Peran Orangtua Dalam Permasalahan Membaca Pada Anak Kelas 2

Main Article Content

Paulina Agustin
Rahayu Anggraeni
Siti Fauziah
Megan Asri Humaira

Abstract

Membaca selalu menjadi acuan keberhasilan belajar pada anak kelas rendah. Jika ada siswa yang belum bisa membaca, maka pasti akan ada beberapa factor yang mempengaruhinya. Pada kasus ini salah satu faktornya adalah dari peran Orangtua siswa tersebut. Dalam keberhasilan pembelajaran tidak bisa hanya mengandalkan Guru saja, tetapi harus ada Kerjasama antara Guru dan Orangtua. Hal ini demi kerhasilan siswa juga. Permasalahan pada artikel ini akan difokuskan pada peran Orangtua dalam permasalahan membaca siswa kelas 2 di SDN 02 CIAWI. Dalam artikel ini juga akan dijelaskan lebih lanjut tentang permasalahan yang dibahas. Tujuan artikel ini dibuat adalah agar menambah wawasan pembaca tentang pentingnya peran orangtua dalam keberhasilan belajar siswa. Diharapkan juga artikel ini menjadi acuan untuk para orangtua diluar sana supaya lebih peka terhadap dunia Pendidikan dan terhadap perkembangan anak. Keberhasilan belajar anak tidak serta merta harus dibebankan kepada Guru, orangtua juga harus ikut andil dalam proses pembelajaran. Seorang anak akan lebih termotivasi jika orangtuanya ikut terjun dalam mendidiknya. Maka oleh karena itu, dalam jurnal ini akan dibahas beberapa peran orangtua dalam proses pembelajaran terutama dalam keberhasilan membaca siswa. Pada proses penulisan artikel ini kami menggunakan metode penelitian wawancara Bersama wali kelas 2 SDN 02 CIAWI, Observasi ke sekolah SDN 02 CIAWI dan Dokumentasi Ketika melakukan observasi wawancara. Kemudian hasilnya kami dijadikan sebagai Jurnal Artikel.

Article Details

How to Cite
Agustin, P., Anggraeni, R. ., Fauziah, S., & Humaira, M. A. . (2024). Peran Orangtua Dalam Permasalahan Membaca Pada Anak Kelas 2 . Karimah Tauhid, 3(1), 682–689. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.8978
Section
Articles

References

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Diniaty, A. (2017). Dukungan Orangtua terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 3(1), 90–100. https://doi.org/10.15548/atj.v3i1.592

Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20. https://doi.org/10.22373/je.v1i1.315

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>