Analisis Gaya Komunikasi Kepemimpinan dalam Meningkatkan Kinerja Karyawani di Divisi Produksi PT. Banteng Pratama Rubber

Main Article Content

Rahmat Setiana
Sukarelawati
Desi Hasbiyah

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk mempelajari gaya komunikasi kepemimpinan di Divisi Produksi PT. Banteng Pratama Rubber. Data dikumpulkan melalui catatan lapangan dan kemudian diolah melalui seleksi dan analisis untuk memberikan gambaran komprehensif tentang subjek yang diteliti. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa kepala bagian divisi produksi cenderung menggunakan gaya komunikasi equalitarian, structuring, dan dynamic. Mereka lebih memilih komunikasi langsung secara lisan untuk memastikan pemahaman yang tepat dan menghindari miskomunikasi. Gaya komunikasi equalitarian memungkinkan adanya komunikasi dua arah terbuka antara kepala bagian dan karyawan, di mana karyawan dapat memberikan masukan dan saran. Selain itu, kepala bagian juga menerapkan gaya komunikasi structuring dengan menentukan jadwal dan rencana kerja, memberikan arahan dan tugas yang jelas, serta menyampaikan aturan pekerjaan. Dalam gaya komunikasi dynamic, kepala bagian secara langsung menegur karyawan yang melakukan kesalahan dan mendorong karyawan untuk berkontribusi dalam diskusi. Gaya komunikasi ini bertujuan untuk memotivasi karyawan agar bekerja lebih cepat dan lebih baik. Gaya komunikasi kepemimpinan ini memiliki dampak positif dalam menciptakan lingkungan kerja inklusif, memotivasi karyawan, dan memfasilitasi pencapaian tujuan bersama. Penggunaan bahasa informal menciptakan suasana yang santai, sementara instruksi yang jelas dan terperinci memastikan pemahaman karyawan terhadap tugas yang diberikan. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya komunikasi dua arah terbuka antara kepala bagian dan karyawan, pengaturan jadwal dan tugas yang jelas, serta memberikan umpan balik positif dan kesempatan bagi karyawan untuk berkontribusi. Dengan menerapkan gaya komunikasi kepemimpinan yang sesuai, perusahaan dapat menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan memotivasi karyawan untuk mencapai tujuan bersama.

Article Details

How to Cite
Setiana, R. ., Sukarelawati, & Hasbiyah, D. . (2023). Analisis Gaya Komunikasi Kepemimpinan dalam Meningkatkan Kinerja Karyawani di Divisi Produksi PT. Banteng Pratama Rubber. Karimah Tauhid, 2(6), 2721–2726. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.10817
Section
Articles

References

Fajrie, Mahfudlah. (2017). "Gaya Komunikasi Masyarakat Pesisir Wedung Jawa Tengah." INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1), 53-76.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2016). Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat.

Setiono, B. A. (2018). "Pengaruh budaya organisasi, karakteristik individu, karakteristik pekerjaan terhadap kinerja karyawan PT. Pelindo III Surabaya." Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan, 6(2), 128-146.

Sembiring, M. (2017, November 30). "Pengaruh Komunikasi Yang Efektif Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Karo." JURNAL AGRICA, 10(2), 86.

Sofiani, E. (2020). "Gaya Komunikasi Pimpinan Grup Leader di PT. TK. Industrial Indonesia Dalam Penegakkan budaya 5S (Departemen Bottom UV Shift A)."

Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Pusaka Setia.

Wulandari, P. (2015). "Gaya komunikasi pimpinan dalam meningkatkan kinerja karyawan pada PT. White and Blue di Pekanbaru." Jom FISIP, 2(1), 7.

Yuliani, W. (2018). "Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling." Quanta, 2(2), 83-91.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>