STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAGI ANAK DISGRAFIA

Main Article Content

Anisa Yulianasari
Megan Asri Humaira
Irwan Effendi

Abstract

Proses pembelajaran pada anak dengan kesulitan belajar disgrafia membutuhkan strategi pembelajaran yang tepat guna mengembangkan keterampilan menulis dan motivasi belajarnya. Keterampilan menulis ini penting dikuasai anak sekolah untuk  menyalin, mencatat dan mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tanpa menguasai keterampilan menulis maka anak akan terlambat atau tertinggal dalam perkembangan akademiknya, sehingga dapat menyebabkan anak memiliki motivasi belajar yang rendah. penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar bagi siswa disgrafia. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara kepada 6 narasumber penelitian. Data dianalisis menggunakan analisis tematik Braun & Clarke dan menghasilkan 3 tema penelitian yaitu faktor pendukung, hambatan-hambatan dan upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar bagi siswa disgrafia. Hasil temuan penelitian ini menyatakan bahwa faktor pendukung dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal, hambatan-hambatan dipengaruhi oleh kompetensi dan lingkungan, dan upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa disgrafia yaitu mencukupi kebutuhan belajar siswa serta mencukupi kebutuhan khusus siswa

Article Details

How to Cite
Yulianasari, A., Humaira, M. A., & Effendi, I. (2023). STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAGI ANAK DISGRAFIA. Karimah Tauhid, 2(5), 1661–1674. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.10047
Section
Articles

References

Bahari, S. (2022). Upaya Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Kepada Siswa Berkebutuhan Khusus (Tunanetra) Di Slb Negeri 2 Lombok Tengah. PGMI, 14, Retrieved Februari 5, 2023, from https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/5780/2218

Creswell, & W, J. (2018). Research Desain Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Divha, M. (2022). Guru: Sang Pejuang NKRI. (M. A. Lubis, & N. Azizan, Eds.) Samudra Biru. Retrieved Mei 2023, from https://www.google.co.id/books/edition/GURU_SANG_PEJUANG_NKRI/6_uGEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Hokianto, H. F. (2023). Studi Literatur Kompetensi Komunikasi di Bidang Manajemen. Communications, 5.

Lestari, E. T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. DEEPUBLISH. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Cara_Praktis_Meningkatkan_Motivasi_Siswa/5mL2DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&printsec=frontcover

Minsih. (2020). Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar: Merangkul Perbedaan Dalam Kebersamaan. (Rininta, Ed.) Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia: Muhammadiyah University Press. Retrieved Mei 2023, from https://www.google.co.id/books/edition/Pendidikan_Inklusif_Sekolah_Dasar_Merang/uHkhEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Muhammad, J. K. (2008). Special Edition For Special Children. (A. Fazrillah, Ed.) Jakarta: PT Mizan Publika. Retrieved Mei 2023, from https://www.google.co.id/books/edition/Special_Education_4_Spec_child/-tI52azj4tgC?hl=id&gbpv=0

Nuraeni. (2017). Psikologi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Purwokerto: UM purwokerto Press.

Safaruddin, Nurhastuti, & Zulmiyetri. (2020). Penulisan Karya Ilmiah. (L. Novita, & A. Tifiri, Eds.) Jakarta: Kencana. Retrieved Mei 2023, from https://www.google.co.id/books/edition/Penulisan_Karya_Ilmiah/v_32DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Santrock. (2012). Psikologi Pendidikan. The Elementary School, 100.

Sari, N., Kusmana, A., & Kuntarto, E. (2020). Strategi Menangani Kesulitan Menulis (Disgrafia) Melalui Pembelajaran Partisipatif Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2, 59-60. doi:10.19105/ghancaran.v2i1.3265

Simatupang, H. (2019). Strategi Belajar Mengajar Abad 21. Pustaka media guru.

Sitorus, R. M. (2020). Pengaruh Komunikasi Antar Pribadi Pimpinan Terhadap Motivasi Kerja. (I. Silviani, Ed.) Scopindo Media Pustaka.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV ALFABETA.

Suhartono. (2016, maret). Pembelajaran Menulis Untuk Anak Disgrafia Di Sekolah Dasar. Jurnal Transformatika, 12, 110-113.

Suyedi , S. S., & Idrus, Y. (2019, Maret). Hambatan-Hambatan Pembelajaran Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Dasar Desain Jurusan IKK FPP UNP. Georga Jurnal Seni rupa, 08.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. (n.d.). In Undang-undang No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Utama, F. N. (2020). Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD. Ilmu Pendidikan, 2, 6-7.

Wahab, A. A., Juntika, A., HInduan, A., (2009). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. In M. Ali, R. Ibrahim, N. S, Pendidikan Lintas Bidang. IMTIMA.

Wahab, A. A., Nurikhsan, A. J., Hinduan, A.,. (2009). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. In Ali, M. Ali, R. Ibrahim, N. S. Ilmu Pendidikan Teoritis (Vol. I). IMTIMA.

Wahidin. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. PANCAR, 3, 240-242.

Yuwono, I., & Mirnawati. (2021). Aksesibilitas Bagi Penyandang Tunanetra Di Lingkungan Lahan Basah. Yogyakarta: Deepublish. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Aksesibilitas_Bagi_Penyandang_Tunanetra/IIQ8EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>