Hambatan dan Solusi dalam Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan

Main Article Content

Siti Nurharirah
Anne Effane

Abstract

Dalam dunia pendidikan atau dunia sekolah tidak akan terlepas dari adanya sarana dan prasarana. Untuk menciptakan sekolah yang bersih, dan rapi serta pembelajaran yang efektif sehingga menciptakan kondisi yang menyenangkan bagi murid maupun guru dibutuhkan suatu manajemen sarana prasarana. Diketahui terdapat ruang lingkup dalam manajemen sarana dan prasarana pendidikan yaitu 1) perencanaan, 2) pengadaan, 3) pengaturan, 4) penggunaan, dan 5) penghapusan. Kelima ruang lingkup tersebut saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya, semua ruang lingkup tersebut harus dilaksanakan agar terjadi manajemen sarana prasarana yang baik. Namun, dalam melaksanakan manajemen sarana prasarana pendidikan tersebut pasti terjadi suatu permaalahan atau hambatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan apa saja yang terjadi dalam manajemen sarana prasarana pendidikan dan solusi untuk menatasinya. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif yaitu dengan tekhnik studi literatur atau studi pustaka. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa permasalahan umum yang terjadi dalam manajmen sarana prasaran pendidikan yaitu banyaknya sekolah dengan sarana prasarana pendidikan yang kurang memadai hal tersebut diketahui terjadi karena adanya hambatan-hambatan dalam manajemen sarana prasarananya yaitu : 1) kurangnya sumber daya manusia, 2) keterbatasan dana yang dimiliki sekolah 3) rendahnya kesadaran guru. Untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut peneliti memberikan solusi diantaranya 1) Penggerak pendidikan harus mempunyai niat untuk memenuhi sarana prasarana 2) membuat surat pemenuhan sarana prasarana 3) pendidik harus kreatif dalam mengajar.

Article Details

How to Cite
Siti Nurharirah, & Effane, A. (2023). Hambatan dan Solusi dalam Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. arimah auhid, 1(2), 219–225. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i2.7709
Section
Articles

References

Arikunto, S. (1993) Organisasi dan Administrasi PendidikanTeknologi dan Kejuruan,Jakarta: PT GrafindoPersada, Cet. II

Penerbitdeepublish.com (2014) https://penerbitdeepublish.com/studi-literatur/

Yanti, S. D. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah

Iskandar, I., Rohiat, R., & Djuwita, P. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Manajer Pendidikan, 11(6).

Bafadal, I. (2004) Manajemen Perlengkapan Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara

Barnawi & M. Arifin. 2012. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta : Ruzz Media

Meimuharani, M., Nazaruddin, N., & Anggraini, I. (2019). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di MAN 4 Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, 1(2).

Rahmatun, Rahmatun (2010) Keefektifan Manajemen Sarana Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Akademik di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul. S2 thesis, UNY.