PERSONAL KARAKTER IJONK MAKE UP ARTIST PADA PENGGUNAAN JASA IJONK WEDDING ORGANIZER DALAM MEMBANGUN MINAT PELANGGAN
Main Article Content
Abstract
Wanita dan make up di zaman sekarang sudah tak dapat dipisahkan, namun tidak semua wanita mampu berhias dengan baik dan benar, maka dari itu ada keterampilan baru yaitu make up artist. Make up artist berperan mengubah tampilan wajah dengan menggunakan teknik tertentu. Seorang make up artist harus memiliki kepribadian yang baik sehingga mampu menunjang pembangunan minat pelanggan berdasarkan personal character. Tujuan penelitian ini ada dua, pertama untuk mendapatkan gambaran mengenai cara Ijonk make up artist membangun minat pelanggan dilihat dari karakter make up yang dimiliki kepada pelanggan dan untuk mengetahui personal character Ijonk make up artist pada penggunaan jasa Ijonk wedding organizer dalam membangun minat pelanggan. Pendekatan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer berupa observasi dan wawancara, sedangkan data sekunder yang digunakan berupa studi dokumentasi. Validasi data dalam penelitian ini menggunakan analisis triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Ijonk menggunakan teknik promosi word of mouth sebagai media utama pemasaran jasanya dan menggunakan media sosial dan media cetak seperti brosur, flyer, portofolio dan album foto sebagai media pendukung dalam pemasaran jasanya. Ijonk digambarkan sebagai make up artist yang memiliki personal karakter yang baik, jujur, bertanggung jawab, namun tetap tegas dan tidak suka basa-basi sehingga pelanggan merasa feel free untuk mendiskusikan maupun bernegosiasi banyak hal terkait hari special-nya, hal itulah yang mendukung Ijonk menjadi make up artist yang banyak direkomendasikan oleh pelanggan. Karakter make up Ijonk yang variatif menjadikan penunjang peningkatan pembangunan minat pelanggan, serta personal kahrakter dari Ijonk sendiri mempengaruhi tampilan hasil make up yang menampilkan keunikan dan keunggulan dari setiap make up.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Achmadi, Narkubo (2015), Metode Penelitian Administrasi Publik, Yogyakarta, Gava Media
D.wahyu Ariani, Tiara (2019) Manajemen Oprasional Jasa, Yogyakarta, Graha
Ilmu
Dyah Hasto dan Khoidar (2013) Womanology-the Art of Marketing To
Woman, jakarta, PT gramedia Pustaka utama
Fadilah, Rabi’I dan Wahab (2021) Pendidikan Karakter, Bojonegoro, CV
Agrapana Media
Herdiansyah (2012), Metodologi Penelitian Kualitatif, jakarta, salemba
humanika
Ketut Sudiatmaka (2021), Pendidikan Kewarganegaraan, Bali, PT,
Rajagrafindo persada
Mardawani (2020), Praktis Penelitian Kualitatif, yogyakarta, deepublish
Moleong (2017) Metode Penelitian Kualitatif, bandung, PT remaja rosdakarya
Nasution (2003) Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, bandung, tarsito
Nauratul, syindi, pahmi dan refli (2022) Psikologi Komunikasi, Medan,
Universitas islam negeri Sumatra Utara
Rakhmawati (2016) Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Harga
Melalui Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Berias Ulang di CV Aditha Trithama Kota Padang, Skripsi, Padang, Universitas Andalas
Sugiyono (2011), metode penelitian kuantitatif dan kualitatif, Bandung,
Alfabeta
Suratman (2020) Analisis Strategi E-Promotion Jasa Make-up Artist Melalui
Instagram, lampung, universitas LaLampun
Wella (2021), Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Makeup
Artist Hits di Indonesia Dalam Menjalankan Usaha di Bidang Jasa Makeup,
Surabaya, Universitas negeri surabaya
Yanna Suryaningsih (2015) Analisis Pengaruh Promosi dan Kualitas Jasa
Terhadap Keputusan Pembelian di Yanna Anmaris Make Up Artist Surabaya, surabaya,universitas narotama
Zikri, raihan & vita (2022) Pembentukan Karakter, yogyakarta, Citra Media
pustaka
Internet
Deepublishstore.com/blog/materi/psikologi-komunikasi/