Mutu Pembelajaran Selama Pandemi Covid 19

Authors

  • Dinda Mega Putri Oktavianti Universitas Djuanda
  • Rasmitadila Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i1.6181

Keywords:

Mutu Pembelajaran, Kepala Sekolah, Pandemi Covid-19

Abstract

Salah satu masalah mendasar yang menggerus dunia pendidikan selama pandemi Covid-19 adalah layanan pendidikan berkualitas yang tersedia untuk semua siswa. Layanan Pendidikan Berkualitasterkait dengan kepemilikan teknologi dan masalah kecakapan.Penggunaan aksesibilitas, konektivitas, dan fleksibilitas dalam teknologi digital sering terlihat di masa pandemi sebagai solusi pembelajaran bagi. Ketika datang untuk memahami realitas, pemahaman ini salah. Data yang diambil darikemudian dianalisis melalui tahap iterasi, deskripsi, dan interpretasi dari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketidakmampuan belajar disebabkan oleh kurangnya pemahaman akan esensi pembelajaran berbasis teknologi. Hal itu juga mempengaruhi sikap terhadap perubahan cara berpikir, berpikir dan cara pandang terhadap realitas pembelajarandi masa pandemi Covid-19. Terakhir, pembelajaran selama pandemi Covid-19 mencerminkan dua hal.Pertama, praktik pembelajaran harus relevan, futuristik, dan tepat waktu. Kedua, perubahan sosial budaya merupakan prasyarat terjadinya perubahan sistematis dalam proses pembelajaran agar pendidikan menjadi mapan, menjadi tradisi baru, efektif di masyarakat dan menjadi best practice. Pemahaman ini tidak hanya memungkinkan kita untuk memahami realitas pandemi secara lebih kontekstual, tetapi juga memungkinkan kita untuk mengembangkan upaya pemecahan masalah dengan cara yang lebih tepat sasaran. Keterbatasan layanan pembelajaran dan kurangnya pemahaman Penggunaan aplikasi/platform pembelajaran masih menjadi masalah yang mengganggu guru, siswa dan orang tua. ini akan mempengaruhi pengembangan rencana aksi untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi selama pandemi. Tulisan ini bertujuan untuk mengklarifikasi aspek lain dari pandemi Covid-19 yang dapat diartikan sebagai peluang dan tantangan. Metode yang digunakan penulis dalam karya ini adalah metode kualitatif, namun pendekatan yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Jenis pencariannya adalah pencarian literatur. Penulis mengumpulkan data perpustakaan yang relevan. Data yang dikumpulkan berupa jurnal nasional dan jurnal internasional yang meliput dampak pandemiterhadap pendidikan dan sistem pendidikan.

References

Alawamleh, M., Al-Twait, L. M., & Al-Saht, G. R. (2020). The effect of online learning on communication between instructors and students during Covid-19 pandemic. Asian Education and Development Studies. https://doi.org/10.1108/AEDS-06-2020-0131

Almarzooq, Z., Lopes, M., & Kochar, A. (2020). Virtual Learning During the COVID19 Pandemic: A Disruptive Technology in Graduate Medical Education. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.01

Philip Crosby1992, Quality is Free , New York: Mentor Books.

Philip. B. Crosby, 1987. Quality Is free; The art Of Making Quality Certain (New York: Mc Girl-Hill, 1879.

Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2016). Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timur.

Setiawan, Adib Rifqi. 2020. Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(1): 28-37. ISSN 2656-8063

Rasmitadila is a researcher and lecturer of Elementary School Teacher Education Department of Education Faculty in Djuanda University Indonesia. She has worked in some research project in the field of elementary teacher education, instructional system, curriculum and materials development. She is the Editor of the journals: Didaktika Tauhidi, Tadbir Muwahhid, as peer reviewers in The International Journal of Interdisciplinary Educational Studies, International Electronic Journal of Elementary Education.

Yurianto, Ahmad, Bambang Wibowo, K. P. Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian COVID 19. (Listiana Azizah, Adistikah Aqmarina, ed.), 2020.

Downloads

Published

2022-07-12

How to Cite

Oktavianti, D. M. P. ., & Rasmitadila. (2022). Mutu Pembelajaran Selama Pandemi Covid 19. KARIMAH TAUHID, 1(1), 58–65. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i1.6181
Abstract viewed = 16 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>