Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Pembelajaran di Luar Kelas pada Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.11111Keywords:
Kelas Rendah, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran di Luar Kelas, Pengelolaan, Sekolah Dasar.Abstract
Pembelajaran pada saat ini lebih banyak dilakukan dengan metode pembelajaran yang monoton, berpusat pada guru, dan hanya dilakukan di dalam kelas, hal tersebut menimbulkan kebosanan yang akhirnya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran di luar kelas pada Sekolah Dasar (SD) khususnya di kelas rendah sebagai salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi kualitatif dengan desain penelitian sederhana. Responden dalam penelitian ini adalah 15 guru kelas rendah di SD yang tersebar di 6 wilayah pada tiga provinsi, yaitu provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, dan Banten. Terdapat empat aspek yang dibahas, yaitu dampak, praktik baik, hambatan, dan dukungan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat banyak dampak positif dari pembelajaran di luar kelas bagi siswa serta beberapa praktik baik yang dapat dilakukan oleh guru. Dalam mengatasi hambatan dan dampak negatif dari pembelajaran di luar kelas, maka dukungan dari berbagai pihak sangat diperlukan.
References
Aliyyah, R. R., Rasmitadila, Gunadi, G., Sutisnawati, A., & Febriantina, S. (2023). Perceptions of elementary school teachers towards the implementation of the independent curriculum during the COVID-19 pandemic. Journal of Education and E-Learning Research, 10(2), 154–164. https://doi.org/10.20448/jeelr.v10i2.4490
Aliyyah, R. R., Widyasari, W., Mulyadi, D., Ulfah, S. W., & Rahmah, S. (2019). Guru berprestasi sumber daya manusia pengembang mutu pendidikan Indonesia. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 2(2), 157–165. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i2.957
Andriansyah, E. H. (2020). Mengembangkan sikap positif dan pemahaman siswa melalui pembelajaran kontekstual dengan metode demonstrasi atau field trip. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 9(1), 81–89. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v9i1.270
Anjellina, M., Halidjah, S., & Sabri, T. (2019). Pengaruh penerapan model outdoor learning terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas III sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(6), 1–11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/33364%0Ahttps://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/33364/75676581481
Braun, V., & Clarke, V. (2019). Reflecting on reflexive thematic analysis. Qualitative Research in Sport, Exercise and Health, 11(4), 589–597. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/2159676x.2019.1628806
Cropley, A. (2019). Qualitative research methods: A practice-oriented introduction for students of psychology and education. Riga, Latvia: Zinatne.
Elitasari, H. T. (2022). Kontribusi guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan abad 21. Jurnal Basicedu, 6(6), 9508–9516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4120
Fathiyah, R., & Anwar, A. S. (2023). Meningkatkan motivasi belajar siswa pada anak sekolah dasar melalui metode learning by doing. Abdima: Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(1), 1811–1815.
Fauzi, S. A., & Mustika, D. (2022). Peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran di kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 2492–2500.
Hamrin, H., Budijanto, B., & Taryana, D. (2021). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis outdoor study terhadap kemampuan menulis karya ilmiah dan hasil belajar geografi siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(6), 881. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i6.14875
Haryanto, T., & Sriyanto, S. (2022). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui metode outdoor study. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3(12), 596–603. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.346
Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis gaya belajar siswa untuk pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), 31. https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i1.16045
Idawati. (2022). Peningkatan hasil belajar siswa pada materi adaptasi makhluk hidup melalui model discovery berbasis outdoor di sekolah dasar. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 3(1), 6–11.
Kemendikbud. (2019). Pendidikan di Indonesia: belajar dari hasil PISA 2018. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud.
Madani, F., Yohana, C., & Wibowo, A. (2023). Wawasan pendidikan global. Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia.
Maisya, R., Hermita, N., Noviana, E., & Alpusari, M. (2020). Implementasi metode outdoor learning terhadap complex problem solving skills pada mata pelajaran IPA siswa kelas VA SDN 56 Pekanbaru. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 3(1), 22. https://doi.org/10.31258/jta.v3i1.22-32
Manalu, J. B., Sitohang, P., & Turnip, N. H. H. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar. Mahesa Research Center, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Mardani, D., Susiawati, I., & Fathimah, N. S. (2023). Kurikulum merdeka dalam demokratisasi pendidikan islam di Indonesia. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 25–36. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.3310
Milhani, Y. (2021). Pembentukan karakter melalui outdoor learning dalam pembelajaran IPS. Jipsindo: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 8(1), 89–103. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i1.39185
Mu’minah, I. H. (2021). Studi literatur: pembelajaran abad-21 melalui pendekatan steam (science, technology, engineering, art, and mathematics) dalam menyongsong era society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3(1), 584–594.
Mujibah, E. M., & Aliyyah, R. R. (2021). Sarana prasarana pendidikan: studi kasus penurunan mutu pendidikan di provinsi Gorontalo. Research Gate, 1–13.
Mulyawati, Y., & Purnomo, H. (2021). Pentingnya keterampilan guru untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Elementa: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 3(2), 25–32. https://doi.org/10.33654/pgsd
Primayana, K. H., Lasmawan, I. W., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari minat outdoor pada siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72–79. http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/index
Rachmawati, A., & Minsih. (2021). Belajar bersama alam sebagai bentuk penerapan ekoliterasi pada sekolah alam. Cendekiawan: Jurnal Profesional Akademisi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 79–91. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v3i2.216
Rifiyanti, H., Dewi, D. U., Hidayat, S., & Kristantini, R. A. (2022). Memotivasi pembelajaran tentang lingkungan alam sekitar bagi anak usia dini di wilayah Cibungbulang, Bogor. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 2(2), 76–82. https://doi.org/10.37640/japd.v2i2.1521
Rohmi, S., & Prasetyo, H. (2022). Metode outdoor learning dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV MI Miftahul Huda Kosgoro. Jurnal Tazkirah: Transformasi Ilmu-Ilmu Keislaman, 7(1), 21–30.
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek penguatan profil pelajar pancasila: sebuah orientasi baru pendidikan dalam meningkatkan karakter siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274
Sukendra, I. K., & Atmaja, I. K. S. (2020). Instrumen penelitian. Lumajang: Mahameru Press.
Supriatin, A., & Listi, S. T. K. (2022). Permainan edukatif berbasis field trip dalam menanamkan pengetahuan lingkungan di kelurahan Habaring Hurung. Jurnal Graha Pengabdian, 4(4), 304–312.
Suyani, K., Astawan, I. G., & Renda, N. T. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran model discovery learning berbasis lingkungan pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 512–519. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29450
Syahbuddin, A. (2020). Manajemen pemanfaatan dana bantuan operasional sekolah untuk menaikkan mutu pendidikan (studi di sekolah dasar negeri dan swasta kota Langsa). EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 6(1), 62–69. https://doi.org/10.30596/edutech.v6i1.4396
Taqwan, B. (2019). Pengaruh pembelajaran luar kelas (outdoor learning) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMP Negeri 05 Seluma. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 10–18. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7524
Ulinnuha, U. R., & Munfangati, R. (2021). Implementasi student-based learning berbasis alam sebagai alternatif pembelajaran. Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 2(1), 1296–1301.
Wahid, F. S., Purnomo, M. A., & Ulya, S. M. (2020). Analisis peran guru dalam pemanfaatan lingkungan sekolah terhadap kreativitas belajar siswa. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 2(1), 38–42. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.247
Waluyati, M. (2020). Penerapan fokus group discussian (FGD) untuk meningkatkan kemampuan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 8(1), 80–91. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27089
Wijayanti, A., & Munandar, A. (2019). Lesson studi pembelajaran outdoor learning bagi guru sekolah dasar. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 380–387. https://doi.org/10.21067/jpm.v4i2.3380
World Population Review. (2021). Education rankings by country. diakses pada tanggal 20 Juni 2023 melalui https://worldpopulationreview.com/country-rankings/education-rankings-by-country
Yamin, M., & Syahrir. (2020). Pembangunan pendidikan merdeka belajar (telaah metode pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121
Yanti, M., Egok, A. S., & Firduansyah, D. (2022). Penerapan metode outdoor study dengan inquiry learning pada pembelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4451–4460.
Yasnaputra, G., & Pangestika, R. R. (2020). Peningkatan sikap sosial positif melalui outing class permainan tradisional interaktif. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 174–180.
Yunita, D. (2020). Pengaruh pembelajaran luar kelas dengan teknik scaffolding terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 112–126. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i1.10663
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ika Suryantika, Rusi Rusmiati Aliyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.