Analisis Puisi “Puisi Untuk Ibu” Karya Muhammad Ichsan dengan Pendekatan struktural

Main Article Content

Leni Fuzi Astuti
Megan Asri Humaira

Abstract

Apresiasi sastra dapat diartikan sebagai kegiatan mengakrabi karya sastra secara sungguh sungguh sehingga terjadi proses pengenalan, pemahaman, penghayatan, penikmatan, dan penerapan. Karya sastra merupakan karya imajinatif pengarang yang menggambarkan kenyataan yang ada dalam kehidupan masyarakat. Salah satu bentuk karya sastra yaitu puisi, Puisi merupakan salah satu karya sastra berifat imajinatif. Puisi adalah karya sastra yang bahasanya terikat oleh rima dan merupakan gagasan serta perasaan seseorang mengenai suatu hal yang dituangkan kedalam kata-kata yang indah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur puisi yang terdapat dalam puisi “Puisi Untuk Ibu” karya Muhammad Ichsan dengan menggunakan pendekatan struktural. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yang mana metode deskriptif kualitatif ini merupakan penelitian dimana data-data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar-gambar,dan bukan angka. Pada penelitian ini sumber data yang peneliti gunakan yaitu buku antologi puisi karya Muhammad Ichsan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian adalah terdapat dua struktur pada puisi “Puisi Untuk Ibu” karya Muhammad Ichsan, yaitu struktur fisik dan struktur batin. Kedua struktur ini sangat berpengaruh terhadap kualitas puisi yang akan dibuat. Struktur fisik dan struktur batin memiliki keterkaitan satu sama lain.

Article Details

How to Cite
Astuti, L. F., & Humaira, M. A. (2022). Analisis Puisi “Puisi Untuk Ibu” Karya Muhammad Ichsan dengan Pendekatan struktural. Karimah Tauhid, 1(1), 48–57. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i1.7541
Section
Articles

References

Aminuddin. (1995). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Sinar Baru Algesindo.

Dkk, K. (2016). Sebuah Analisis Struktur Fisik dan Batin Puisi. E-Jurnal JPBSI. Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2).

Durachman, M., & Yulianeta. (2014). Hakikat Pembelajaran Sastra. Pengajaran Apresiasi Sastra, 1–45.

Harun Mohd dan Wahyuni Y, S. (2018). Analisis Struktur Fisik dan Struktur Batin Puisi Anak salam Majalah Potret Anak Cerdas. Jurnal Master Bahasa, 6(2).

Ichsan, M. (2019). Antologi Puisi: Berdamai dengan Badai. Sinar Baru Algesindo.

Moeleong, & J, L. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Wellek, R. dan A. W. (2014). Teori Kesusastraan. Gramedia.

Wuryani, W. (2013). Pesona Karya Sastra Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Budaya Indonesia. Jurnal Semantic, 2(2).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>