Social Media Marketing UKM Chika Furniture Melalui Instagram

Main Article Content

Anis Cahyani
Desi Hasbiyah
Ali Alamsyah Kusumadinata

Abstract

Setiap usaha yang menawarkan produk atau jasa tentu menginginkan brand dari produk atau jasanya tersebut diketahui oleh semua orang, begitu pula dengan Chika Furniture. Di jaman perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini, semakin banyak pelaku usaha yang memanfaatkan media sosial untuk kegiatan bisnis, tak terpungkiri persaingan bisnis melalui media sosial pun semakin meningkat. Hal ini bisa dilihat dari meningkatnya jumlah pengguna sosial media untuk bisnis. Chika Furniture juga perlu memiliki komunikasi pemasaran yang mengikuti perkembangan jaman dan efektif dalam kegiatan promosinya agar brand-nya semakin diketahui oleh masyarakat luas. Chika Furniture berdiri sebagai UKM yang memproduksi sofa atau furniture berasal dari Cicurug, Sukabumi. Oleh karena itu, Chika Furniture melakukan strategi komunikasi pemasaran yaitu social media marketing, dimana ini bertujuan agar masyarakat terutama di media sosial semakin mengetahui keberadaan merek Chika Furniture sebagai brand sofa atau furniture. Pada penelitian ini berfokus pada Instagram @chika_furniture. Melalui akun @chika_furniture, peneliti ingin mengamati social media marketing yang digunakan Chika Furniture melalui Instagram. Peneliti mengharapkan penelitian ini mampu memberikan informasi dan referensi untuk penelitian selanjutnya, serta masukan bagi Chika Furniture dalam melakukan social media marketing melalui Instagram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan perolehan data melalui wawancara. Dalam kegiatan promosinya Chika Furniture melakukan komunikasi pemasaran menggunakan social media marketing melalui Instagram untuk menyebarkan informasi terkait produk sofa atau furniture-nya melalui unggahan postingan di Instagram. Hal ini dapat membuat brand Chika Furniture semakin diketahui masyarakat luas. Selain itu, brand awareness dan peningkatan penjualan juga dapat ditentukan lewat social media marketing melalui Instagram.


Kata kunci: social media marketing, Instagram

Article Details

How to Cite
Anis Cahyani, Hasbiyah, D., & Kusumadinata, A. A. (2022). Social Media Marketing UKM Chika Furniture Melalui Instagram. Karimah Tauhid, 1(4), 409–419. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.6771
Section
Articles

References

Ahlgren, Matt. 2022. 40+ INSTAGRAM STATISTICS & FACTS FOR 2022. Diunduh 13 Agustus dari https:// www.websiterating.com/research/instagram-statistics/.

Annistri, Ayunindya. 2020. Mengulik Sejarah Instagram, Media Sosial Paling Digandrungi Masa Kini. Diunduh 14 April 2022 dari https://www.cekaja.com /info/mengulik-sejarah-instagram.

Banjarmahor, Astri Rumondang dkk. 2021. Manajemen Komunikasi Pemasaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Bansai, R., Masood, R. Z., & Dadhich, V. 2014. Social Media Marketing-A Tool of Innovative Marketing. Of Organization Management, 3(ISSN 2231-7228), 1–7.

Buana, Afrit Wira, dkk. 2020. STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WAROENG SS DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS KONSUMEN MELALUI INSTAGRAM. Jakarta: Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur.

Creswell, John W. 2013. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Databoks. 2022. Pengguna Instagram di Indonesia Bertambah 3,9 Juta pada Kuartal IV-2021. Diunduh 30 April 2022 dari https://databoks.katadata.co.id/da tapublish/2022/01/10/pengguna-insta gram-di-indonesia-bertambah-39-juta-pada-kuartal-iv-2021.

DataIndonesia.id. 2022. Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. Diunduh 30 April 2022 dari https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management Fifteenth Edition. New Jersey: Pearson Education Limited.

Lawi, Gloria Fransisca Katharina. 2020. Instagram jadi Platform Andalan untuk Pemasaran Sepanjang 2021. Diunduh 13 Agustus 2022 dari https://entrepreneur. bisnis.com/read/20201231/88/1337426/instagram-jadi-platform-andalan-untuk-pemasaran-sepanjang-2021.

LinovHR. 2021. Komunikasi Pemasaran: Pengertian, Tujuan & Manfaat untuk Perusahaan. Diunduh 10 April 2022 dari https://www.linovhr.com/komunikasi-pemasaran/.

Melati. 2020. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nazir, M. 2014. Metode Penelitian. Bandung: Ghalia Indonesia.

Puntoadi, Danis. 2016. Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sugiyono. 2017. Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________. 2018. Metode Penelitian Bisnis : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Syahputro, Eko Nur. 2020. Melejitkan Pemasaran UMKM Melalui Media Sosial. Gresik: Caremedia Communication.

Untari, D., & Fajariana, D. E. 2018. Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta, 2(2), 271–278.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>