Keragaman Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi

Main Article Content

Reihan Malik
Ali Alamsyah Kusumadinata
Desi Hasbiyah

Abstract

Pemanfaatan media promosi telah berpindah kepada media social Instagram yang merupakan bagian dari platform dunia digital. Masyarakat revolusi 4.0 menjadi mudah untuk bersosialisasi melalui media. Konten yang ditampilkan menjadi menarik dan mudah diterima oleh semua kalangan. Kopikenangan.id salah satu jenis produk yang menggunakannya dengan penggunaan yang terbatas. Sehingga perlu mengikuti perkembangan jaman dan efektif dalam kegiatan promosinya agar brand-nya semakin diketahui oleh masyarakat luas. Teori pendekatan ini mengggunakan komunikasi  pemasaran yang bertujuan  masyarakat terutama di media sosial Instagram semakin mengetahui keberadaan Kopi Kenangan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keragaman promosi melalui Instagram pada sebuah produk kopi.  Metode penelitian menggunakan pendekatan  deskriptif kuantitatif dengan perolehan data melalui kuesioner dan pengamatan. Data dikumpulkan sebanyak 100 orang dari populasi yang dipilih secara aksidental dengan pertimbangan kesulitan dalam mewawancarai sampel penelitian dan membangun komunikasi interpersonal terlebih dahulu. Hasil penelita ini menunjukkan bahwa penggunaan promosi Kopi Kenangan melakukan komunikasi pemasaran melalui media sosial Instagram untuk menyebarkan informasi terkait produk yang dijual kepada konsumen. Keragaman peminat kopi mayoritas adalah anak muda, yang berprediket sebagai mahasiswa dan bekerja sebagai pekerja lepas.  


  Kata kunci: Instagram, Komunikasi Pemasaran,  Promosi

Article Details

How to Cite
Malik, R., Ali Alamsyah Kusumadinata, & Desi Hasbiyah. (2023). Keragaman Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi . Karimah Tauhid, 2(1), 26–35. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.7496
Section
Articles

References

Adriansyah, D., & Saputri, M. E. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Go-Food Di Kota Bandung. Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 3(3), 123-128. doi:DOI : 10.36782/jemi.v3i3.2109

Atmoko, D. B. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Cahyani, A., Hasbiyah, D., & Kusumadinata, A. A. (2022). Social Media Marketing UKM Chika Furniture Melalui Instagram. KARIMAH TAUHID, 1(4), 1-11.

Caleb, T. C., & Rebecca, A. H. (2015). Social Media: Defining, Developing, and Divining. Atlantic journal of communication, 23.

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran (Dasar dan Konsep). Surabaya: CV Penerbit Qiara Media.

Ginting, N. H. (2012). Manajemen Pemasaran Cetakan 2. Bandung : Yrahma Widya.

Hermawan, A., & Husna, L. Y. (2012). Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif. Depok : Kencana.

Ika, A. (2018, 3 29). 6 Tips agar Bisnis Makin Berkembang dari Waktu ke Waktu. Retrieved from https://ekonomi.kompas.com: https://ekonomi.kompas.com/read/2018/03/29/154619426/6-tips-agar-bisnis-makin-berkembang-dari-waktu-ke-waktu?page=all

Kotler, P., & Kevin, L. K. (2013). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kusumadinata, A. A., Salsabila, A., Ningsih, W, A., Friyadi, E., Rachman, F. F., . . . W., N. (2022). Penyuluhan Pemanfaaatan Sosial Media Instagram Membentuk Branding Usaha Mikro Kecil (UMK). Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 1(3), 149–156. Retrieved from Retrieved from https://syadani.onlinelibrary.id/index.php/JS/article/view/29

Morissan. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Depok: Kencana.

Nasrullah, R. (2016). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Sosioteknologi, Cet kedua. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Saleh, R. (2014). Pengaruh konsistensi pesan terhadap asosiasi merek dan sikap merek dengan brand familiarity sebagai moderasi pada iklan dan sponsorship rokok. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 24(1), 32-49.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.

Sukrillah, A., Ratnamulyani, I. A., & & Kusumadinata, A. A. (2018). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL MELALUI WHATSAPP GROUP FEI SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI. Jurnal Komunikatio, 3(2), 95-104. doi:ttps://doi.org/10.30997/jk.v3i2.919

Tjiptono, F. (2010). Strategi Pemasaran, Edisi 2. . Yogyakarta: Andi Offset.

Yuda, A. (2022, 1 17). 7 Manfaat Minum Kopi untuk Wanita yang Jarang Diketahui. Retrieved from https://www.bola.com: https://www.bola.com/ragam/read/4861390/7-manfaat-minum-kopi-untuk-wanita-yang-jarang-diketahui