TEKNIK KOMUNIKASI DALAM DUNIA KERJA

Main Article Content

Renisa Qori Adinda
Ali Alamsyah Kusumadinata

Abstract

Dunia kerja membutuhkan komunikasi yang aktif dan memiliki peran saerta dalam menjembatani kegiatan aktivitas kerja. Komunikasi merupakan suatu teknik yang mampu memberikan kepuasan kepada sesama rekan kerja. Kemampuan ini memperlihatkan bahwa setiap orang yang terlibat dalam dunia kerja diharuskan memiliki kemampuan dalam hal membangun konektivitas antar sesame rekan kerja ataupun dengan pimpinan. Tujuan penelitian ini menjelaskan hal-hal yang dianggap menjadi penting dalam komunikasi dalam dunia kerja. Metode penelitian ini menggunakan secara kualitatif dengan pendekatan kasus yang dilihat dari satu unit kerja di Balai Penelitian milik Kementerian Pertanian. Informan yang digunakan dimulai dari pimpinan hingga karyawan. Analisa yang digunakan menggunakan pola transaksional dengan mengumpulkan data dan menyimpulkan secara berulang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi penting untuk dilakukan dan dirawat dengan pendekatan khusus dan umum. Komunikasi yang perlu dibina adalah sikap yang terbuka, empati, saling mendukung serta positif dan setara. Hal ini berlaku pada tingkatan horizontal. Adapun pada pimpinan kesataraan perlu didefinisikan ulang, karena berbeda dengan sikap antara karyawan dengan karyawan.

Article Details

How to Cite
Adinda, R. Q. ., & Kusumadinata, A. A. (2023). TEKNIK KOMUNIKASI DALAM DUNIA KERJA . Karimah Tauhid, 2(1), 360–368. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.8033
Section
Articles

References

Barus, R. K., Dewi, S., & Khairuddin, K. (2020). Komunikasi Interpersonal Tenaga Kerja Indonesia Dan Anak. Journal Of Education, Humaniora And Social Sciences (JEHSS), 3(2), 369-376. Doi:DOI: Https://Doi.Org/10.34007/Jehss.V3i2.310

Devito, J. A. (2016). The Interpersonal Communication Book, 14th Edition. Hunter College Of The City University Of New York.: Pearson Education .

Djafri, N. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Empati Dan Motivasi Terhadap Budaya Organisasi (Studi Kasus Terhadap Kepala Sekolah Dasar Kota Gorontalo). Jurnal Manajemen, 19(1), 59-73.

Fauziah, S., & Effane, A. (2023). Peran Kepemimpinan Pendidikan. KARIMAH TAUHID, , 2(1), 175–178. Doi:Https://Doi.Org/10.30997/Karimahtauhid.V2i1.7724

Frinaldi, A., & Embi, M. A. (2011). Pengaruh Budaya Kerja Etnik Terhadap Budaya Kerja Keadilan Dan Keterbukaan PNS Dalam Membangun Masyarakat Madani Dan Demokrasi (Studi Pada Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat). Humanus: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Humaniora,, 10(1), 52-61. Doi:DOI : Https://Doi.Org/10.24036/Jh.V10i1.486

Fusaroli, R., Rączaszek-Leonardi, J., & Tylén, K. (2014). Dialog As Interpersonal Synergy. New Ideas In Psychology, 32, 147-157.

Malinowska-Cieślik, M., Mazur, J., Nałęcz, H., & Małkowska-Szkutnik, A. (2019). Social And Behavioral Predictors Of Adolescents’ Positive Attitude Towards Life And Self. International Journal Of Environmental Research And Public Health, 16(22), 4404.

Ni'mah, R. (2017). Hubungan Empati Dengan Perilaku Altruistik. At-Tuhfah: Jurnal Studi Keislaman, 6(1), 99-115.

Putri, A. H. (2015). Komunikasi Interpersonal Dalam Meningkatkan Kinerja. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora, UIN Sunan Kalijaga.

Romadhona, J. M., Kusumadinata, A. A., & Hasbiyah, D. (2022). KAMPANYE POLITIK LEGISLATIF DALAM PEMENANG PEMILU PARTAI DI KOTA BOGOR. KARIMAH TAUHID, 1(3), 315–322. Doi:Https://Doi.Org/10.30997/Karimahtauhid.V1i3.6475

Suaib, M. S. (2016). Pentingnya Motivasi Kerja Dalam Meningkatkanroduktivitas Kerja Pegawai Pada Kantor Urusan Agama Di Kecamata Goa. Skripsi. Makassar: Fakultas Dakwah Dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sulasih. (2016). Kinerja Berbasis ISO. Yogyakarta: Pustaka Ilmu .

Suparna, P., Rachmawati, T. S., & Winoto, Y. (2013). Keterbukaan Komunikasi Dalam Menciptakan Iklim Komunikasi Yang Kondusif Di Perpustakaan. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 1(2), 157-164.

Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Jakarta : Raja Grafindo .

Wijaya, I. S. (2013). Komunikasi Interpersonal Dan Iklim Komunikasi Dalam Organisasi. Jurnal Dakwah Tabligh, 14(1), 115-126.

Wulandari, S., & Widyastuti, A. (2014). Faktor-Faktor Kebahagiaan Di Tempat Kerja. Jurnal Psikologi, 41-52.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>