Proses Pembelajaran Di SD Selama Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Zerlinda Veronica Amaliyah
Rasmitadila

Abstract

Pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 menjadikan semua guru melakukan pembelajaran jarak jauh atau dikenal dengan istilah Daring. Istilah model pembelajaran daring mulanya digunakan untuk menggambarkan sistem belajar yang memanfaatkan pengunaan teknologi internet berbasis komputer. Pada pembelajaran daring, siswa diharapkan bisa menguasai atau memahami materi walaupun guru memberikan materi tanpa adanya tatap muka secara langsung pada Murid dengan perkembangan teknologi. Menurut Isman Daring merupakan pemanfaatan penggunaan jaringan internet pada kegiatan pembelajaran, dimana dalam pembelajaran ini siswa mempunyai keleluasaan waktu belajar, dan bisa belajar kapanpun dan dimanapun. Banyak sekolah dengan sigap menanggapi instruksi tersebut, salah satunya SD Negeri Sukamahi 01 yang menerbitkan surat edaran tentang kewaspadaan dan pencegahan penyebaran infeksi Covid-19. di lingkungan SD Negeri Sukamahi 01 di dalam surat salah satunya berupa himbauan untuk mengubah pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh yang menyelenggarakan pembelajaran dari rumah untuk mencegah penyebaran Covid Sebagai usaha pencegahan penyebaran Covid-19, WHO merekomendasikan untuk menghentikan sementara kegiatan-kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa. Untuk itu pembelajaran konvensional yang mengumpulkan banyak siswa dalam satu ruangan perlu ditinjau ulang pelaksanaannya. Pembelajaran harus dilaksanakan dengan skenario yang mampu meminimalisir kontak fisik antara siswa dengan siswa lain, ataupun antara siswa dengan guru. penggunaan teknologi digital memungkinkan siswa dan guru berada di tempat yang berbeda selama proses pembelajaran.Salah satu bentuk pembelajaran alternatif yang dapat dilaksasnakan selama masa darurat Covid-19 adalah pembelajaran secara online. Beberapa pemerintah daerah memutuskan menerapkan kebijakan untuk meliburkan siswa dan mulai menerapkan metode belajar dengan sistem daring atau online. Kebijakan pemerintah ini mulai efektif diberlakukan di beberapa wilayah provinsi di Indonesia pada yang juga diikuti oleh wilayah-wilayah provinsi lainnya. Tetapi hal tersebut tidak berlaku bagi beberapa sekolah di tiap-tiap daerah. Sekolah-sekolah tersebut tidak siap dengan sistem pembelajaran daring, dimana membutuhkan media pembelajaran seperti handphone, laptop, atau komputer. Sistem pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun siswa berada di rumah.

Article Details

How to Cite
Amaliyah, Z. V., & Rasmitadila. (2022). Proses Pembelajaran Di SD Selama Masa Pandemi Covid-19. Karimah Tauhid, 1(1), 10–21. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i1.6192
Section
Articles
Author Biography

References

Novianti.,(2021). Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid 19 Sebagai Strategi Pembelajaran.

Acer.,(2021). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19 Menjadikan Semua Guru Melakukan Pembelajaran Jarak Jauh.

Boyolali.,Musuk.,Sruni.,Magersari.,(2021). Peran Orang Tua Dan Kendala Yang Dihadapi Dalam Pembelajaran Di Rumah ( Daring ) Saat Pandemi Covid 19.

Ananda.,R.,Fadhilaturrahmi.,Imam.,H.,(2021). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.

Aminullah.,Ikram.,Chandra.,F., Fitriani.,N.,Wasna., Misna., Elihami.,(2021). Proses Pembelajaran Selama Masa Pandami Covid 19.

Rokhani.,S.,T.,C.,(2020). Pengaruh Work From Home (WFH) Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Dengkek 01 Pati Selama Masa Pandemi Covid-19.

Andrianto.,M.,(2021). Masa Pandemi : Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Wibowo.,R.,D.,(2020). Problematika Guru SD Dalam Pembelajaran IPS Jarak Jauh Di Masa

Pandemi Covid-19

Bayu.,W.,G.,Wiweka.,E.,W.,I.,Wulandini.,W.,P.,N.,(2021). Efektivitas Metode Diskusi Pada Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Hasi belajar IPS Siswa

Prasetyo, T., Mujahidin, E., Rasmitadila, Yuani. K. A. (2021). Implementasi Metode Home Visit Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Pada Masa Pandemik Covid 19.