Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Media Digital dalam Inovasi Pembelajaran

Main Article Content

Aulya Putri Wansit
Farah Anisa
Paulina Agustin
Sefhia Naila Sabrina

Abstract

Kurikulum merupakan jantungnya pendidikan, bisa diungkapkan bahwa kurikulum mempunyai peran yang begitu penting dalam dunia pendidikan untuk mengatur terciptanya tujuan pembelajaran yang efektif. Menerapkan Inovasi pembelajaran adalah salah satu bagian kurikulum merdeka dan pembaharuan untuk penyampaian materi kepada siswa yang bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan siswa agar pembelajaran efektif. Meningkatkan pembelajaran yang efektif memerlukan media yang kreatif dan menyenangkan untuk siswa pelajari, dengan pembelajaran mengikuti zaman dan menggunakan teknologi saat ini. Oleh karena itu, guru harus melaksanakan proses pembelajaran, guru dapat menggunakan strategi atau media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran adalah dengan menggunakan media sosial. Banyak aplikasi untuk melakukan pembelajaran agar mempermudah kegiatan belajar mengajar, yaitu whatsapp group, youtube, google from, dan quizizz, aplikasi ini memfasilitasi pembelajaran menawarkan filtur pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan kurikulum merdeka terhadap media social dalam inovasi pendidikan di SDN Tajur 1 Kota Bogor. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Peneliti melakukan wawancara untuk mengekplorasi penggunaan kurikulum independent dalam inovasi pendidikan di platfrom media sosial.

Article Details

How to Cite
Wansit, A. P., Anisa, F., Agustin, P., & Sabrina, S. N. (2024). Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Media Digital dalam Inovasi Pembelajaran . Karimah Tauhid, 3(3), 3244–3252. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12465
Section
Articles

References

Adventyana, B. D., Salsabila, H., Sati, L., Galand, P. B. J., & Istiqomah, Y. Y. (n.d.). Media Pembelajaran Digital sebagai Implementasi Pembelajaran Inovatif untuk Sekolah Dasar.

Anggelia, D., Puspitasari, I., & Arifin, S. (2022). Penerapan Model Project-based Learning ditinjau dari Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Pendidikan Agama Islam. 7.

Kartakusumah, B., Sya, M. F., & Maufur, M. (2022). Task and Feedback-Based on English learning to Enhance Student Character. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4684

Lestari, W., Supandi, A., Liberna, H., Ningsih, R., & Eva, L. M. (2022). PENERAPAN APLIKASI QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1462–1465. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7863

Mahendra, M. R. (n.d.). Youtube sebagai Media Pembelajaran.

Maulana, S., Sya, M. F., Mawardini, A., & Yunianika, I. T. (2023). YouTube Sebagai Media Pengembangan Kemahiran Bahasa Inggris: Eksperimen pada Siswa Sekolah Dasar di Indonesia. 24(2).

Mulatsih, B. (2020). APPLICATION OF GOOGLE CLASSROOM, GOOGLE FORM AND QUIZIZZ IN CHEMICAL LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1). https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.129

Nasution, A. K. P. (2020). INTEGRASI MEDIA SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN GENERASI Z. 13. https://doi.org/10.24036/tip.v13i1

Simanjuntak, S., Priono, V. V., Sembiring, M. M., & Handayani, D. (2023). Analisis Kesulitan Guru dalam Penerapan Aplikasi Youtube Pada Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. 9, 72–79. https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.45478

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. 21, 341–361.

Syifa, N., & Julia, J. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Inovasi Pembelajaran Berbasis Informasi Teknologi Sebagai Alat Bantu Pencapaian Pembelajaran. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 271. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1707

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.