MBKM: Persepsi Mahasiswa tentang Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Main Article Content

Reffi Ananda Darmawan
Rusi Rusmiati Aliyyah

Abstract

Program inisiatif pemerintah yang bernama Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bertujuan memberikan kebebasan mahasiswa dalam menentukan jalannya pendidikan, termasuk pemilihan mata kuliah, metode pembelajaran, dan pengembangan keterampilan sesuai minat. Responden pada penelitian kali ini yaitu mahasiswa FAIPG Universitas Djuanda yang telah menjadi peserta pada program MBKM khususnya Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Ada 9 sub tema, antara lain urgensi, strategi, tujuan, manfaat, dampak positif, dampak negatif, tantangan, hambatan , dan saran.  Berdasarkan penelitian tentang pandangan mahasiswa terhadap inisiatif Pertukaran Mahasiswa Merdeka, dapat disimpulkan bahwa program tersebut telah menarik perhatian mahasiswa. Kebanyakan siswa menganggap program ini memberikan pengalaman berharga dalam mengembangkan keterampilan akademis dan keterampilan hidup. Meskipun terdapat beberapa tantangan yang dihadapi, seperti biaya dan persiapan administratif, kebanyakan responden merasa manfaatnya lebih besar daripada hambatan yang dihadapi, seperti biaya dan persiapan administratif, kebanyakan responden merasa manfaatnya lebih besar daripada hambatan yang dihadapi.

Article Details

How to Cite
Darmawan, R. A., & Aliyyah, R. R. (2024). MBKM: Persepsi Mahasiswa tentang Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Karimah Tauhid, 3(2), 2424–2441. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12004
Section
Articles

References

Aini, Q. B. (2021). Gamification-based The Kampus Merdeka . IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 31.

Al Anshori, F. &. (2021). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi Terhadap Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Biogenerasi, 147–153.

Aldo, L. O. (2021). Persepsi Mahasiswa Program Studi PendidikanTeknik Bangunan Tentang Merdeka Belajar –Kampus Merdeka. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 26–32.

Aliyyah, R. R. (2020). Apakah Kriteria Penilaian dan Peran Stakeholder Pendidikan Mampu Menjadikan Guru Berprestasi. Jurnal Internasional Rehabilitasi Psikososial.

Aliyyah, R. R. (2024). Magang Mahasiswa: Persepsi Guru Sekolah Dasar. KARIMAH TAUHID, 127-143.

Anggraini, S. P. (2022). Analisis Dampak Program Pertukaran Pelajar Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Mahasiswa Internal . Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 442660.

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 210–220.

Braun, V. &. (2019). Reflecting On Reflexive Thematic Analysis. Qualitative Research In Sport, Exercise And Health, 589-597.

campus, Q. (2024). Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

Faiz, A. a. (2021). Koherensi Program Pertukaran Pelajar Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan General Education. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3).

Falah, M. (2021). Digitalisasi pada Program Kampus Merdeka untuk Menjawab Tantangan SDGs 2030. Sultan Agung Fundamental Research Journal, 87–94.

Jumansyah, J. P. (2022). Efektivitas Modul Nusantara dalam Memahami Empat Pilar Kebangsaan. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 36.

kemdikbud.go.id. (2022). Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 2 Resmi Dibuka. Kemdikbud.go.id. .

Kemendikbudristek. (2023). Apa itu Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka? kemendikbud.go.id. Retrieved from https://pusatinformasi.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/4417529304601-Apa-itu-Program-Pertukaran-Mahasiswa-Merdeka

Nawari, I. (2023). Manfaat Mengikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka dalam Rangka Memahami Fungsional Pembelajaran Transformatif. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal. Retrieved from http://ejournal.untirta.ac.id/SNPNF

R.R. Aliyyah, S. N. (2021). KULIAH KERJA NYATA: PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT MELLUI KEGIATAN PENDAMPINGAN PENDIDIKAN. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 663-676.

Safrida, N. (2021). Implementasi Kampus Merdeka : Implikasi Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Di Aceh Barat. Indonesian Journal of Teaching and.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. bandung: Alfabeta.

Syamsul Arifin, M. M. (2020). Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar,Kampus Merdeka” Pada Perguruan Tinggi Islam Swasta Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 1–11.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>