Analisis Puisi “Bunga dan Tembok” Karya Wiji Thukul dengan Pendekatan Semiotik
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.7426Keywords:
Sastra, Puisi, Pendektan SemiotikAbstract
Apresiasi sastra merupakan kegiatan yang memberikan penilaian suatu karya sasta dengan membaca, dan memahami dengan mengakrabi sebuah karya yang melakukan tahap pengenalan, pemahaman, penghayatan, menikmati lalu diterapkan yang dimana para pembaca akan menghayati saat membaca sehingga merasakan arti dari karya sastra salah satunya adalah puisi. Puisi merupakan karya sastra berupa karangan bebas yang berisikan ungkapan kata-kata atau kalimat yang menghadirkan pemikiran imajinatif oleh para pembaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis makna dan mendeksripsikan hasil analisis puisi “Bunga dan Tembok” secara semiotik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Analisis isi (Content Analysis) dengan menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dikaji secara semiotik. Hasil penelitian analisis yang diperoleh adalah puisi “Bunga dan Tembok” ini banyak sekali ungkapan yang berhubungan dengan tanda. Puisi ini juga ungkapan perasaan dan kenyataan kejadian yang dirasakan penyair terhadap kehidupan pada masa orde baru sehinga puisi tersebut memiliki makna yang dalam.
References
Ahmadi, A. (2019). Metode Penelitian Sastra. Penerbit Graniti.
Apriliani, R., & Humaira, M. A. (2022). Analisis Kajian Semiotika dalam Puisi “Jalan Hidup” Karya Dan-Yal. KARIMAH TAUHID, 1(4), 516–521. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7909
Astuti, L. F., & Humaira, M. A. (2022). Analisis Puisi “Puisi Untuk Ibu” Karya Muhammad Ichsan dengan Pendekatan struktural. KARIMAH TAUHID, 1(1), 48–57. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i1.7541
Devannia Putri Rizky, Wikanengsih, V. N. (2021). Analisis Semiotik Dalam Puisi “Burung Hitam” Karya W.S Rendra. Jurnal Parole, 4(1), 31–38. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/5682
Fajriati, A. S., & Humaira, M. A. (2022). Analisis Puisi “Tak Kubiarkan Gerimis Datang Di Hatimu” Karya H. Muhammad Ichsan Menggunakan Pendekatan Semiotik. KARIMAH TAUHID, 1(4), 489–495. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7906
Fitri, A., & Humaira, M. A. (2022). Analisis Moral dan Psikologis pada Puisi “Ibu” Karya Kh.Mustofa Bisri. KARIMAH TAUHID, 1(4), 502–515. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7908
Maulidya, A. N., & Humaira, M. A. (2022). Analisis Puisi “Tentang Seseorang“ Karya Rako Prijanto dengan Pendekatan Semiotik. KARIMAH TAUHID, 1(4), 496–501. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7907
Muslimah, & Humaira, M. A. (2022). ANALISIS MAKNA PADA PUISI “KEPADA PEMINTA-MINTA” KARYA CHAIRIL ANWAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN SEMIOTIKA. KARIMAH TAUHID, 1(5). https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/7540
Nurmi. (2018). Peningkatan Kemampuan Apresiasi Cerpen Siswa Melalui Teknik Analisis Unsur-Unsur Intrinsik. Indonesian Journal of Educational Studies, 21(1), 57–63. https://doi.org/10.26858/ijes.v21i1.6694
Purbani, W. (2010). Metode Penelitian Sastra. 1–13. http://staffnew.uny.ac.id/upload/131874171/pengabdian/metode-penelitian-susastra.pdf
Rian Moh Sobirin, Teti Sobari, W. W. (2021). Analisis Makna Pada Puisi “Aku Ingin” Karya Sapardi Djoko Damono Menggunakan Pendekatan Semiotika. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 4(1), 87–92.
Sukoyati, M. ., & Humaira, M. A. (2022). Analisis Puisi Rumahku Surgaku Karya Muhammad Ichsan Dengan Pendekatan Struktural. KARIMAH TAUHID, 1(6). https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/7427
Selindawati, & Humaira, M. A. (2022). "Kau Bukan Sekedar Guru" Karya Muhammad Ichsan dengan Analisis Pendekatan Struktural. KARIMAH TAUHID, 1(2), 187–194. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i2.7539
Sriayuni, D., & Humaira, M. A. (2022). Analisis Puisi “Senja di Pelabuhan Kecil” Karya Chairil Anwar dengan Pendekatan Struktural. KARIMAH TAUHID, 1(4), 522–530. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7910
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Isnaini Nurhayati, Megan Asri Humaira

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.