Pesan Lagu "PAN PAN PAN" Partai Amanat Nasional di Media Sosial Tiktok untuk Meningkatkan Partisipasi Politik Pemilih Pemula

Main Article Content

Yulianti
Sukarelawati
Ruhimat

Abstract

Menjelang pemilihan umum (pemilu) 2024 partai politik aktif menampilkan segala kegiatannya dengan media sosial, seperti Tiktok. Partai politik aktif dalam menyampaikan pesan politik untuk memperkenalkan partai ataupun politisi dari partai masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan lagu “PAN PAN PAN” di media sosial tiktok bagi pemilih pemula di Kabupaten Bogor dan bagaimana partisipasi politik pemilih pemula di Kabupaten Bogor. Peneliti juga ingin mengetahui apakah pesan lagu “PAN PAN PAN” memiliki pengaruh yang signifikan bagi pemilih pemula terhadap partisipasi politik. Digunakan metode kuantitatif dengan metode survey. Data primer dan data sekunder untuk pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan skala likert, WMS dan uji statistik menggunakan analisis regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi, dan uji T (parsial). Hasil penelitian menunjukkan Pesan Lagu “PAN PAN PAN” berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen Partisipasi Politik dengan sig 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi mendapatkan hasil 22,6% menunjukkan variabel X memengaruhi variabel Y dan sisanya dipengaruhi variabel lain. Kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dari Pesan Lagu “PAN PAN PAN” terhadap Partisipasi Politik Pemilih Pemula di Kabupaten Bogor.

Article Details

How to Cite
Yulianti, Sukarelawati, & Ruhimat. (2024). Pesan Lagu "PAN PAN PAN" Partai Amanat Nasional di Media Sosial Tiktok untuk Meningkatkan Partisipasi Politik Pemilih Pemula. Karimah Tauhid, 3(3), 2945–2960. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12395
Section
Articles

References

Devi, I. K., & Sinduwiatmo, K. (2023). Perceptions of Students About the PAN 12 Song in Tiktok [ Persepsi Mahasiswa dan Pelajar Tentang Lagu PAN 12 di Tiktok ]. 1–6.

Doni, M. Y. D. E., & Timu, A. H. (2018). Analisis semiotika pesan sosial dalam lagu Awas Dong Dengar. Jurnal Communication, 1, 10–22.

Josep. (2018). Partisipasi Politik di Indonesia dan Upaya Pengembangannya (T. Indocamp (Ed.)). Indocamp.

Juditha, C., & Darmawan, J. J. (2018). Penggunaan Media Digital Dan Partisipasi Politik Generasi Milenial. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 22(2), 94–109. https://doi.org/10.33299/jpkop.22.2.1628

Liliweri, A. (2011). Komunikasi: Serba Ada Serba Makna (1st ed.). Kencana Prenada Media Group.

Permana, A. A. (2022). Pengaruh Media Sosial sebagai Alat Komunikasi Politik dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Mahasiswa. 2(5), 200–209.

Slice. (2023). [EDISI 2023] Statistik Pengguna Media Sosial Indonesia Terbaru. Https://Www.Blog.Slice.Id/. https://www.blog.slice.id/blog/edisi-2023-statistik-pengguna-media-sosial-terbaru

Sobang, R. R., Werdiningsih, E., & Efendiy, K. (2020). Pengunaan Emoticon Whatsapp Bagi Mahasiswa Sumba Tengah Di Universitas Wisnuwardhana Malang. Jurnal Penelitian & Pengkajian Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 79–89. http://jppim.wisnuwardhana.ac.id/index.php/jppim/article/view/63

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Tosepu, Y. A. (2018). Media Baru Dalam Komunikasi Politik (Komunikasi Politik di Dunia Virtual). 3(1), 32–33. https://my.id1lib.org/book/19299083/3d7141

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>