Implementasi Kurikulum Merdeka: Pengelolaan Dinamika Kelompok pada Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mendukung serta yang menjadi penghambat bagi keberhasilan proses pembelajaran dengan metode dinamika kelompok belajar pada kurikulum merdeka. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi kasus. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dengan teknik wawancara pada 15 guru sekolah dasar penggerak yang ada di kabupaten Bogor. Simpulan, guru sebagai pengelola harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi dinamika kelompok, mengembangkan strategi yang tepat, dan menghadapi tantangan dengan kemampuan komunikasi dan negosiasi yang baik. Dengan demikian, siswa dapat belajar bekerja sama dengan baik, mengembangkan keterampilan sosial, dan mencapai prestasi belajar yang lebih baik.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aliyyah, R. R., Puteri, F. A., & Kurniawati, A. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 126. Https://Doi.Org/10.30997/Jsh.V8i2.886
Aliyyah, R. R., Widyasari, W., Mulyadi, D., Ulfah, S. W., & Rahmah, S. (2019). Guru Berprestasi Sumber Daya Manusia Pengembang Mutu Pendidikan Indonesia. Journal Of Administration And Educational Management (Alignment), 2(2), 157– 165. Https://Doi.Org/10.31539/Alignment.V2i2.957
Malik, J. (2019). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Aktivitas Siswa Kelas IV SD I Sidorekso Pada Materi Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2). Https://Doi.Org/10.24176/Re.V9i2.3054
Arfiah, S. (2017). Penerapan Metode Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V C SD Negeri 004 Tembilahan Kecamatan Tembilahan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Https://Doi.Org/10.33578/Jpfkip.V6i1.4106