Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Pembelajaran di Luar Kelas pada Sekolah Dasar

Main Article Content

Ika Suryantika
Rusi Rusmiati Aliyyah

Abstract

Pembelajaran pada saat ini lebih banyak dilakukan dengan metode pembelajaran yang monoton, berpusat pada guru, dan hanya dilakukan di dalam kelas, hal tersebut menimbulkan kebosanan yang akhirnya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran di luar kelas pada Sekolah Dasar (SD) khususnya di kelas rendah sebagai salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi kualitatif dengan desain penelitian sederhana. Responden dalam penelitian ini adalah 15 guru kelas rendah di SD yang tersebar di 6 wilayah pada tiga provinsi, yaitu provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, dan Banten. Terdapat empat aspek yang dibahas, yaitu dampak, praktik baik, hambatan, dan dukungan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat banyak dampak positif dari pembelajaran di luar kelas bagi siswa serta beberapa praktik baik yang dapat dilakukan oleh guru. Dalam mengatasi hambatan dan dampak negatif dari pembelajaran di luar kelas, maka dukungan dari berbagai pihak sangat diperlukan.

Article Details

How to Cite
Suryantika, I., & Aliyyah, R. R. . (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Pembelajaran di Luar Kelas pada Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(6), 3103–3134. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.11111
Section
Articles

References

Aliyyah, R. R., Rasmitadila, Gunadi, G., Sutisnawati, A., & Febriantina, S. (2023). Perceptions of elementary school teachers towards the implementation of the independent curriculum during the COVID-19 pandemic. Journal of Education and E-Learning Research, 10(2), 154–164. https://doi.org/10.20448/jeelr.v10i2.4490

Aliyyah, R. R., Widyasari, W., Mulyadi, D., Ulfah, S. W., & Rahmah, S. (2019). Guru berprestasi sumber daya manusia pengembang mutu pendidikan Indonesia. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 2(2), 157–165. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i2.957

Andriansyah, E. H. (2020). Mengembangkan sikap positif dan pemahaman siswa melalui pembelajaran kontekstual dengan metode demonstrasi atau field trip. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 9(1), 81–89. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v9i1.270

Anjellina, M., Halidjah, S., & Sabri, T. (2019). Pengaruh penerapan model outdoor learning terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas III sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(6), 1–11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/33364%0Ahttps://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/33364/75676581481

Braun, V., & Clarke, V. (2019). Reflecting on reflexive thematic analysis. Qualitative Research in Sport, Exercise and Health, 11(4), 589–597. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/2159676x.2019.1628806

Cropley, A. (2019). Qualitative research methods: A practice-oriented introduction for students of psychology and education. Riga, Latvia: Zinatne.

Elitasari, H. T. (2022). Kontribusi guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan abad 21. Jurnal Basicedu, 6(6), 9508–9516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4120

Fathiyah, R., & Anwar, A. S. (2023). Meningkatkan motivasi belajar siswa pada anak sekolah dasar melalui metode learning by doing. Abdima: Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(1), 1811–1815.

Fauzi, S. A., & Mustika, D. (2022). Peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran di kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 2492–2500.

Hamrin, H., Budijanto, B., & Taryana, D. (2021). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis outdoor study terhadap kemampuan menulis karya ilmiah dan hasil belajar geografi siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(6), 881. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i6.14875

Haryanto, T., & Sriyanto, S. (2022). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui metode outdoor study. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3(12), 596–603. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.346

Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis gaya belajar siswa untuk pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), 31. https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i1.16045

Idawati. (2022). Peningkatan hasil belajar siswa pada materi adaptasi makhluk hidup melalui model discovery berbasis outdoor di sekolah dasar. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 3(1), 6–11.

Kemendikbud. (2019). Pendidikan di Indonesia: belajar dari hasil PISA 2018. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud.

Madani, F., Yohana, C., & Wibowo, A. (2023). Wawasan pendidikan global. Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Maisya, R., Hermita, N., Noviana, E., & Alpusari, M. (2020). Implementasi metode outdoor learning terhadap complex problem solving skills pada mata pelajaran IPA siswa kelas VA SDN 56 Pekanbaru. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 3(1), 22. https://doi.org/10.31258/jta.v3i1.22-32

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Turnip, N. H. H. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar. Mahesa Research Center, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Mardani, D., Susiawati, I., & Fathimah, N. S. (2023). Kurikulum merdeka dalam demokratisasi pendidikan islam di Indonesia. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 25–36. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.3310

Milhani, Y. (2021). Pembentukan karakter melalui outdoor learning dalam pembelajaran IPS. Jipsindo: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 8(1), 89–103. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i1.39185

Mu’minah, I. H. (2021). Studi literatur: pembelajaran abad-21 melalui pendekatan steam (science, technology, engineering, art, and mathematics) dalam menyongsong era society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3(1), 584–594.

Mujibah, E. M., & Aliyyah, R. R. (2021). Sarana prasarana pendidikan: studi kasus penurunan mutu pendidikan di provinsi Gorontalo. Research Gate, 1–13.

Mulyawati, Y., & Purnomo, H. (2021). Pentingnya keterampilan guru untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Elementa: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 3(2), 25–32. https://doi.org/10.33654/pgsd

Primayana, K. H., Lasmawan, I. W., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari minat outdoor pada siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72–79. http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/index

Rachmawati, A., & Minsih. (2021). Belajar bersama alam sebagai bentuk penerapan ekoliterasi pada sekolah alam. Cendekiawan: Jurnal Profesional Akademisi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 79–91. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i2.216

Rifiyanti, H., Dewi, D. U., Hidayat, S., & Kristantini, R. A. (2022). Memotivasi pembelajaran tentang lingkungan alam sekitar bagi anak usia dini di wilayah Cibungbulang, Bogor. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 2(2), 76–82. https://doi.org/10.37640/japd.v2i2.1521

Rohmi, S., & Prasetyo, H. (2022). Metode outdoor learning dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV MI Miftahul Huda Kosgoro. Jurnal Tazkirah: Transformasi Ilmu-Ilmu Keislaman, 7(1), 21–30.

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek penguatan profil pelajar pancasila: sebuah orientasi baru pendidikan dalam meningkatkan karakter siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274

Sukendra, I. K., & Atmaja, I. K. S. (2020). Instrumen penelitian. Lumajang: Mahameru Press.

Supriatin, A., & Listi, S. T. K. (2022). Permainan edukatif berbasis field trip dalam menanamkan pengetahuan lingkungan di kelurahan Habaring Hurung. Jurnal Graha Pengabdian, 4(4), 304–312.

Suyani, K., Astawan, I. G., & Renda, N. T. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran model discovery learning berbasis lingkungan pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 512–519. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29450

Syahbuddin, A. (2020). Manajemen pemanfaatan dana bantuan operasional sekolah untuk menaikkan mutu pendidikan (studi di sekolah dasar negeri dan swasta kota Langsa). EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 6(1), 62–69. https://doi.org/10.30596/edutech.v6i1.4396

Taqwan, B. (2019). Pengaruh pembelajaran luar kelas (outdoor learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMP Negeri 05 Seluma. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 10–18. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7524

Ulinnuha, U. R., & Munfangati, R. (2021). Implementasi student-based learning berbasis alam sebagai alternatif pembelajaran. Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 2(1), 1296–1301.

Wahid, F. S., Purnomo, M. A., & Ulya, S. M. (2020). Analisis peran guru dalam pemanfaatan lingkungan sekolah terhadap kreativitas belajar siswa. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 2(1), 38–42. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.247

Waluyati, M. (2020). Penerapan fokus group discussian (FGD) untuk meningkatkan kemampuan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 8(1), 80–91. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27089

Wijayanti, A., & Munandar, A. (2019). Lesson studi pembelajaran outdoor learning bagi guru sekolah dasar. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 380–387. https://doi.org/10.21067/jpm.v4i2.3380

World Population Review. (2021). Education rankings by country. diakses pada tanggal 20 Juni 2023 melalui https://worldpopulationreview.com/country-rankings/education-rankings-by-country

Yamin, M., & Syahrir. (2020). Pembangunan pendidikan merdeka belajar (telaah metode pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121

Yanti, M., Egok, A. S., & Firduansyah, D. (2022). Penerapan metode outdoor study dengan inquiry learning pada pembelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4451–4460.

Yasnaputra, G., & Pangestika, R. R. (2020). Peningkatan sikap sosial positif melalui outing class permainan tradisional interaktif. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 174–180.

Yunita, D. (2020). Pengaruh pembelajaran luar kelas dengan teknik scaffolding terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 112–126. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10663

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>