Personal Selling PT. Telkom Caringin Melalui Komunikasi Persuasif Dalam Peningkatan Penjualan Produk IndiHome

Main Article Content

Laureen Leony Isaak
Sukarelawati
Koesworo Setiawan

Abstract

Personal selling menjadi salah satu kegiatan dalam pemasaran produk, yang menerapkan terhadap komunikasi persuasif. Kegiatan persuasif dalam personal selling diharapkan dapat meningkatan keinginan konsumen dalam membeli produk yang sitawarkan. Tujuan penelitian ini dalam mengertahui produk serta mengetahui karakteristik personal selling dan mengetahui peran personal selling melalui komunikasi persuasif dalam pemasaran produk IndiHome. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif fenomenologi, dengan tipe deskriptif kualitatif, unit analisis dengan menggunakan informan, serta data yang digunakan merupakan data primer yakni observasi dan wawancara serta data sekunder. Hasil penelitian memperlihatkan penerapan strategi personal selling dari 7 proses, penerapan personal selling hanya 4-5 proses. Serta peran komunikasi persuasif dalam proses personal selling terhadap penjualan produk sangat berperan sesuai dengan aturan kepada sales dalam melakukan persuasif oleh perusahaan. Selain itu tangiable, realibility, dan responsiveness telah dijalankan dalam proses personal selling sesuai dengan observasi lapangan.

Article Details

How to Cite
Isaak, L. L., Sukarelawati, & Setiawan, K. (2024). Personal Selling PT. Telkom Caringin Melalui Komunikasi Persuasif Dalam Peningkatan Penjualan Produk IndiHome. Karimah Tauhid, 3(1), 1265–1285. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11552
Section
Articles

References

Alma, Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran. Bandung: CV. Alfabeta.

Danin, Sudarwan. 2013. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Effendy, Onong Uchyana. 2017. Ilmu Komunikasi. Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kotler, Philip dan Amstrong Garry. 2018. Dasar-dasar Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Prenhalindo.

Kotler, Philip dan Keller. 2018. Manajeman Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kriantono, Rachmat. 2015. Teknis Praktis Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Schiffman dan Kanuk. 2018. Consumer Behavior 7th Edition. Jakarta: PT. Indeks.

Severin, Werner J dan James W Tankard. (2011). Teori Komunikasi Sejarah Metode dan Terapan di Dalam Media Massa. Jakarta: Kencana Pramedia.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI

Sukmadinata. 2017. Nana Syaodiah, Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Wahjono, Sentot Imam. (2013). Manajemen Pemasaran Bank. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Anjani, Alma Sri dan Hartono, Budiman. (2022). Strategi Personal Selling dalam Meningkatkan Volume Penjualannya pada Perusahaan Marketing. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, Vol. 15, No.1.

Janice, Astrella. (2015). Studi Tentang Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Dalam Pembangunan Desa di Desa Tanjung Lapang Kecamatan Malinau Barat Kabupaetn Malinau. eJournal Ilmu Pemerintah, Vol. 3, No. 3.

Jannah, Noor Fathul., Sugandi & Althalets, Fareis. (2018). Strategi Media Promosi Dalam Meningkatkan Kunjungan Daya Tarik Wisata Rumah Ulin Arya. Ejurnal Ilmu Komunikasi, Vil. 6, No. 1.

Ardyati, Nimas. 2019. Pengelolaan Kesan Komunikasi Persuasif Personal Sales. Nyimak: Journal Of Communication Vol 2(3), 169-176.

Willy, Goh dan Julitawaty. 2020. Pengaruh Personal Selling Dan Promosi Penjualan Terhadap Efektifitas Penjualan Ban Sepeda Motor Pt. Mega Anugrah Mandiri. Jurnal Bisnis Kolega 6(1): 43– 56.

Wahyudi, Alfany dan Wijaksana, Tri Indah. (2016). Pengaruh Proses Personal Selling Terhadap Volume Penjualan Produk IndiHome. E-proceeding of Management: Vol 3, No 2.

Mirawati, Ira. (2021). Pemanfaatan Teori Komunikasi Persuasif Pada Penelitian E-Commerce di Era Digital. Medium Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau, Vol. 9, No. 1.

Mongkau, Angga Adriano dan Warow, Desie M.D. (2017). Strategi Komunikasi Sales Dalam Memasarkan Mobil Bekas di Kota Manado. E-journal “Acta Diurna”, Vol. VI, No. 2.

Nurlintang, Ristia Eulan dan Rustandi, Dudi. (2020). Komunikasi Interpersonal Slaes Dengan Konsumen Pada Proshop Speedo Siliwangi. Jurnal Komunikasi Universal, Vol. 6, No. 1.

Putri, P. K. (2016). Aplikasi Pendekatan-Pendekatan Persuasif Pada Riset Komunikasi Pemasaran: Iklan Melibatkan Penciptaan dan Penerimaan Pesan Komunikasi Persuasif Mengubah Perilaku Pembelian. Jurnal The Messenger, Vol. 8(1), 1-16.

Tambunan, Aliffudin Baharsyah dan Anshori, Muhammad. (2020). Komunikasi Persuasif Dalam Pembentukan Sikap Disiplin Anggota Resimen Mahasiswa Batalyon 922 “Macan Tidar” Universitas Tidar. Mozaik Komunikasi, Vol. 2, No. 2.

Yumarti, Harti dan Samsoro, Gagah Prakoso. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran KAL AKKARA dalam Meningkatkan Brand Awereness Dengan Obyek Desain Kemasan. Jurnal Pustaka Komunikasi, Vo. 2, No, 1.

Martowinagun, Kasino., Lestari, Devita J & Karyadi. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan di CV. Jaya Perkasa Motor Rancaekek Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Ilmu Sosial (Co-Management), Vol. 1 (1).

APJII. (2023). Survei APJII Penggunaan Internet di Indonesia Tembus 215 Juta Orang. https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang (Diakses pada 16 Agustus 2023)

Apsari, W. (2021, Juni 29). Ekonomi BUMN. Retrieved Agustus 12, 2021, from News: https://monitor.co.id.

Telkom Indonesia. (2023). Tentang Telkom Group. https://www.telkom.co.id/sites/about-telkom/id_ID/page/profil-dan-riwayat-singkat-22 (Diakses pada 16 Agustus 2023).

Top Brand Index Fase 1. (2023). Kategori Telekomunikasi/IT. https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/ (Diakses pada 16 Agustus 2023)

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>