Strategi Guru dalam Mengatasi Perundungan pada Siswa Sekolah Dasar

Main Article Content

Robiyatun Nadia
Rusi Rusmiati Aliyyah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kasus bullying yang terjadi sekolah dasar.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan studi kasus yang bertujuan agar peneliti dapat meggali dan menelaah data dalam suatu konteks atau fenomena. Teknik yang di gunakan dalam penelitian yaitu dengan pengisian kuesioner. Data dianalisis dengan mengikuti prosedur yang ditetapkan untuk menganalisis indikator. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perilaku bullying di sekolah dasar, strategi guru dalam menghadapi perilaku bullying adalah membuat kebijakan dari sekolah dan melakukan pendekatan kapada pelaku dan korban. Oleh karena itu pentingnya peran guru dalam mengatasi perilaku bullying di lingkungan sekolah dasar.

Article Details

How to Cite
Nadia, R., & Aliyyah, R. R. . (2024). Strategi Guru dalam Mengatasi Perundungan pada Siswa Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(1), 279–295. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11618
Section
Articles

References

Adiyono, A., Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050

Aliyyah, R. R. (2014). Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Karakter Dan Teknologi Dalam Mengatasi Tantangan Globalisasi (Studi Kasus Di Smk Wikrama Kota Bogor). Jurnal Sosial Humaniora, 5(1).

Aliyyah, R. R., Gunadi, G., Sutisnawati, A., & Febriantina, S. (2023). Perceptions of elementary school teachers towards the implementation of the independent curriculum during the COVID-19 pandemic. Journal of Education and e-Learning Research, 10(2), 154-164.

Daniati, N. S., & Aliyyah, R. R. (2023). Pembelajaran Anti Perundungan: Persepsi Guru Kelas Rendah pada Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 2(6), 3022-3047.

Izzati, D. N. (2016). Perbedaan bentuk perilaku bullying ditinjau dari pola asuh otoriter dan permisif pada remaja skripsi oleh

Khiyarusoleh, U., & Indriawati, N. (2018). Strategi guru dalam meningkatkan kepedulian peserta didik terhadap korban bullying siswa (Vol. 5, Issue 1)

Nurhamzah, W., Maureen, A., Wiguna, T., Ilmu Kesehatan Anak, D., Psikiatri, D., & Banjarwijaya, K. (2013). Gambaran Bullying dan Hubungannya dengan Masalah Emosi dan Perilaku pada Anak Sekolah Dasar. In Artikel Asli 174 Sari Pediatri (Vol. 15, Issue 3).

Patras, Y. E., & Sidiq, F. (2017). Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan ARTICLE INFO ABSTRACT. 5(1). www.metropolitan.id

Putri, F. A. (n.d.). Strategi guru dalam mengatasi perilaku bullying di SMP Negeri 1 Mojokerto

Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566–4573. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2892

Nopianti, A., & Aliyyah, R. R. Peran seorang guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di kota Bandung

Muliawan, B. S. W., & Aliyyah, R. R. Profesionalisme guru sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan di kabupaten Sleman.

Sukmawati, R., & Aliyyah, R. R. (2023). Strategi Guru dalam Mengatasi Perundungan di Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 2(6), 2870-2890.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>