Kompetensi Guru SD Selama Pandemi Covid-19

Authors

  • Nur Nisfi Sana Universitas Djuanda
  • Rasmitadila Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i2.6336

Keywords:

Kompetensi guru pada sekolah dasar, Peranan guru dalam proses pembelajaran, Kesulitan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19

Abstract

Dengan terjadinya virus corona atau sering di kenal sebagai Covid-19 pada awal tahun 2020. Semuanya mengalami perubahan dari masalah ekonomi, social, dan juga Pendidikan. Banyak upaya yang di lakukan untuk memutus penyebaran covid-19 dengan cara berdiam dirumah yang sering kita sebut dengan lockdown, dengan terjadinya lockdown yang melibatkan seorang pekerja dan juga dunia Pendidikan. Maka dilakukan bekerja dirumah atau sering di sebut dengan , sekolah pun melakukan pembelajaran jarak jauh atau sering di sebut dengan daring/PJJ. Sedangkan lembaga pendidikan yang menuntut pembelajaran dilakukan secara daring di rumah tidak mengatur secara tepat sistem dan teknis pembelajaran. Sehingga pembelajaran daring ini sifatnya premature, para guru tidak memiliki kesiapan penuh. Pada akhirnya pembelajaran tidak di nilai efektif jika beberapa sekolah tidak menggunakan aplikasi belajar yang di gunakan ketika pembelajaran daring, hambatan lain misalnya, tugas yang di berikan kepada siswa bisa tidak tepat waktu pada batas pengumpulannya karena kurangnya ketidaktahuan antara siswa dan guru. Padahal pembelajaran secara daring harusnya mendorong siswa menjadi kreatif dan mengasah wawasan dan banyak mendapatkan sumber pengetahuan. Di sisi lain banyak kendala yang terjadi saat pembelajaran daring ini seperti yang di sebutkan oleh Agustin et.al dalam artikelnya yakni terdapat beberapa kendala yang di alami oleh guru dalam masa pandemi, salah satunya kendala paling tinggi yaitu indikator materi pembelajaran dimana guru memiliki kendala ketika menentukan kegiatan\materi yang tepat. Dengan fakta tersebut tidak bisa di biarkan begitu saja karena materi pembelajaran merupakan komponen terpenting dalam proses pembelajaran terdapat 6 aspek perkembangan anak usia dini yang harus di stimulasi sehingga materi pembelajaran harus dapat memfasilitasi aspek perkembangan anak.

References

Sudrajat, J (2020),. Kompetensi Guru di Masa Pandemi Covid-19,. https://journals.usm.ac.id/index.php/jreb/article/view/2434/1689

Aliyyah, R,R, Encep M, Widyasari, Humaira, A, H, (2021),. Pendampingan Learning Management System: Solusi Pembelajaran Masa Darurat Corona Virus disease (Covid-19) https://ojs.unida.ac.id/QH/article/view/4766/2942

Prasetyo, T, Mujahidin, E, Rasmitadila, Yuani, K, A, (2021),. Implementasi Mode Home Visit untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD pada Masa Pandemik Covid-19 https://www.abdidas.org/index.php/abdidas/article/view/388/266

Linda, C, F, R, Ngazizah, N, (2021),. Kompetensi Guru Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/article/view/479/pdf

Winarsieh, I, Rizqiyah, P, I, (2020),. Peranan Guru Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 https://journal.publication-center.com/index.php/ijte/article/view/212/115

Mamluah, S, Maulidi, A, (2021),. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/800/pdf

Latifah, N, Supena, A, (2021),. Analisis Attention Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di masa Pandemi Covid-19 https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/887/pdf

Emilzoli, M, (2021),. Kesiapan Guru MI/SD Menerapkan Pembelajaran Dalam Jaringan Pada Masa Pendemi Covid-19 https://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia/article/view/32585/16825

Sobon, K, Korompis, E, M, (2021),. Peluang Peningkatan Kompetensi Guru di Masa Pandemi Virus Covid-19 https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/589/1081

Sukitman, T, (2020),. Peran Guru Pada Masa Pandemi Covid-19 http://research- report.umm.ac.id/index.php/psnpb/article/view/3655/3620

Syarifudin, M, (2020),. Menggali Kompetensi Guru di Masa Pandemi Covid-19 https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu-guruku/2020/11/16/menggali-kompetensi- guru-di-masa-pandemi-covid-19/

Downloads

Published

2022-08-13

How to Cite

Sana, N. N., & Rasmitadila. (2022). Kompetensi Guru SD Selama Pandemi Covid-19. KARIMAH TAUHID, 1(2), 167–175. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i2.6336
Abstract viewed = 12 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>