Elektronik Raport: Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pada Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Penelitian memiliki tujuan dalam menganalisis implementasi sistem informasi manajemen yaitu Elektronik raport pada Sekolah Dasar (SD). Penelitian menggunakan desain penelitian Kuasi – Kualitatif. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara terhadap 15 wali kelas dan mata pelajaran di 2 Sekolah Dasar (SD) di wilayah Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Utara. Terdapat empat tema utama setelah di analisis: urgensi, manfaat, tantangan, dan strategi dalam implementasi sistem informasi manajemen Elektronik raport pada Sekolah Dasar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Elektronik raport guna mengelola prestasi belajar siswa melalui sistem informasi akan sangat berjalan secara efektif dan efisien ditentukan melalui kesiapan dari fasilitas, dukungan serta kolaborasi dari berbagai elemen, seperti sekolah, guru, dan orang tua. Penelitian ini memberikan kontribusi untuk dapat memecahkan permasalahan terhadap penggunaan elektronik raport di era kurikulum merdeka melalui sistem informasi di SD yang mengakibatkan banyaknya opini negatif dengan cara melihat sudut pandang para responden.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alfatul Hisabi, Amelia Azura, Dhita Lutfiah, & Nurbaiti. (2022). Perkembangan Sistem Informasi Manajemen (Sim) Di Indonesia. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 1(4), 364–371. https://doi.org/10.53625/juremi.v1i4.775
Aliyyah, R. R., Rasmitadila, Gunadi, G., Sutisnawati, A., & Febriantina, S. (2023). Perceptions of elementary school teachers towards the implementation of the independent curriculum during the COVID-19 pandemic. Journal of Education and E-Learning Research, 10(2), 154–164. https://doi.org/10.20448/jeelr.v10i2.4490
Aprilianti, B. N., Rhahmadiahti, F. P., Setianingrum, B. E., Pradana, I. A., Wulandari, Y., & Kurniawan, I. A. (2023). Penerapan Sistem Informasi E-Raport pada Sekolah di Kota Tangerang. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 5(1), 48–55. https://doi.org/10.24036/jmiap.v5i1.586
Eriana, E. S., & Farizy, S. (2021). Sistem Informasi Manajemen. In Unpam Press (Issue 1).http://max21487.blogspot.com/2012/04/tujuan-sistem-informasi-manajemen.html
Gea, W. U., Nasution, M. I. P., & ... (2022). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pada Pendidikan Di Era Globalisasi. JUEB: Jurnal Ekonomi …, 1(4). https://jurnal.jomparnd.com/index.php/jk/article/view/449%0Ahttps://jurnal.jomparnd.com/index.php/jk/article/download/449/462
Gusmawati, L., Aisyah, S., & Habibah, S. U. (2020). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(April 2020), 36–42.https://almasdi.staff.unri.ac.id/files/2014/02/Potensi-PKS-dan-produk-turunannya-di-Riau.pdf
Hamidi, & Mahsun. (2020). Penerapan Kebijakan Rapor Elektronik Pada Kurikulum 2013 Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Al-Fikrah,3(1),10–22.https://jurnal.alhamidiyah.ac.id/index.php/al-fikrah/article/download/63/70/
Honkis, H. (2017). Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Sekolah Dasar Pilar Bangsa Untuk Meningkatkan Layanan Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 14(2), 51–61. https://doi.org/10.17509/jap.v24i2.8293
https://smarteschool.id/berita/mengenal-fungsi-e-rapor-bagi-siswa
Inggarwati., I. B., Nilogiri., A., & Lusiana., D. (2018). Sistem Informasi Pengolah Nilai Rapor (E-Raport) Berbasis Web (Studi Kasus: SD Negeri 1 Kluwut Malang). Program Studi Manajemen Informatika, 1–9.
Keguruan, F., Kurikulum, I., Manajemen, D., Sekolah, B., Meningkatkan, U., Pendidikan, M., & Dasar, S. (2022). E-Journal Skripsi. 5(2), 141–154.
Melhana, M., Tanti, R., & Yantoro, Y. (2022). Pengelolaan Sistem Informasi Manajemen di Sekolah Dasar Negeri 55/1 Sridadi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5846–5850. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1304
Qurniawati, D. R. (2023). Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar. Conference of Elementary Studies, 195–203.
Rasmitadila, Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The perceptions of primary school teachers of online learning during the covid-19 pandemic period: A case study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90–109. https://doi.org/10.29333/ejecs/388
Reza Rachmadtullah. (2020). Use of Blended Learning with Moodle: Study Effectiveness in Elementary School Teacher Education Students during The COVID-19 pandemic. International Journal of Advanced Science and Technology, 29, 7(May).https://www.researchgate.net/profile/Achmad-Samsudin/publication/341724918_Use_of_Blended_Learning_with_Moodle_Study_Effectiveness_in_Elementary_School_Teacher_Education_Students_during_The_COVID-19_pandemic/links/5ed081c0299bf1c67d26f334/Use-of-Blended-L
Shofa, N. (2019). Sistem Informasi Manajemen Akademik Dan Kompetensi Guru Untuk Meningkatkan Mutu Hasil Pembelajaran. Journal ISTIGHNA, 2(2), 1–11. https://doi.org/10.33853/istighna.v2i2.23
Slamet, H. (2018). Sistem Informasi Manajemen. Sistem Informasi Manajemen, 9(1), 80–85. https://jurnal-unita.org/index.php/publiciana/article/viewFile/75/69
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., & Hernawan, A. H. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. 6(5), 8248–8258.