Dampak Era Digital Terhadap Kegiatan Komunikasi Kontemporer Pada Masyarakat Kota Bogor

Main Article Content

Nur Siti Fatimah
Alfian Permana Suyanto
Ali Alamsyah Kusumadinata

Abstract

Komunikasi merupakan suatu hal yang dilakukan manusia setiap saat dari waktu ke waktu. Namun dengan adanya perubahan zaman yang terus berkembang, maka berbagai aspek kehidupan manusia juga akan terdampak. Termasuk komunikasi, yang mana pada masa kini komunikasi telah mengalami perubahan atau disebut sebagai komunikasi kontemporer. Hal ini disebabkan oleh adanya perkembangan teknologi yang membantu manusia dalam melakukan pemenuhan kebutuhan hidupnya. Maka dari itu penulisan artikel ini bertujuan untuk menganalisis pola perilaku masyarakat yang menciptakan sistem komunikasi kontemporer berdasarkan metode penggunaan teknologi juga untuk menganalisis dampak buruk yang menimbulkan permasalahan bagi metode komunikasi baik secara sosial, budaya, maupun psikologis masyarakat. Yang mana diharapkan dapat mengantisipasi permasalah-permasalahan yang terjadi dan mungkin terjadi di masyarakat terhadap penggunaan tekonogi di era digital pada metode komunikasi temporer yang terjadi di masyarakat. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara terhadap 20 responden yang terdiri dari masyarakat Kota Bogor dan berasal berdasarkan segmentasi umur yang berbeda diberikan pertanyaan yang sama. Yang mana jawaban dari pertanyaan tersebut berdasar dari perilaku penggunaan teknologi sebagai media komunikasi. Dengan memperhatikan wawasan bahasa prokem, fitur post and share, pengurangan interaksi secara langsung, pengaruh budaya asing, serta transformasi literasi media digital sebagai factor-faktor yang menetukan adanya proses komunikasi kontemporer yang terjadi di masyarakat Kota Bogor. Hasil dari penelitian yang dilakukan menghasilkan data bahwa terdapat 73% dari kseluruhan responden yang melakukan aktivitas komunikasi melalui media digital akibat pengembangan teknologi komunikasi. Dan dapat disimpulkan bahwa adanya bentuk komunikasi baru atau disebut komunikasi temporer yang disebabkan adanya kemajuan teknologi komunikasi di masyarakat Kota Bogor.

Article Details

How to Cite
Fatimah, N. S., Suyanto, A. P., & Kusumadinata, A. A. (2022). Dampak Era Digital Terhadap Kegiatan Komunikasi Kontemporer Pada Masyarakat Kota Bogor . Karimah Tauhid, 1(6), 833–840. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i6.7648
Section
Articles

References

Firamadhina, Fadhlizha Izzati Rinanda, and Hetty Krisnani. 2021. “PERILAKU GENERASI Z TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK: TikTok Sebagai Media Edukasi Dan Aktivisme.” Share : Social Work Journal 10(2):199. doi: 10.24198/share.v10i2.31443.

Irena, Lydia, and Wulan Purnama. 2019. Komunikasi Kontemporer Dan Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kholill, Syukur, and Maulana Andinata Dalimunthe. 2015. Isu-Isu Komunikasi Kontemporer. Medan: PERDANA PUBLISHING.

Machmud, Muslimin. 2016. Tuntutan Penulisan Tugas Akhir Berdasarkan Prinsip Dasar Penelitian Ilmiah. Malang: Penerbit Selaras.

McLuhan, Marshall. 1964. Understanding Media: The Extensions of Man. New York’: McGraw-Hill.

Nurhadi, Zikri Fachrul. 2017. Teori Komunikasi Kontemporer. Depok: KENCANA.

Oktavianti, Roswita, and Riris Loisa. 2017. “Penggunaan Media Sosial Sesuai Nilai Luhur Budaya Di Kalangan Siswa SMA.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement) 3(1):86–95. doi: http://doi.org/10.22146/jpkm.26925.

Purnama, and Asmiah. 2015. “Pelaksanaan Pembelajaran Fiqih Materi Shalat Lima Waktu Siswa Kelas VII A Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Nanga Bulik.” 41–48.

Rafiq, Ahmad. 2020. “Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat.” Global Komunika 1(1):18–29.

Rianto, Puji. 2016. “Media Baru, Visi Khalayak Aktif Dan Urgensi Literasi Media.” Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia 1(2):90. doi: 10.25008/jkiski.v1i2.54.

Rogers, Everett M. 1986. Communication Technology: The New Media in Society. California: Free Press.

Sari, Astari Clara, Rini Hartina, Reski Awalia, Hana Irianti, and Nurul Ainun. 2018. “Komunikasi Dan Media Sosial.” Jurnal The Messenger 3(2):69.

Setyawati, Nanik. 2016. “Pemakaian Bahasa Gaul Dalam Komunikasi Di Jejaring Sosial.” Pemakaian Bahasa Gaul Dalam Komunikasi Di Jejaring Sosial (c):1–28.

Soliha, Silvia Fardila. 2015. “Tingkat Ketergantungan Pengguna Media Sosial Dan Kecemasan Sosial [Level of Dependence on Users of Social Media and Social Anxiety].” Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi 4(1):1–10.

Supratman, Lucy Pujasari. 2018. “Penggunaan Media Sosial Oleh Digital Native.” Jurnal ILMU KOMUNIKASI 15(1):47–60. doi: 10.24002/jik.v15i1.1243.

Susanti, Elvi. 2016. “GLOSARIUM KOSAKATA BAHASA INDONESIA DALAM RAGAM MEDIA SOSIAL.” Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 3(2):28.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>