Prestasi Akademik Bagi Mahasiswa : Persepsi Mahasiswa Universitas Djuanda Bogor

Main Article Content

Latifah Zati Hulwani
Rusi Rusmiati Aliyyah

Abstract

Prestasi akademik adalah kecakapan konkret atau actual ability, yaitu kecakapan yang segera dapat didemonstrasikan dan diuji sekarang juga karena merupakan hasil usaha atau belajar yang bersangkutan menggunakan teknik eksklusif yang telah dijalaninya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi serta memperoleh informasi lebih lanjut tentang persepsi mahasiswa program studi Manajemen Pendidikan Islam Universitas Djuanda Bogor tentang pentingnya prestasi akademik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data melalui pengisian Google Formulir oleh 15 mahasiswa dengan IPK > 3,5. kemudian hasil wawancara asal setiap responden diberi kode berupa kata kunci yang akan dimasukan kedalam software NVIvo 12 yang dipergunakan untuk pengkodean serta  kategorisasi penelitian. Selanjutnya data dari wawancara dimasukkan ke pada nodes dan  cases untuk diklasifikasikkan menjadi kode-kode eksklusif. hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tujuh tema primer dalam mencapai prestasi akademik yaitu (1) Pentingnya prestasi akademik (2) Indicator prestasi akademik (3) Manfaat prestasi akademik (4) Motivasi prestasi akademik (5) Peluang prestasi akademik (6) strategi prestasi akademik (7) Saran prestasi akademik.

Article Details

How to Cite
Hulwani, L. Z., & Aliyyah, R. R. (2024). Pentingnya Prestasi Akademik Bagi Mahasiswa : Persepsi Mahasiswa Universitas Djuanda Bogor. Karimah Tauhid, 3(2), 1985–2011. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12026
Section
Articles

References

Barbour, R. S. (2014). Quality of data analysis. The SAGE handbook of qualitative data analysis, 496-510.

Braun, V., & Clarke, V. (2019). Reflecting on reflexive thematic analysis. Qualitative research in sport, exercise and health, 11(4), 589-597.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches.

Jaya, F. I. T. R. A. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar. PERKORIS Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis, 4(1), 13-23.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook.

Poerwadarminta, W. J. S. (1966). Kamus umum bahasa Indonesia. (No Title).

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar/Sardiman AM.

Simmons, K. B. (2014). The triangulation method of stadia transit topographic surveying adapted to landscape architecture (Issue February).

Suryabrata, S. (2011). Psikologi pendidikan.

Yin, R. K. (2011). Qualitative research from start to finish. 2010. NY: Guilford Publications.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>