Pola Komunikasi Remaja dalam Menyikapi Toxic Relationship yang Dapat Mengakibatkan Insecure

Main Article Content

Ayu Lestari
Desi Hasbiyah
Koesworo Setiawan

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi terhadap toxic relationship yang terjadi pada remaja yang menimbulkan insecure atau rasa tidak aman, serta dampak pada toxic relationship yang terjadi pada remaja tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Teknik ini digunakan untuk menggali dan mengkaji pengalaman remaja yang pernah menjalin hubungan yang toxic dalam berpacaran, sehingga dapat mengungkap alasan mereka bertindak di lingkungannya. Hasil penelitian ini pada remaja yang pernah mengalami toxic relationship dalam berpacaran ini menunjukkan bahwa pertama, pola komunikasi pada remaja yaitu sikap mendominasi terhadap toxic relationship, masalah terhadap masalalu, dan berani memutuskan tindakan. Kedua, faktor yang menyebabkan terjadinya toxic relationship pada remaja di SMK Farmasi Annisa, yaitu terjadinya perselingkuhan, keadaan emosi yang belum stabil, dan efek kekerasan. Ketiga, dampak yang dialami remaja yang pernah mengalami toxic relationship dalam berpacaran yaitu dampak secara psikologis seperti munculnya rasa takut dan trauma untuk menjalin hubungan kembali dengan orang baru serta dapat menyebabkan perasaan insecure terhadap dirinya.

Article Details

How to Cite
Lestari, A., Hasbiyah, D., & Setiawan, K. (2024). Pola Komunikasi Remaja dalam Menyikapi Toxic Relationship yang Dapat Mengakibatkan Insecure. Karimah Tauhid, 3(1), 1192–1199. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11581
Section
Articles

References

Anjani, I. (2021). Penerapan Rational Emotive Behavior Therapy Terhadap Remaja Yang Mengalami Toxic Relationship (Studi Kasus di Ciracas Kota Serang-Banten) (Doctoral dissertation, UIN SMH BANTEN).

Daud, M. (2016). Perilaku Pacaran Dikalangan Pelajar SMP Negeri 1 Belat Di Desa Penarah Kecamatan Belat Kabupaten Karimun. Tanjungpinang: Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Devi Sri Wahyuni, S. K. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kekerasan dalam Hubungan Pacaran pada Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia. Sosietes Jurnal Pendidikan Sosiologi, 923-928.

Djudjur Luciana Radjagukguk, Impementasi Pola Komunikasi antar Pribadi pada Remaja, Jurnal Ilmu Komunikasi Volume, Nomor 1, Juli-Desember 2018.

Komnas, P. (2019). Catatan tahunan kekerasan terhadap perempuan (CATAHU) 2020. Komnas Perempuan. https://komnasperempuan.go.id/catatantahunan detail lembar fakta dan poin kunci catatan tahunan komnas.

Mu’awwanah, U. (2017). Perilaku Insecure pada Anaka Usia Dini. As-Sibyan, 47-58.

Prabandari, A. I. (2020). Toxic relationship Adalah Hubungan Yang Merusak dan Tidak Sehat, ketahui jenisnya. Jawa Tengah.

Resty Wulandari, Fenomena Toxic Relationship dalam Pacaran Pada Mahasiswa Universitas Sriwijaya, Fakultas Ilmu Sosialdan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya. 2021.

Safitri, W. A., dan Sama’I, D. (2013). Dampak Kekerasan Dalam Berpacaran (The Impact of Violence in Dating). Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa UNEJ, 1(1), 1–6

Sari. (2018). Kekerasan dalam Hubungan Pacaran di Kalangan Mahasiswa; Studi Refleksi Pengalaman Perempuan. Jurnal Dimensia: 7(1), 64-85

Suriani, Leli, dkk. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Gaya Pacaran Tidak Sehat Pada Remaja Usia 12-15 Tahun Di Kecamatan Tampan Pekanbaru. Jurnal Ilmu Kebidanan, Vol. 05 No. 01.

Tridarmanto, Yoga Kinaryoaji. (2017). Konsep Dan Kebutuhan Berpacaran Remaja Awal Di Yogyakarta. Skripsi: Yogyakarta: Universitas Santa Dharma

Vedasari, I. A. (2022). Mengenal Toxic relationship dalam Relasi Pacaran. di laman https://ultimagz.com/opini/mengenal-toxic-relationship-dalam-relasipacaran/

Wajdi Riveni, Perilaku Komunikasi Toxic Frindship dengan Teman Sebaya, Skripsi, 2021.

Wulandari, Yogi Primatia. (2019). Waspada Toxic Relationship Semakin Meningkat Setiap Tahunnya. Unair news. https://unair.ac.id/2019/12/26/waspada-toxic-relationship-meningkat-setiap-tahunnya

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>