KAMPANYE POLITIK LEGISLATIF DALAM PEMENANG PEMILU PARTAI DI KOTA BOGOR

Main Article Content

Juan Maria Romadhona
Ali Alamsyah Kusumadinata
Desi Hasbiyah

Abstract

Partai politik adalah kelompok yang membentuk organisasi yang anggotanya memiliki orientasi, nilai, dan cita-cita yang sama. Tujuan kelompok ini adalah untuk memperoleh kekuasaan politik dan merebut kekuasaan politik dengan cara konstitusional untuk menjalankan kebijakannya. Faktor yang melatarbelakangi berdirinya Partai adalah sebagai respon terhadap kondisi sosial, politik, dan ekonomi yang dianggap semakin lemah dalam kehidupan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana kampanye politik yang dilakukan oleh legislatif dalam memenangkan pemilu di Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Analisis dilakukan dengan mengambil calon anggota legislatif dari salah satu Partai khususnya Partai Gerindra yang mengusung Prabowo sebagai calon presiden di tahun 2019 di Kota Bogor. Analisis dengan mengkoding informasi dari hasil wawancara yang dilakukan ke 4 narasumber kunci dan melakukan kajian terhadap tema-tema yang disesuaikan dengan bahasan temuan penelitian. Validitas data dikombinasikan dengan temuan lapangan dan data konfirmasi ke konstituen dan ke pengurus Partai Cabang Bogor.   Temuan penelitian ini adalah Langkah yang dilakukan dalam pemenangan pemilu dengan menciptakan opini publik yang sesuai dengan harapan masyarakat dengan teknik merangkul semua kalangan masyarakat. Mereka ditampung melalui pembentukan organisasi partai pada ranting di tingkat kecamatan dan kelurahan sehingga dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat dan telah diformalkan secara hukum. Selain itu, pemanfaatan media massa untuk mempublikasikan kepada publik tentang kinerja partai yang bertujuan untuk meningkatkan citra positif di masyarakat. Dan pemanfaatan media sosial sebagai sarana komunikasi kepada masyarakat pemilih merupakan salah satu bentuk strategi komunikasi di era teknologi informasi yang semakin maju. Penggunaan media informasi menjadi bagian unsur penilaian kesuksesan dalam menimbulkan intimasi terhadap calon peserta legislatif dan membuka ruang untuk loyal kepada calon presiden yang diusung.

Article Details

How to Cite
Romadhona, J. M., Kusumadinata, A. A., & Hasbiyah , D. . (2022). KAMPANYE POLITIK LEGISLATIF DALAM PEMENANG PEMILU PARTAI DI KOTA BOGOR. Karimah Tauhid, 1(3), 315–322. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.6475
Section
Articles
Author Biography

Desi Hasbiyah , Unida Bogor

Sains Komunikasi Unida

References

Arifin, A. (2016). Komunikasi Politik Paradigma - Teori - Aplikasi - Strategi Komunikasi Politik Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Budiardjo, M. (2015). Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT Gramedia. Pustaka Utama.

Dollah, B. (2016). Kecenderungan Calon Anggota Legeslatif Memanfaatkan Media Surat Kabar dalam Kampanye Pemilu 2014. Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 5(3), 167-177.

Hutomo, R. S. (2014). Strategi Komunikasi Politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dalam Memobilisasi Pemilih pada Pemilu Legislatif Daerah Kota Semarang Tahun 2014. . Semarang: Universitas Diponegoro.

Imansyah, S. F. (2020). Analysis Of Personal Branding Couple Of Prospective Candidates In Bogor City . Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 2 (1), 88-93. doi: https://doi.org/10.30997/ijsr.v2i1.26

Kiftiyah, A. (2019). Upaya Rekonsiliasi Politik Identitas Pasca Pelaksanaan Pemilu 2019 di Indonesia. . Jurnal Analis Kebijakan, 3(1)(1), 63-75. Diambil kembali dari http://jurnalpusaka.lan.go.id/index.php/jurnalpusaka/article/view/59.

Komisi Pemilihan Umum. (2019). Hasil Perolehan Pemilu 2014. Diambil kembali dari kpu.go.id: https://kpu.go.id

Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nuryanti, N. (2018). Peran Media Massa dalam Pemilihan Umum. Semarang: Prosiding Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Perangin-Angin, L. L., & Zainal, M. (2018). (2018). Partisipasi Politik Pemilih Pemula Dalam Bingkai Jejaring Sosial Di Media Sosial. Jurnal Aspikom, 3(4), 737-754. doi:https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i4.210

Peraturan Pemerintah RI. (2018). Nomor 23 Tahun 2018 Tentang Kampanye. Jakarta : Komisi Pemilihan Umum RI. .

Prasetia, A. R. (2019). Pengaruh Politik Identitas Melalui Media Sosial Terhadap Generasi Milenial dan Pelaksanaan Pemilu. Conference On Communication and News Media Studies, 1(1), hal. 21. Diambil kembali dari http://proceeding.umn.ac.id/index.php/COMN

Saraswati, M. S. (2018). Social Media and the Political Campaign Industry in Indonesia. 3(1), 51-65. doi:https://doi.org/10.25008/jkiski.v3i1.124.

Sri, R., Ruliana, P., & Irwansyah, I. (2019). Implementation Legislative Election Campaign Taufiqulhadi. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. International Media Conference 2019 (IMC 2019), 423 (2), 364-380.

Towner, T. L. (2018). Picture Perfect? The Role of Instagram in Issue Agenda Setting During the 2016 Presidential Primary Campaign. Social Science Computer Review, 36 (4), 484–499. doi:https://doi.org/10.1177/0894439317728222.

Ulfa, K., Purnomo, E. P., & Kasiwi, A. N. (2020). The Campaign Strategy of 2019 Presidential and Vice-Presidential Elections on Social Media. Society, 8 (2), 284-297. doi:DOI : https://doi.org/10.33019/society.v8i2.137.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>