Problematika Penerapan Serta Perubahan Kurikulum SD Selama Pandemi Covid-19

Authors

  • Diva Iftidiani Universitas Djuanda
  • Rasmitadila

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i2.6447

Keywords:

problematika, pembelajaran daring, pandemi Covid-19, kurikulum

Abstract

Menyebarnya virus corona di seluruh negara termasuk negara kita, yakni negara Indonesia menuai berbagai dampak positif dan negatif. Salah satu dampak negatif yang tentunya terjadi diseluruh negara yaitu berimbas pada bidang pendidikan, dimana banyak sekolah yang ditutup sehingga pembelajaran pun dilakukan secara online atau dalam jaringan guna menghindari penyebaran virus corona tersebut. Disisi lain telah diketahui bahwa beberapa sekolah dasar di negara kita ini telah menggunakan kurikulum 2013 dengan pendekatan yang dimana siswa menjadi pusat dalam proses pembelajaran, namun dengan adanya pandemi Covid ini ada beberapa sekolah yang menggunakan kurikulum darurat untuk pelaksanaan pembelajarannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui permasalahan atau problematika serta bagaimana penerapan kurikulum selama pandemi Covid-19 di beberapa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan melakukan wawancara semi terstruktur terhadap beberapa narasumber. Adapun yang menjadi subjek atau narasumber adalah guru kelas 5 SDN Megamendung 03, kepala sekolah SDN Megamendung 03 serta salah satu guru kelas 4 di SDN Harjasari 01 Kota Bogor. Dari hasil penelitian yang dilakukan terbukti bahwa terdapat problematika pada penerapan kurikulum SD selama pandemi Covid-19. Adapun problematika atau permasalahan secara garis besar yang dialami oleh kedua sekolah tersebut ialah, pembelajaran yang tidak efektif, keterbatasan keahlian mengunakan teknologi, keterbatasan alokasi waktu pembelajaran serta materi yang disampaikan tidak bisa didapatkan siswa secara terperinci. Dari penjabaran tersebut dapat disimpulkan bahwa pandemi Covid-19 ini membuat banyak perubahan dalam bidang pendidikan terutama dalam proses belajar mengajar, hal ini membuat guru harus pintar memilah dan memilih strategi pembelajaran apa yang harus diterapkan agar siswa tidak merasa jenuh atau monoton selama belajar dirumah. Tak lepas dari itu orang tua pun tentunya memiliki peran penting dalam proses pembelajaran siswa di rumah selama pandemi Covid-19 ini yakni untuk mengawasi serta mendampingi proses pembelajaran secara daring.

Author Biography

Rasmitadila

References

Betty Kusumaningrum, Krida Singgih Kuncoro, Tri Astuti Arigiyati, & Trisniawati. (2020). Pendampingan Orangtua Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar: Inventa, 4(2), 142– 150. https://doi.org/10.36456/inventa.4.2.a2607

Fauzan, & Arifin, F. (2017). Hybrid Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran Fauzan , Fatkhul Hybrid Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran. Seminar Nasional Profesionalisme Guru Di Era Digital, November 2017, 244–252.

Habibah, R., Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1070

Mario, P. (2013). Kurikulum 2013 , Guru , Siswa , Afektif , Psikomotorik , Kognitif. E-Journal Universitas Negeri Medan, 6, 17–29.

Nana, D., & Elin, H. (2018). Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 288.

https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi/article/view/1359

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa.

STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16. Online, P., Mahasiswa, P., & Pandemi, S. (2020). 32-388-394. 388–394.

Prasetyo, T., Mujahidin, E., Rasmitadila, R., & Yuani, A. K. (2021). Implementasi Metode Home Visit untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Abdidas, 2(4), 894–902. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.388

Prof. R. Ibrahim, M. (2021). Beberapa Catatan Tentang Kurikulum dan Pembelajaran. 14. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=EAgiEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA55&dq=k urikulum+dan+pembelajaran&ots=CHIa8f_Drn&sig=fsriBBRzNZe_iPkPXsOsC_ySm-M

Putri, R. D. P., & Suyadi, S. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dalam Penerapan Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3912–3919.

Ramadhan, A. H., Fadillah, H., Khaliza, R., & Nasution, I. (2022). Penerapan Kurikulum Darurat sebagai Strategi Pendidikan dalam Kondisi Pandemic Covid-19. 6(1), 401–407.

Safitri, A., Putri, F. S., Fauziyyah, H., & Prihantini, P. (2021). Pendidikan di Masa Pandemi Covid-

dalam Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 5(6), 5296–5304. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1631

Downloads

Published

2022-08-13

How to Cite

Iftidiani, D. ., & Rasmitadila. (2022). Problematika Penerapan Serta Perubahan Kurikulum SD Selama Pandemi Covid-19. KARIMAH TAUHID, 1(2), 200–207. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i2.6447
Abstract viewed = 44 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>