Implementasi Kurikulum Merdeka: Pengelolaan Dinamika Kelompok pada Sekolah Dasar

Main Article Content

Wildatun Mukholadun
Rusi Rusmiati Aliyyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mendukung serta yang menjadi penghambat bagi keberhasilan proses pembelajaran dengan metode dinamika kelompok belajar pada kurikulum merdeka. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi kasus. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dengan teknik wawancara pada 15 guru sekolah dasar penggerak yang ada di kabupaten Bogor.           Simpulan,     guru   sebagai           pengelola            harus memperhatikan faktor-faktor     yang      mempengaruhi          dinamika kelompok, mengembangkan strategi yang tepat, dan menghadapi tantangan dengan kemampuan komunikasi dan negosiasi yang baik. Dengan demikian, siswa dapat belajar bekerja sama dengan baik, mengembangkan keterampilan sosial, dan mencapai prestasi belajar yang lebih baik.

Article Details

How to Cite
Mukholadun, W. ., & Aliyyah, R. R. . (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka: Pengelolaan Dinamika Kelompok pada Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(1), 144–159. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11610
Section
Articles

References

Aliyyah, R. R., Puteri, F. A., & Kurniawati, A. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 126. Https://Doi.Org/10.30997/Jsh.V8i2.886

Aliyyah, R. R., Widyasari, W., Mulyadi, D., Ulfah, S. W., & Rahmah, S. (2019). Guru Berprestasi Sumber Daya Manusia Pengembang Mutu Pendidikan Indonesia. Journal Of Administration And Educational Management (Alignment), 2(2), 157– 165. Https://Doi.Org/10.31539/Alignment.V2i2.957

Malik, J. (2019). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Aktivitas Siswa Kelas IV SD I Sidorekso Pada Materi Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2). Https://Doi.Org/10.24176/Re.V9i2.3054

Arfiah, S. (2017). Penerapan Metode Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V C SD Negeri 004 Tembilahan Kecamatan Tembilahan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Https://Doi.Org/10.33578/Jpfkip.V6i1.4106

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.