PENGARUH RENDAHNYA KUALITAS TENAGA PENDIDIK TERHADAP PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN

Main Article Content

Siti Sayidah Napisah
Rasmitadila

Abstract

Kurangnya tenaga pendidik dalam suatu sekolah dapat menyebabkan kurangnya mutu pembelajaran yang terdapat dalam sekolah tersebut. Mutu pembelajaran sendiri merupakan suatu panduan yang menjadi pegangan oleh guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Dimana, mutu pembelajaran ini dapat diperoleh dengan adanya penyediaan pelayanan yang baik dan memuaskan terhadap peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi bagaimana pengaruh dari kualitas tenaga pendidik terhadap peningkatan mutu pembelajaran. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa wawancara semi-terstruktur, observasi dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa kualitas tenaga pendidik (guru) sangat mempengaruhi suatu mutu pembelajaran. Penelitian ini memberikan dampak yang positif guna meningkatkan mutu pembelajaran melalui kualitas tenaga pendidik. 

Article Details

How to Cite
Napisah, S. S., & Rasmitadila. (2023). PENGARUH RENDAHNYA KUALITAS TENAGA PENDIDIK TERHADAP PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN. Karimah Tauhid, 2(5), 2154–2163. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.9621
Section
Articles

References

Anwar, K., Hendrik, M., Waruwu, Y., & Dewi, C. (2022). Pengaruh Sarana Prasarana Pendidikan Dan Kompetensi Guru Terhadap Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Agama Sosisal Dan Budaya, 5(3), 2599–2473.

Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan Solusi untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru : Sebuah Kajian Pustaka. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 123–132.

Leonard, L. (2016). Kompetensi Tenaga Pendidik di Indonesia: Analisis Dampak Rendahnya Kualitas SDM Guru dan Solusi Perbaikannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 192–201. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.643

Mulyani, A., Adminisistrasi, J., Vol, P., & No, X. I. V. (2012). Mutu Pembelajaran Pada Smk Sekabupaten Purwakarta. Administrasi Pendidikan, 14(1), 86–92.

Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). Pengaruh Mutu Pembelajaran Online Dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(2), 188–197.

Prasetyo, T., Mujahidin, E., Rasmitadila, R., & Yuani, A. K. (2021). Implementasi Metode Home Visit untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Abdidas, 2(4), 894–902. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.388

Suhandani, D., & Kartawinata, J. (2014). Identifikasi Kompetensi Guru Sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik Di Kabupaten Sumedang (Kajian Pada Kompetensi Pedagogik). Mimbar Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i2.874

Supriadi, D. (2017). Implementasi Manajemen Inovasi dan Kreatifitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 1(2), 125–132.

Sya, M. F. (2022). Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode English Is Fun di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1, 352–356.

V.A.R.Barao, R.C.Coata, J.A.Shibli, M.Bertolini, & J.G.S.Souza. (2022). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Braz Dent J., 33(1), 1–12.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>