Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Guru dalam Mengelola Penempatan Belajar Siswa

Main Article Content

Anisa Rahmadanti
Rusi Rusmiati Aliyyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi guru sekolah dasar terhadap implementasi kurikulum mandiri dalam kelompok belajar siswa yang diberlakukan oleh pemerintah Indonesia sebagai pembelajaran alternatif untuk mengatasi masalah learning loss. Data dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur dengan 15 guru SD di 3 wilayah berbeda di Indonesia. Analisis data menggunakan kuasi analisis kualitatif deskriptif. Analisis menemukan empat tema utama: manfaat, tantangan, dampak positif dan negatif serta strategi pengajaran dalam menerapkan kurikulum mandiri. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa keberhasilan kurikulum akan ditentukan terutama oleh kesiapan guru dalam melaksanakan kurikulum merdeka ini dukungan dan kerjasama dari seluruh kepentingan, baik guru, siswa, masyarakat dan orangtua. Penelitian ini berkontribusi untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi para guru dalam melaksanakan kurikulum merdeka dalam kelompok belajar.

Article Details

How to Cite
Rahmadanti, A. ., & Aliyyah, R. R. . (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Guru dalam Mengelola Penempatan Belajar Siswa . Karimah Tauhid, 2(6), 2891–2908. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.11082
Section
Articles

References

Aliyyah, R. R., Gunadi, G., Sutisnawati, A., & Febriantina, S. (2023). Perceptions of elementary school teachers towards the implementation of the independent curriculum during the COVID-19 pandemic. Journal of Education and e-Learning Research, 10(2), 154-164.

Aliyyah, R. R., Subasman, I., Herawati, E. S., & Oktaviany, V. (2021). Manajemen Berbasis Sekolah: Optimalisasi Mutu Pendidikan. Tadbir Muwahhid, 5(1), 47-67.

Aliyyah, Rusi Rusmiati., Sutisnawati, Astri., Lukman, Hamidah Suryani. (2023). Perencanaan Pembelajaran: Panduan Guru dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka. K-Media: Yogyakarta.

Braun, V., & Clarke, V. (2019). Reflecting on reflexive thematic analysis. Qualitative research in sport, exercise and health, 11(4), 589-597.

Hattarina, S., Saila, N., Faradilla, A., Putri, D. R., & Putri, R. G. A. (2022, August). Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. In Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra) (Vol. 1, No. 1, pp. 181-192).

Hester, P. T., & Adams, K. M. G. (2018). The SAGE Handbook of Qualitative Data Collection. In U. Flick (Ed.), Topics in Safety, Risk, Reliability and Quality (Vol. 33). Sage Publication.

Kumar, R. (2018). Research methodology: A step-by-step guide for beginners. Research methodology, 1-528.

Mallette, L. A., & Saldaña, J. (2019). Teaching qualitative data analysis through gaming. Qualitative Inquiry, 25(9-10), 1085-1090.

Mawati, A. T., Hanafiah, H., & Arifudin, O. (2023). Dampak pergantian kurikulum pendidikan terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Primary Edu, 1(1), 69-82.

Miles, M. B., Huberman, M. A., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis. A Methods Sourcebook. Zeitschrift Für Personalforschung, 28(4), 485–487.

Permendikbud RI No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.

Rofiq, A. (2009). Pengelolaan kelas. Malang: Direktorat Jendral PMPTK.

Sanjaya, Wina. (2018). Kurikulum Merdeka: Menggagas Transformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara

Simmons, K. B. (2014). The triangulation method of stadia transit topographic surveying adapted to landscape architecture (Issue February).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukino, S. (2010). Pengelolaan Pembelajaran Kelompok Belajar Pendidikan Kesetaraan Paket B Uptd Skb Bina Mandiri Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Supardi, S., Qurtubi, A., & Fatoni, H. (2023). Kemitraan Sekolah dan Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP IT Raudhatul Jannah Cilegon. Journal on Education, 5(4), 11196-11203.

Susetyo, S. (2020, October). Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (pp. 29-43).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>