Pengaruh Tayangan Podcast Kaesang Pangarep Dalam Dialog Hiburan Politik Terhadap Kepuasan Penonton
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11657Keywords:
Youtube, Tayangan Podcast, Hiburan, Kepuasan PenontonAbstract
Podcast di YouTube terus berkembang dengan popularitas yang terus meningkat. Banyak kreator konten mulai merambah ke format podcast untuk menyampaikan konten audio mereka. Topiknya sangat bervariasi, mulai dari berita, hiburan, pendidikan, hingga percakapan santai. Beberapa podcast memiliki basis penggemar yang kuat, sementara yang lain terus mencari audiens baru. YouTube menyediakan platform yang mudah diakses untuk mendengarkan podcast, dan banyak pengguna menikmati konten audio ini bersamaan dengan konten video lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh tayangan podcast Kaesang Pangarep dalam Dialog Hiburan Politik terhadap kepuasan penonton. Teori yang digunakan adalah teori Uses and Gratification. Metode yang digunakan kuantitatif deskriptif. populasi subcriber cahnnel youtube Kaesang Pangarep menggunakan 100 sampel. Penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala Likert untuk mengumpulkan data dari responden. Software SPSS digunakan untuk menganalisis data, termasuk uji regresi sederhana, uji parsial, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh tayangan podcast Kaesang Pangarep dalam dialog hiburan politik terhadap kepuasan penonton.
References
Dalila. (2020). Strategi stroryteling, spreadability dan monetizatation podcast sebagai media baru komedia. Jurnal rist komunikasi.
Herry. (2019). Mengintip studio Podcast Dedy combuzier dengan peralatan ratusan juta rupiah. Diambil kembali dari https//liputan6.com/read/4141967/mengintip-studio-podcast-dedy-corbuzer-dengan-peralatan-ratusan-juta-rupiah
Kurniawan. (2021). Tingkat kepuasan informasi mahasiswa ilmu komunikasi uin suska riau terhadap media podcast.
Purba, S. d. (2020). Podcast's awal minggu communication strategi in creating podcast content on the sportify. Jurnal media dan komunikasi.
Santoso. (2016). Panduan lengkap SPSS versi 27. Elex Media Komputido.
Soraya. (2020). Motif penggunaan media online mojok. 122.
Sucin, u. (2020). Konversi media baru dalam penyampaian pesan melalui podcast .
Tolkach, p. (2021). A youtube channel about tourism education & research .
Bonini. (2015). The Second Age of Podcasting. Reframing podcast as a new digital mass medium, 21-30.
Cangara, H. (2016). Pegantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Eribka Ruthellia David, M. S. (2017). Pengaruh Konten Vlog Terhadap Pembentukan Sikap. Acta Diurna.
Fadilah. (2017). Podcast sebagai alternatif distribusi konten audio. kajian jurnalisme.
Fateha, N. (2022). Analisis Kepuasan Penonton Sinetron Ikatan Cinta Di RCTI. jurnal Ilmu Komunikasi.
Gushevinalti, P. S. (2020). Transformasi Karakteristik Komunikasi di Era Konvergensi Media. Jurnal Magister Komunikasi, 83.
Hasmin, E. (2015). Penerapan Konsep Entertainment News. Fakultas Dakwah dan Komunikasi.
Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis Komunikasi. Jakarta: Prenada Media.
Michael. (2015). The Complete guide to podcast. Podcast Solutions.
Nurudin. (2006). Pengantar Komunikasi Masa. Jakarta: PT.Radja Grafindo Persada.
Safira, N. (2022). Pengaruh Konten Tayangan Podcast Dedy Corbuzier di Youtube Terhadap Minat Menonton. Institut Bisnis dan Informatika.
Santoso, C. R. (2016). Iklan politik capres dan cawapres 2014:analisis paragmatik. 52.
Satrio Adi Hanifiandaru, T. A. (2021). Pengaruh Konten Media Podcast di Spotify Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Hiburan di Kalangan Remaja Kota Bandung. e-Proceeding of management, 7107.
Septiana, I. (2013). Hubungan Antara Motif dan Kepuasan Penonton Pada Program Islam Itu Indah.
Serin, W. J. (2005). Teori komunikasi sejarah, metode dan terpaan di dalam media masa . jakarta: Kencana.
Sudarmawati. (2008). Bahasa dan bersastra. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
Sugiono. (2011). Metode Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, W. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Harum Dwi Nurhaepi, Sukarelawati, Koesworo Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.