Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Evaluasi yang Efektif: Tinjauan Terhadap Praktik dan Metode Evaluasi

Main Article Content

Nabillah Mujahadah Iskandar
Rasmitadila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Evaluasi pembelajaran merupakan proses penting yang digunakan untuk mengukur tingkat pencapaian peserta didik dan efektivitas program pembelajaran. Dalam penelitian ini, saya menganalisis praktik dan metode evaluasi yang digunakan dalam konteks pendidikan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran yang dilakukan secara terencana, terarah, dan sesuai dengan standar mutu dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Namun, masih terdapat tantangan dalam implementasi evaluasi pembelajaran, seperti kurangnya pemahaman dan keterampilan guru dalam merancang dan melaksanakan evaluasi yang efektif. Oleh karena itu, diperlukan upaya yang lebih besar dalam melatih dan mengembangkan kemampuan guru dalam hal evaluasi pembelajaran. Kesimpulannya, evaluasi pembelajaran memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan perlu mendapatkan perhatian yang serius dalam konteks pendidikan.

Article Details

How to Cite
Iskandar, N. M. ., & Rasmitadila. (2024). Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Evaluasi yang Efektif: Tinjauan Terhadap Praktik dan Metode Evaluasi. Karimah Tauhid, 3(2), 2270–2287. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11945
Section
Articles

References

Azzahra, S., & Sya, M. F. (2023). Strategi Pembelajaran Inovatif dan Kreatif di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid: Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Humaniora, 2(1), 329–338.

Ardiansyah. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika [Skripsi, Universitas Negeri Jakarta]. http://repository.unj.ac.id/18878/

Famaney, H.S., & Wardani, N.S. (2021). Evaluasi Pembelajaran Tematik Terpadu Daring Siswa Kelas V SD. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(2), 455-464. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1316

Firdiansyah, Y., & Pamungkas, H. P. (2021). Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Kahoot Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Kuliah Teori Ekonomi Moneter. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 4(1), 1-7.

Listiana, A., Rachmawati, Y., Adriana, N. P., & Tritita, T. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring di TK Dari Perspektif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2711-2717. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1969

Maziyatul Ulya (2021). Penggunaan Educandy dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 10 No. 1 Januari 2021.

Prasetyo, T., & Fitri, A. M. (2018). Pengaruh Pendekatan Ilmiah Memadukan Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Rasa Ingin Tahu Siswa. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 15-28.

Rahman, I.H., & Priatna, N. (2021). Website jeruq.com sebagai alat evaluasi pembelajaran matematika pada masa pandemi Covid-19. Analisa: Jurnal Studi Keislaman, 7(1), 23-32.

Rahmayanti, D., Rasmitadila, R., & Prasetyo, T. (2017). Penggunaan Metode Kerja Kelompok Dalam Interaksi Sosial Bagi Siswa Autisme. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 101-114.

Rojali, W.I., Ngadiman, D., Budi, D.R., Nurcahyo, P.J., & Febriani, A.R. (2021). Evaluasi Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA Pada Era Pandemi Covid-19. Menssana: Jurnal Ilmiah Kesehatan, 6(1), 24-31. https://doi.org/10.24036/MensSana.06012021.24

Sari, R. P., & Kurniawan, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Cikarang Selatan. Jurnal Basicedu, 4(4), 1985-1997.

Sawaluddin. (2021). Evaluasi Pembelajaran Terintegrasi. Journal of Islamic Education El Madani, 1(1), 43-44.

Sodikin Septi Gumiandari. “Analisis SWOT Mutu Evaluasi Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan Islam Madrasah Tsanawiyah (2019). https://doi.org/10.15575/jpit.v4i2.4223

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>