Pencegahan Bullying Sesuai Nilai-Nilai Dimensi Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila di SDN Banjarsari 01 Bogor

Authors

  • Isnaini Nurhayati Universitas Djuanda
  • Daningsih Universitas Djuanda
  • Muhammad Rendi Ramdhani Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12815

Keywords:

Bullying, Profil Pelajar Pancasila, Sekolah Dasar

Abstract

Kasus bullying kerap terjadi di sekolah yang dimana merupakan sikap agresif antar peserta didik yang dampaknya dapat merugikan bagi korban bullying. Maka peran dari pemerintah dalam membangun karakter melalui Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) No.009/H/KR/2022 Tahun 2022 Tentang Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencegahan bullying sesuai nilai-nilai dimenesi, elemen, dan susbelemen profil pelajar pancasila di SDN Banjarsari 01 Bogor. Penelitian dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang datanya dari observasi, dokumentasi, dan wawancara terstruktur ke kepala sekolah, guru kelas VI-A dan peserta didik kelas VI-A. Data tersebut kemudian dilakukan analisis dengan teknik model Miles dan Huberman. Dari hasilnya penelitian dapat disimpulkan Nilai-nilai dimensi, elemen, dan subelemen profil pelajar pancasila untuk mencegah terjadinya bullying peserta didik kelas VI-A SDN Banjarsari 01 Bogor yang ditanamkan dan diterapkan yaitu a) Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, b) Keberagaman global, c) Bergotong royong, dan d) Bernalar kritis.

References

Achjar, K. A. H., Rusliyadi, M., Zaenurrosyid, A., Rumata, N. A., Nirwana, I., &, & Abadi, A. (2023). METODE PENELITIAN KUALITATIF: Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Alwi, S. (2021). Perilaku Bullying di Kalangan Santri Dayah Terpadu Kota Lhokseumawe. Cv. Pusdikra Mitra Jaya.

Antonius Eko Wahyudi a, Sunarni a, N. U. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Berorientasi Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 179–190.

Kemendikbudristek No.09. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, dan Sebelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek BSKAP RI (Nomor 021).

KPAI. (2023). Rakornas dan Ekspose KPAI 2023: Membangun Indonesia Bebas Kekerasan Terhadap Anak. Berita KPAI, Siaran Pers. https://www.kpai.go.id/publikasi/rakornas-dan-ekspose-kpai-2023-membangun-indonesia-bebas-kekerasan-terhadap-anak

Luthfiyah, M. F. &. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).

Ramdhani, M. R., Nursafinah, S., & Fikriawan, M. (2023). Karakter Pendidik dalam Pembelajaran Sebuah Analisis Tinjauan Persfektif Hadist. Indonesian Journal of Teaching and Learning, 2(4), 512–523. https://doi.org/https://doi.org/10.56855/intel.v2i4.474

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.

Sapitri, W. A. (2020). Cegah dan Stop Bullying Sejak Dini. Guepedia.

Soci, W. D. (2023). Kekerasan Terhadap Anak Meningkat Selama 2023. JawaPos.com. https://www.jawapos.com/nasional/013058347/kekerasan-terhadap-anak-meningkat-selama-2023-kpai-catat-2355-kasus-yang-terjadi-di-indonesia

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Walangara, F. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelajar Sumba Timur Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi di Jawa Timur. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 10(1), 165–175.

Yaldi, H. R., & Wirdati. (2023). Analisis Persepsi Guru Pai Tentang Tema Bangunlah Jiwa dan Raga Pada Projek Stop Bullying Dalam Pelaksanaan P5. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 1–8.

Downloads

Published

2024-04-04

How to Cite

Nurhayati, I. ., Daningsih, & Ramdhani, M. R. (2024). Pencegahan Bullying Sesuai Nilai-Nilai Dimensi Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila di SDN Banjarsari 01 Bogor. Karimah Tauhid, 3(4), 4284–4298. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12815
Abstract viewed = 37 times