Peran Kepemimpinan Pendidikan
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana gambaran kondisi pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah dalam melaksanakan fungsinya untuk meningkatkan mutu sekolah, 2) Untuk mengetahui bagaimana prestasi sekolah dapat dicapai, 3) Untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah untuk menghadapi kendala dalam menjalankan tugasnya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dari informasi, tempat dan aktivitas kegiatan kepemimpinan kepala sekolah, serta dokumen. Teknik pengambilan data berupa wawancara mendalam, observasi langsung, angket dan mencatat dokumen. Uji validitas data dilakukan dengan menerapkan trianggulasi sumber, trianggulasi metode. Teknik analisis data berupa teknik analisis interaktif yaitu data reduction, data display, dan conclution drawing yang saling berinteraksi. Kepemimpinan pendidikan merupakan kemampuan untuk mempengaruhi, mengkoordinir, dan menggerakkan orang-orang lain yang ada hubungannya dengan pelaksanaan dan pengembangan pendidikan agar dapat dicapai tujuan pendidikan atau sekolah secara efektif dan efisien. Agar tujuan sekolah dapat dicapai secara efektif dan efisien dibutuhkan kepemimpinan kepala sekolah yang efektif. Ada tujuh karekateristik kepemimpinan kepala sekolah efektif: memiliki visi yang jelas, memiliki harapan tinggi terhadap prestasi ; memprogramkan dan memberikan umpan balik yang positif dan konstruktif , mendorong pemanfaatan waktu secara efisien, mendayagunakan berbagai sumber belajar, memantau kemajuan peserta didik baik secara individual maupun kelompok, melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkesinambungan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agustin, P., & Effane, A. (2022). Model Pengembangan Peningkatan Mutu Pendidikan dan Manajemen Pendidikan Mutu Berbasis Sekolah. KARIMAH TAUHID, 1(6), 903–907. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i6.7700
Anggraeni, R., & Effane, A. (2022). Peranan Guru dalam Manajemen Peserta Didik. KARIMAH TAUHID, 1(2), 234–239. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i2.7701
Damayanti, S. D., & Effane, A. (2023). Fungsi Kewirausahaan Dalam Pendidikan . KARIMAH TAUHID, 1(1), 90–98. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i1.7711
Farah Anisa, & Effane, A. (2023). TUJUAN MANAJEMEN SEKOLAH. KARIMAH TAUHID, 1(1), 80–83. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i1.7720
Kepemimpinan Pendidikan Hairunisa Jeflin Universitas Negeri Padang Indonesia E-mail : hairunisajeflin@yahoo.com Hade Afriansyah Universitas Negeri Padang Indonesia E-mail : hadeafriansyah@fip.unp.ac.id
Kepemimpinan Pendidikan Syukri Ramadhani Universitas Negeri Padang Indonesia E-mail : syukri.rmdh@gmail.com
Kepemimpinan pendidikan Tugas kepemimpinan pendidikan Siti fauziah Universitas djuanda, bogor, indonesia jl tol jagorawi no.1, kec. Ciawi, jawa barat Alamat email sf5039797@gmail.com
Sefhia Naila, & Effane, A. (2023). Desentralisasi Manajemen Pembiayaan Dan Konflik Dalam Mahalnya Biaya Pendidikan. KARIMAH TAUHID, 1(1), 84–89. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i1.7715
Siti Nurharirah, & Effane, A. (2023). Hambatan dan Solusi dalam Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. KARIMAH TAUHID, 1(2), 219–225. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i2.7709
Sutisna, N. W. ., & Effane, A. (2022). Fungsi Manajemen Sarana dan Prasarana. KARIMAH TAUHID, 1(2), 226–233. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i2.7719