POLA KOMUNIKASI DALAM HUBUNGAN JARAK JAUH ANTARA ANAK DENGAN ORANGTUA

Main Article Content

Darin Ismi Ramadina
Sukarelawati
Desi Hasbiyah

Abstract

Setiap orangtua ingin memberikan yang terbaik untuk keberhasilan anaknya dari segi apapun termasuk dari segi pendidikan, dengan cara menyekolahkannya ke perguruan tinggi yang berada di luar daerah, pada akhirnya mereka berjarak jauh atau tidak tinggal bersama lagi. Mahasiswa yang kost harus melakukan adaptasi untuk menyesuaikan diri pada lingkungan mereka yang baru. Melakukan adaptasi di lingkungan baru sehingga dimungkinkan adanya perubahan pada pola komunikasi mereka dalam menghadapi hal tersebut. Tujuan yang akan didapatkan melalui penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi secara umum yang dilakukan anak dengan orangtua serta mengetahui pola komunikasi yang mereka gunakan dalam hubungan jarak jauh.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian kualitatif deskriptif artinya, untuk mendeskripsikan, menerangkan, menjelaskan dan menjawab secara lebih rinci permasalahan yang akan diteliti dengan mempelajari semaksimal mungkin seorang individu. Penulis meneliti mahasiswa sains komunikasi Universitas Djuanda yang berasal dari luar daerah, sebanyak lima mahasiswa. Teknik analisis data, pengumpulan data dan penulisan temuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi yang digunakan oleh mahasiswa Universitas Djuanda yang berasal dari luar daerah dalam hubungan jarak jauh dengan orangtuanya yaitu pola komunikasi demokratis.

Article Details

How to Cite
Ramadina, D. I., Sukarelawati, & Desi Hasbiyah. (2023). POLA KOMUNIKASI DALAM HUBUNGAN JARAK JAUH ANTARA ANAK DENGAN ORANGTUA . Karimah Tauhid, 2(5), 2142–2153. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.10460
Section
Articles

References

Effendy, onong, Uchana. (2015). Dinamika Komunikasi. Bandung: Rosda Karya.

Aziz, Safrudin. 2015. Pendidikan Keluarga : Konsep dan Strategi. Yogyakarta : Gava Media.

Shochib.2015.Pola asuh Orang tua.Jakarta:Rineka cipta.

Nursyahrurahmah, N. Hubungan antara kepribadian introvert dan kelekatan teman sebaya dengan kesepian remaja. Ecopsy, 4(2), 113-116.

Al Fisyahri, F. I. (2022). Hubungan antara kontrol diri dan kepribadian ekstrovert dengan impulsive buying pada pemain game online (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Octarina, V. (2022). Kehidupan keluarga Long Distance Relationship (LDR) dalam membangun Keluarga Sakinah perspektif Qiro’ah Mubadalah: Studi Keluarga TKI danTKW di Desa Kasri Kec. Bululawang Kab. Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Rahmi, Y. (2019). Proses Adaptasi Dan Interaksi Sosial Mahasiswa Malaysia Dengan Mahasiswa Lokal UIN Ar-Raniry (Doctoral dissertation, UIN ArRaniry Banda Aceh.

Baharuddin, B. (2019). Pengaruh Komunikasi Orang Tua Terhadap Perilaku Anak Pada Min I Lamno Desa Pante Keutapang Aceh Jaya. Jurnal AlIjtimaiyyah, 5(1), 105-123

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>