Penerapan Kurikulum 2013 Pada Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Sri Rahayu Kusmiati
Rasmitadila

Abstract

Penerapan kurikulum 2013 sangat sulit selama masa pandemi covid-19 ini, selain sulit untuk belajar dari jarak jauh, tidak semua siswa dapat mengikutinya karena masalah waktu, lokasi, dan biaya bagi orang tua. Hal ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan siswa di sekolah. Guru tidak dapat melihat perkembangan siswa secara maksimal, sehingga siswa tidak dapat mencapai tujuan kurikulum nasional. Pelaksanaan program pembelajaran jarak jauh oleh guru dan orang tua berdampak pada pencapaian tujuan program Pendidikan 2013 dan terhadap hasil belajar siswa. Dalam menyampaikan pembelajaran daring guru harus lebih kreatif membuat metode pembelajaran semanarik mungkin dan menyenangkan cara guru mengajar juga harus sesuai dengan pelajaran agar siswa tidak merasa bosan dalam mengikuti pelajaran daring selama pandemi dan dapat dengan mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru dan orang tua harus membimbing siswa selama belajar di rumah. Peran orang tua dan guru sangat penting dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi ini. Kualitas Pendidikan di masa pandemi covid-19, Pendidikan Indonesia harus menempuh jalan yang dapat memperbaiki keadaan lingkungan Pendidikan. Proses belajar selama masa pandemic covid-19 dengan kebijakan pembelajaran daring menunjukkan banyak hambatan dalam melakukan. Berdasarkan kurangnya peralatan dan infrastruktur, keterbatasan kemampuan komputer guru dan siswa, kesulitan dalam mengakses internet, penyediaan anggaran pelaksana yang belum siap, orang tua yang sibuk dan tidak bisa mengajar anak dirumah, komunikasi yang buruk antara guru dan siswa, kurangnya proses penilaian maksimal, kurangnya pengawasan guru terhadap pembelajaran siswa, dan akhirnya berdampak pada menurunnya motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif, yakni dengan cara melakukan wawancara terhadap narasumber yang dituju. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaiman penerapan kurikulum 2013 pada masa pandemi covid-19 apakah memiliki perubahan dengan kurikulum 2013 sebelum masa pandemi covid-19. 

Article Details

How to Cite
Kusmiati, S. R., & Rasmitadila. (2022). Penerapan Kurikulum 2013 Pada Masa Pandemi Covid-19. Karimah Tauhid, 1(3), 298–302. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i3.6452
Section
Articles
Author Biography

References

Safitri, A., Putri, F. S., Fauziyyah, H., & Prihantini, P. (2021). Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 dalam Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 5(6), 5296-5304.

Yasir, S. Y., Hamidah, H., & Anggia, P. D. (2021). Penerapan Kurikulum 2013 Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP IT Ad-Durrah Medan. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 3(1), 14-28.

Amiruddin, A., Rubianti, I., Azmin, N., Nasir, M., & Sandi, A. (2021). Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Masa Pandemik Covid-19 di SMAN 3 Kota Bima. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4).

Rohmah, A. (2020). Pandemi covid-19 dan dampaknya terhadap perilaku konsumen di indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1373-1378.

Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191-1197.

Safitri, A. O., Handayani, P. A., Sakinah, R. N., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 116-128.

Zahrawati, F., & Indah, I. (2021). Penerapan Pembelajaran Daring dengan Kurikulum 2013 pada Masa Pandemik COVID-19 di SMA Negeri 1 Nunukan. Jurnal Ilmiah Iqra', 15(1), 48-58.

Prasetyo, T., Mujahidin, E., Rasmitadila, R., & Yuani, A. K. (2021). Implementasi Metode Home Visit untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Abdidas, 2(4), 894-902.

Mustikaningrum, G., Pramusinta, L., Buamona, S. A. M. U., Cahyadi, E., & Istiqomah, W. (2020). Implementasi pendidikan karakter terintegrasi kurikulum dan metode pembelajaran pada masa pandemi covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 154-164.

Zahrawati, F., & Ramadani, A. N. (2021). Problematika implementasi kurikulum 2013 terhadap proses pembelajaran pada masa pandemik COVID-19. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 4(1), 75-88.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>