KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CODING BACKEND PESERTA STUDI INDENPENDEN MBKM

Main Article Content

Rizky Ergian Putra
Ali Alamsyah Kusumadinata
Desi Hasbiyah

Abstract

Saat ini, dengan kemajuan teknologi yang pesat dan perubahan sosial budaya. Keterampilan dan kemampuan Mahasiswa harus menyesuaikan diri Seiring dengan tuntutan zaman. Untuk itu, Bapak Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia mendirikan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program kampus merdeka yang dibuat oleh Menteri Pendidikan salah satunya adalah Studi Independen Bersertifikat. Pada proses belajar mengajar studi independen di Gigih MBKM tidak luput dari hambatan proses komunikasi interpersonal antar pengajar dan peserta studi sehingga mengakibatkan kurangnya pemahaman atau hasil belajar peserta studi. Metode penelitian ini menggulnakan metode deskripltif kuantitatif. Metode penellitian deskriptif kuantitatilf adalah metolde yang diawali dengan pengumpulan data, menginterpretasikan data, penyajian dan hasilnya, serta bertujuan untuk menciptakan gambaran atau gambaran situasi yang objektif. Uji yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik tersebut diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini semua indikator valid dan reliabel secara simultan variabel independen terbukti signifikan mempengaruhi variabel dependen. Kemudian secara parsial variabel independen yaitu Komunikasi Interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu Pemahaman Hasil Belajar.Dengan demikian hasil penelitian ini Komunikasi interpersonal yang efektif dapat mempengaruhi hasil belajar peserta studi independen gigih MBKM jika komunikasi interpersonal baik maka hasil belajar peserta juga akan baik hasilnya.

Article Details

How to Cite
Putra, R. E., Kusumadinata, A. A., & Hasbiyah, D. (2022). KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CODING BACKEND PESERTA STUDI INDENPENDEN MBKM . Karimah Tauhid, 1(6), 777–788. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i6.7200
Section
Articles

References

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta.

Asrul, Rusydi Ananda, Rosnita. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media

Devito, Joseph A. (2011). Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan: KARISMA Publishing Group.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasanah, Hikmatul. (2019). Komunikasi interpersonal antara customer service dengan jama’ah haji dan umroh di pt. Ebad wisata surabaya. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Intan, H. Y. (2022). Komunikasi Interpersonal Diadik Antara Anak Dan Orang Tua Tiri Dalam Keluarga. Jurnal Komunikatio. ISSN 2442-3882 Volume 8 Nomor 1.

Iqbal Hasan, (2006). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Irene, Tri. (2020). Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMA Kristen Pelita Kasih Makassar. Jurnal Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen. Vol. 1, No. 1 (Juni 2020): 29-42.

Kurniawan Agung Widhi, Z. P. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.

Nana Sudjana, (1995). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung:. Remaja Rosdakarya, hal. 24.

Pontoh, W. P. (2013). Peranan Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Meningkatkan Pengetahuan Anak (Studi Pada Guru-Guru Di Tk Santa Lucia Tuminting). Journal “Acta Diurna” .Vol I.No. I Th.2013, 1-11.

Rasyid, M. A. (2015). Interpersonal Communication That Inspires in EFL Teaching. Makassar: State University of Makassar.

Ruliana, Poppy dan Puji Lestari. (2019). Teori Komunikasi. Depok: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Suranto, AW. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yunita Fauziah. (2021). Pengaruh Implementasi Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Terhadap Mahasiswa Di Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Esa Unggul. Jurnal Abdimas. Volume 8 Nomor 2, Desember 2021.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>