Pengaruh Kualitas Pelayanan E-Commerce Tiktok Shop Terhadap Kepuasan Konsumen

Main Article Content

Ananda Putri Aisyah
Harum Dwi Nurhaepi
Nurlatifah Khaerani
Ali Alamsyah Kusumadinata

Abstract

Abstrak


Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. kualitas dengan kepuasan konsumen sangat erat. Kepuasan konsumen dapat tercapai apabila konsumen menerima pelayanan sesuai yang diharapkan. Oleh karena itu kualitas pelayanan yang diberikan sesuai dengan yang diharapkan akan mempengaruhi kepuasan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan toko Tiktok Shop terhadap kepuasan konsumen di kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pedagang kaki lima yang pernah berbelanja di aplikasi Tiktok Shop. Berdasarkan Google form yang dibagikan dan dapat diakses oleh peneliti, sampel yang digunakan adalah 114 responden. Sampel yang digunakan adalah responden yang pernah mengunjungi toko Tiktok minimal satu kali. Validitas hasil survei diuji dan reliabilitasnya juga diuji menurut asumsi normalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik uji normalitas regresi sederhana. Menggunakanperangkat lunak Solusi Produk dan Layanan Statistik (SPSS). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima karena menunjukkan hasil uji hipotesis yang positif dan signifikan. Artinya kualitas pelayanan toko Tiktok Shop berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan masyarakat umum di kota Bogor.


 


Kata kunci: E-commers, Kepuasan Konsumen, Kualitas Pelayanan

Article Details

How to Cite
Aisyah, A. P., Nurhaepi, H. D., Khaerani, N., & Kusumadinata, A. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan E-Commerce Tiktok Shop Terhadap Kepuasan Konsumen. Karimah Tauhid, 1(6), 890–902. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i6.7699
Section
Articles

References

Creswell. (2009). Rearch desaign. New York: Liblary.

Dyon, R. (2019). Analisis Mayarat Dalam Pengolahan Ekosistem Mangrove. Jurnal Spasail , 6(2), 531-540.

Engkus. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Cibitung Kabupaten Sukabumi. Jurnal governansi, 5(2), 99-109.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Universitas Diponegoro.

Herlina, V. (2019). Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. Jakarta: PT Elex Medio Komputindo .

Huda, B., & Priyatna, B. (2019). Penggunaan Aplikasi Content Manajement System (CMS)Untuk Pengembangan Bisnis Berbasis E-Commerce. systematics, 1(2), 81-88.

Husein, U. (2008). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Irwan, H. (2003). Indonesia Customer Statisfaction. Jakarta: Elex Media Kompindo.

Kaeinem. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(4), 329-339.

Khoiron, A. M., Kusumastuti, A., & Achmadi, T. A. (2020). metode penelitian kuantitatif. Sleman: Deepublish Publisher.

Martina, H. D. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan dan Kepercayaan Merek Terhadap Niat Pembelian Ulang Di Toko Online Toko Pedia. Jurnal Manajemen, 8(1), 1-10.

Mashitoh, M. R., Wibowo, H. A., & Ikhsan, K. (2019). Pengahur kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan dan kepercayaan merek terhadap loyalitas pelanggan pada pengguna aplikasi mobile shopee. Jurnal sains manajemen, 5(1), 101-119.

Muhadi, W. R., & Riski, E. C. (2022). Pengaruh E-service quality, kesadaran merek, kepercayaan word of mouth, dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan pada tiktok shop. Jurnal ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 16(2), 229-240.

Nugroho, A., & Magnadi, R. H. (2018). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan jasa pengiriman Lazada ekspress saat harbolnas di E-commerce. Jurnal manajemen Diponegoro, 7(4), 1-11.

Putra, H. R., Pebrianto, Y., & Sudrantono, T. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pembuatan Surat Keterangan Ahli Waris di Kantor Kecamatan BanjaranKabupaten Bandung. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(4), 1984-1903.

Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas VIII Smp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 2581-253X.

Sany, W. p. (2021). Peranan Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna E-Commerce Shopee Politeknik Cenada. Journal of Business and Economics Research (JBE) , 4(3), 80-85.

Sany, W. p. (2021). Peranan Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna E-Commerce Shopee Politeknik Cenada. Journal of Business and Economics Research (JBE) vol 4 no 3, 80-85.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&d. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandi, Chandra, & Gregorius. (2016). Quality Satisfaction, Edisi 3. Yogyakarta: Andi.

Wahyuni, N. (2014). Uji validitas dan reliabilitas. Binus qmc, 1(1), 1-8.

Waspodo, Handayani, Nurul, Paramita, & Widya. (2017). Pengaruh Kerja dan Stres Kerja Terhadap Turnover Intention Pada Karyawan PT Unitex Bogor. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 2(2), 156-167.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>