PERSONAL KARAKTER IJONK MAKE UP ARTIST PADA PENGGUNAAN JASA IJONK WEDDING ORGANIZER DALAM MEMBANGUN MINAT PELANGGAN

Main Article Content

Isni Amelia Erman Fauziyah
Desi Hasbiyah
Agustina Multi Purnomo

Abstract

Wanita dan make up di zaman sekarang sudah tak dapat dipisahkan, namun tidak semua wanita mampu berhias dengan baik dan benar, maka dari itu ada keterampilan baru yaitu make up artist. Make up artist berperan mengubah tampilan wajah dengan menggunakan teknik tertentu. Seorang make up artist harus memiliki kepribadian yang baik sehingga mampu menunjang pembangunan minat pelanggan berdasarkan personal character. Tujuan penelitian ini ada dua, pertama untuk mendapatkan gambaran mengenai cara Ijonk make up artist membangun minat pelanggan dilihat dari karakter make up yang dimiliki kepada pelanggan dan untuk mengetahui personal character Ijonk make up artist pada penggunaan jasa Ijonk wedding organizer dalam membangun minat pelanggan. Pendekatan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer berupa observasi dan wawancara, sedangkan data sekunder yang digunakan berupa studi dokumentasi. Validasi data dalam penelitian ini menggunakan analisis triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Ijonk menggunakan teknik promosi word of mouth sebagai media utama pemasaran jasanya dan menggunakan media sosial dan media cetak seperti brosur, flyer, portofolio dan album foto sebagai media pendukung dalam pemasaran jasanya. Ijonk digambarkan sebagai make up artist yang memiliki personal karakter yang baik, jujur, bertanggung jawab, namun tetap tegas dan tidak suka basa-basi sehingga pelanggan merasa feel free untuk mendiskusikan maupun bernegosiasi banyak hal terkait hari special-nya, hal itulah yang mendukung Ijonk menjadi make up artist yang banyak direkomendasikan oleh pelanggan. Karakter make up Ijonk yang variatif menjadikan penunjang peningkatan pembangunan minat pelanggan, serta personal kahrakter dari Ijonk sendiri mempengaruhi tampilan hasil make up yang menampilkan keunikan dan keunggulan dari setiap make up.

Article Details

How to Cite
Erman Fauziyah, I. A., Desi Hasbiyah, & Agustina Multi Purnomo. (2023). PERSONAL KARAKTER IJONK MAKE UP ARTIST PADA PENGGUNAAN JASA IJONK WEDDING ORGANIZER DALAM MEMBANGUN MINAT PELANGGAN. Karimah Tauhid, 2(5), 2360–2370. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.10648
Section
Articles

References

Achmadi, Narkubo (2015), Metode Penelitian Administrasi Publik, Yogyakarta, Gava Media

D.wahyu Ariani, Tiara (2019) Manajemen Oprasional Jasa, Yogyakarta, Graha

Ilmu

Dyah Hasto dan Khoidar (2013) Womanology-the Art of Marketing To

Woman, jakarta, PT gramedia Pustaka utama

Fadilah, Rabi’I dan Wahab (2021) Pendidikan Karakter, Bojonegoro, CV

Agrapana Media

Herdiansyah (2012), Metodologi Penelitian Kualitatif, jakarta, salemba

humanika

Ketut Sudiatmaka (2021), Pendidikan Kewarganegaraan, Bali, PT,

Rajagrafindo persada

Mardawani (2020), Praktis Penelitian Kualitatif, yogyakarta, deepublish

Moleong (2017) Metode Penelitian Kualitatif, bandung, PT remaja rosdakarya

Nasution (2003) Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, bandung, tarsito

Nauratul, syindi, pahmi dan refli (2022) Psikologi Komunikasi, Medan,

Universitas islam negeri Sumatra Utara

Rakhmawati (2016) Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Harga

Melalui Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Berias Ulang di CV Aditha Trithama Kota Padang, Skripsi, Padang, Universitas Andalas

Sugiyono (2011), metode penelitian kuantitatif dan kualitatif, Bandung,

Alfabeta

Suratman (2020) Analisis Strategi E-Promotion Jasa Make-up Artist Melalui

Instagram, lampung, universitas LaLampun

Wella (2021), Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Makeup

Artist Hits di Indonesia Dalam Menjalankan Usaha di Bidang Jasa Makeup,

Surabaya, Universitas negeri surabaya

Yanna Suryaningsih (2015) Analisis Pengaruh Promosi dan Kualitas Jasa

Terhadap Keputusan Pembelian di Yanna Anmaris Make Up Artist Surabaya, surabaya,universitas narotama

Zikri, raihan & vita (2022) Pembentukan Karakter, yogyakarta, Citra Media

pustaka

Internet

Deepublishstore.com/blog/materi/psikologi-komunikasi/

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.