Strategi Guru dalam Mengatasi Perundungan di Sekolah Dasar

Main Article Content

Rizma Sukmawati
Rusi Rusmiati Aliyyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana mengelola Anti-Perundungan disekolah dasar pada kurikulum merdeka. Data dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur dengan 15 Guru SD (Sekolah Dasar) di kota dan kabupaten Bogor. Analisis data menggunakan kuasi kualitatif analisis tematik. Analisis menemukan empat tema  utama: manfaat, saran atau masukan, tantangan serta dampak positif dan dampak negatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Anti-Perundungan (bullying) pada Kurikulum Merdeka ini perlu di kelola dengan baik oleh orang tua, sekolah dan guru untuk dapat membantu meningkatkan prestasi siswa, meminimalisir tindak perundungan dan mengembangkan karakter baik siswa. Penelitian ini berkontribusi untuk menyelesaikan permasalahan perundungan di Indonesia yang terus meningkat.

Article Details

How to Cite
Sukmawati, R. ., & Aliyyah, R. R. . (2023). Strategi Guru dalam Mengatasi Perundungan di Sekolah Dasar . Karimah Tauhid, 2(6), 2870–2890. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.11067
Section
Articles

References

Aliyyah, R. R., Lutfah, S. A., & Lathifah, Z. K. (2017). Pengelolaan Tenaga Pendidik Pada Sekolah Dasar. Didaktika Tauhid, 4(2), 75–86. https://www.academia.edu/download/70950706/pdf.pdf

Aliyyah, Rusi Rusmiati., Suryani, S., & Muhdiyati, I. (2022). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Belajar Dari Rumah Di Kelas IVB Sdn Pakuhaji. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 70–80. https://doi.org/https://doi.org/10.36456/inventa.6.1.a5306

Ananta, A., & Suhadianto. (2021). Diskusi Kelompok Terarah Untuk Penanganan Perundungan Di Upt Sd Negeri X Gresik. ABDI MASSA: Jurnal Pengabdian Nasional, 1(3), 45–51. https://aksiologi.org/index.php/abdimassa/article/view/155

Ballerina, T., & Saloka Immanuel, A. (2019a). Menelisik Perilaku Perundungan Pada Siswa SMP Di Yogyakarta. JURNAL ILMU PERILAKU, 3(1), 18–31. http://jip.fk.unand.ac.id

Ballerina, T., & Saloka Immanuel, A. (2019b). Menelisik Perilaku Perundungan Pada Siswa SMP Di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Perilaku, 3(1), 18–31. http://jip.fk.unand.ac.id

Basyiroh, I. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud Stkip Siliwangi Bandung, 3(2), 120–134. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ts.v3i2p120-134.646

Braun, V., & Clarke, V. (2019). Reflecting on Reflexive Thematic Analysis to Appear in Qualitative Research in Sport. 11(4), 589–597.

Chiani, S. H., Sulami, N., Windari, A. P., & Irawan, B. (2022). Studi tentang Perilaku Perundungan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Bima. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 415. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.444

Cropley, A. (2019). Qualitative Research Methods : A practice-oriented introduction for students of psychology and education. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.3095.6888/1

Erliani, S., & Agustina, M. (2020). Pendidikan Anak Anti Bullying Persfektif Abdullah Nashih Ulwan (Telah Kitab Tarbitul Aulad Fil Islam). ELEMENTA: JURNAL PGSD STKIP PGRI BANJARMASIN, 1(3), 209–219. https://doi.org/10.33654/pgsd

Gunawan, A. F. (2023). Reoptimalisasi Kebijakan Hukum Perlindungan Anak Dalam Penanganan Kasus Perundungan (Bullying) Di Indonesia. Jurnal Fakta Hukum (JFH), 1(2), 74–83. https://doi.org/10.58819/jurnalfaktahukum(jfh).v1i2.54

Junita, N., & Hafnidar. (2022). Establishment of a Community to Protect Violence in Children and Implementation of Activities. Gotong Royong: Jurnal Pengabdian, Pemberdayaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat(J-P3KM), 1(2), 37–42. https://doi.org/https://doi.org/10.51849/jp3km.v1i2.10

Mabrur Haslan, M., Sawaludin, & Fauzan, A. (2021). Faktor-Faktor Mempengaruhi Terjadinya Perilaku Perundungan (Bullying) pada Siswa SMPN Se-Kecamatan Kediri Lombok Barat. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, 9(2), 24–29. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/civicus.v9i2.6836

Maulida, H., & Prawira, R. Y. W. (2020). Perilaku Komunikasi di Sekolah Ramah Anak Kota Magelang. Sosio Informa, 6(3). https://doi.org/10.33007/inf.v6i3.2371

Mukhlisin, M., Puspitasari, R., & Khomarudin. (2022). Pengembangan Sikap Toleransi dalam Perbedaan Pendapat Melalui Discovery Learning pada Pembelajaran IPS Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPS, 12(2), 65–73. https://doi.org/10.37630/jpi.v11i2

Mursidawati. (2023). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P-5) Pada Kurikulum Merdeka Jenjang SMA. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Mursidawati) Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 2986–6340. https://doi.org/10.5281/zenodo.8014831

Oktaviani Latifah, N., Madihah, H., & Auliah, H. N. (2022). Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Perundungan Siswa Di Smp Negeri 2 Selat Kuala Kapuas. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/12383

Prawitasari, N. Y., Sayudi, A., & Nuraeni. (2023). Legal Counseling “Stop Bullying as a Prevention of Student Bullying” at SMAN 1 Cikarang Pusat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa, 2(1), 63–72. https://doi.org/10.55927/jpmf.v2i1.2879

Rahmelia, S., Prihadi, S., & Nopitha. (2023). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Melalui Pendekatan Norma Agama dan Perubahan Perilaku dalam Mengatasi Bullying Antar Siswa di SMPN Satu Atap-1 Katingan Tengah. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 4(1), 40–50. https://doi.org/10.47530/edulead.v4i1.142

Ramli, I., Nurasia, & Khaerati. (2022). Implementasi Bentuk Kegiatan Pembelajaran Riset. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(3), 278–284. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.3.2022.1265

Sanastasya Tamadarage, P., & Arsyad, L. (2019). Peran Guru Pendidikan Agam Islam (PAI) Dalam Meminimalisasi Bullying (Perundungan) Di MTs Negri 1 kota Gorontalo. 1PEKERTI: Jurnal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti, 1(2), 1–11. http://www.kpai.go.id/berita/kpai-terima-aduan-26-ribu-kasus-bully-selama-2011-2017.

Sandu Siyoto, & Muhammad Ali Sodik. (2015). Dasar metodologi penelitian. literasi media publishing. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=QPhFDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=

Sigalingging, O. P., & Gultom, M. (2023). Peranan Orang Tua Dalam Mengatasi Perundungan (Bullying) pada Anak. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 26–32. http://jpm.usxiitapanuli.ac.id

Sihidi, I. T., & Amirudin, Z. (2022). Anti-bullying campaign at the Mambaus Sholihin Islamic Boarding School 2 Blitar. Community Empowerment, 7(3), 434–441. https://doi.org/10.31603/ce.5788

Sudirman, Umar, R., & Mujtaba Habibi, M. (2022). Model Habituasi Sikap Anti Bullying Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Menyenangkan Anti-Bullying Attitude. JPDS) Oktober, 5(2), 110–118. https://doi.org/10.17977/um022v5i2p110-118

Sumara, D., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Kenakalan Remaja dan Penanganannya. Jurnal Penelitian& PPM, 4(2), 129–389. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14393

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>