BENTUK PROMOSI SEKOLAH DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU

Main Article Content

Mudin Mudin
Ginung Pratidina
Ali Alamsyah Kusumadinata

Abstract

Sekolah membutuhkan promosi dalam menarik peminatan kepada peserta didik. Banyak hal yang dilakukan untuk menyikapi pemasaran tersebut yang dikenal dengan istilah promosi. Penelitian ini bertujuan untuk bentuk promosi yang dilakukan di sekolah di Bogor. Metode penelitian in menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan kasus berkenaan dengan promosi yang dilakukan di SMK X. Informan yang digunakan sebanyak 5 orang dan penggalian menggunakan wawancara dan observasi berpartisipasi. Data yang digunakan diolah dan diceritakan sesuai dengan tujuan penelitian dan dianalisa sesuai dengan kaidah kualitatif dengan mencari keterkaitan antara kasus dengan kedekatan penjelasannya.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi dilakukan dengan media dan secara langsung. Ketertarikan promosi langsung lebih dominan dibanding bermedia. Adapun promosi secara bermedia dilakukan dengan media sosial, website, baliho, spanduk, pamflet, brosur dan dokumentasi serta foto video.  Sedangakan strategi yang digunakan adalak kedekatan dengan siswa dengan jarak sekilah di SMK X  serta memberikan informasi beasiswa yang dapat memenuhi kebutuhan siswa.  Promosi memberikan pendampingan masyarakat tentang sekolah yang baik dengan memberikan kedekatan kepada tokoh dan pemuda ataupun pemudi yang mnejadi duta setiap kecamatan yang akan memberikan informasi.

Article Details

How to Cite
Mudin , M. ., Pratidina, G. ., & Kusumadinata, A. A. (2023). BENTUK PROMOSI SEKOLAH DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU . Karimah Tauhid, 2(5), 1520–1531. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.10097
Section
Articles

References

Aftani, S. (2015). Media Promosi Beliya Boutique Yogyakarta. Laporan Akhir. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ahmad, I. (2011). Spanduk Dan Stiker Sebagai Media Komunikasi Untuk Melaporkan Peristiwa Kependudukan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 28-39. Doi:Doi: Https://Doi.Org/10.31315/Jik.V9i1.3413

Danver, S. (2016). The Sage Encyclopedia Of Online Education. Thousand Oaks: Sage Publications.

Dwivedi, A. (2016). Youtube. In Youtube, The Sage Encyclopedia Of Online Education (Pp. 1199-1202). Thousand Oaks,: Sage.

Grafis, R. (2008). Layout, Dasar & Penerapannya. Jakarta: Pt. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2021). Marketing 5.0. Jakarta: Gramedia, Pustaka Utama.

Puspitarini, D., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Common , 3(1), 71-80. Doi:Doi 10.34010/Common.V3i1.1950

Rakhmat, J. (2015). Psikologi Komunikasi. . Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Supriyono, R. (2010). Desain Komunikasi Visual – Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Widowati, E. (2010). Desain Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Batik Widya Kusuma Di Kabupaten Sragen. Laporan Akhir. Surakarta: Uns.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>