PEMBELAJARAN INKLUSIF: MEMBANGUN KESETARAAN DI DALAM KELAS PADA MASA PENCABUTAN PPKM

Main Article Content

Haya Khaerunisa
Rasmitadila

Abstract

Masalah-masalah ini tejadi karena kurangnya sumber daya guru yang telah melakukan pendidikan inklusif sehingga sulitnya kerjasama dengan guru yang belum memenuhi semua kriteria dalam melakukan pengajaran siswa berkebutuhan khusus. Permasalahan kurangnya guru pendamping merupakan permasalahan utama dari guru kelas akibat dari kurangnya guru pendamping, siswa inklusif  tidak dapat melakukan kegiatan belajar mengajar serta kurangnya kesabaran guru dalam mengajar siswa inklusif dikelas siswa reguler. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui lebih lanjut permasalahan yang dialami guru dalam penyelenggaraan sekolah inklusi beserta dengan hambatan-hambatan dalam mengoptimalkan potensi sekolah inklusi. Penelitian ini melibatkan 3 subjek guru kelas Sekolah Dasar Negeri Layungsari 1. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara . Dari hasil penelitian ini terdapat lima pendekatan pada siswa inklusif yaitu Kesetaraan dan penerimaan, perkembangan sosial dan emosional, perkembangan akademik, pendidikan yang berpusat pada siswa, persiapan kehidupan nyata. Penelitian ini memberikan dampak positif bagi peningkatan aspek akademik dan non akademik siswa ABK serta mengembangkan keterampilan guru GPK. Hasil penelitian ini mempromosikan akses belajar sebagai model strategi pembelajaran untuk menjadikan pengajaran inklusif lebih efektif dan produktif.

Article Details

How to Cite
Khaerunisa, H., & Rasmitadila. (2023). PEMBELAJARAN INKLUSIF: MEMBANGUN KESETARAAN DI DALAM KELAS PADA MASA PENCABUTAN PPKM . Karimah Tauhid, 2(5), 2234–2244. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.9641
Section
Articles

References

Mirna Sahrudin1, N. D. (2023). Pengelolaan Pendidikan Inklusif. Jambura Journal of Educational Management, 166-172.

Robiatul Munajah,Arita Marini, Mohamad Syarif Sumantri. (2021). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.

Yance z, Rumahuru, Johana. S. Talupun. (2021). Pendidikan Agama Inklusif Sebagai Fondasi Moderasi Beragama. Kurios (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen).

Rasmitadila, R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Aliyyah, R. R., Humaira, M. A., & Syaodih, E. (2020). The Effect Of Reading Methods On Increasing The Reading Ability Of Primary Students. International Journal of Psychosocial Rehabilitation.

Planning for Inclusive Elementary Schools: A Case Study in Indonesia INTERNATIONAL JOURNAL of SPECIAL EDUCATION.

Futeri Maharani Suradi1 , Teguh Prasetyo2 , Rasmitadila3.(2022). Pelayanan Belajar Bagi Anak ADHD Selama Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Inklusif. Buletin Ilmiah Pendidikan.

Rati Fadliyati (2015). Penggunaan Media S2DLS (Sony Digital Learning System) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada SMA Alfa Centauri Bandung.

Imami Nur Rachmawati. PENGUMPULAN DATA DALAM PENELITIAN KUALITATIF WAWANCARA. Lembar Metodologi.

Ahmad Wahidy. PERAN ORANG TUA DAN GURU MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA.

La Ode Anhusadar. PERKEMBANGAN OTAK ANAK USIA DINI.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>