DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP EVALUASI PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR

Authors

  • Zahrina Zahirah Ramlan Universitas Djuanda
  • Rasmitadila Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i1.6187

Keywords:

Evaluasi pembelajaran, dampak covid-19, sekolah dasar

Abstract

Pandemi covid-19 merupakan peristiwa yang membuat seluruh aspek rutinitas di non-aktifkan selama wabah masih merajalela. Covid-19 berimbas pada bidang pendidikan, yang dimana sumber kebutuhan ilmu pengetahuan bagi setiap individu. Dari mulai lembaga pendidikan usia dini, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, hingga perguruan tinggi divakumkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara spesifik bagaimana proses yang dihadapi ketika pembelajaran daring di sekolah dasar, dan seperti apa pengaruh atau dampak pada evaluasi pembelajaran pada siswa. Penelitian dilaksanakan melalui observasi ke lapangan yaitu sekolah dasar dan melakukan wawancara yang bersifat terstruktur kepada guru-guru yang terlibat. Hasil penelitian menemukan fakta upaya-upaya guru dalam menghadapi pembelajaran daring dengan berbagai kendala serta metode evaluasi yang di inovasikan agar hasil pencapaian pembelajaran tetap bermutu. Penelitian ini membuahkan hasil yang cukup optimal yaitu mengetahui situasi evaluasi pembelajaran secara mendalam pada siswa SD dan menjadikan dampak positif maupun negatif pada pembelajaran daring merupakan suatu hikmah, pelajaran, dan pengalaman dari pandemi covid-19.

References

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. LAMPUHYANG, 11(2), 13–25.

Dr Rina Febriana M.Pd. (2021). Evaluasi Pembelajaran. Bumi Aksara.

Gunawan, I. (n.d.). METODE PENELITIAN KUALITATIF. 28.

Hidayah, A. A. F., Adawiyah, R. A., & Mahanani, P. A. R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. JURNAL SOSIAL Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(2), 53–56.

Khasanah, I., Aprilina, T., & Risqiyan, M. U. (2022). SEKOLAH DI MASA PANDEMI. Penerbit NEM.

Komalasari, R. (2020). MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI MASA PANDEMI COVID 19. TEMATIK, 7, 38–50.

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). ANALISIS EFEKTIVITAS PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH (BDR) SELAMA PANDEMI COVID-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246–253.

Kusumaningrum, B., Kuncoro, K. S., Arigiyati, T. A., & Trisniawati. (2020). Pendampingan Orangtua Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar: : Evaluasi Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 142–150.

Limbong, M., Ali, S., Rabbani, R., & Syafitri, E. (2020). POLA INTERAKSI GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGENDALIKAN EMOSIONAL SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI MTS ISLAMIYAH MEDAN. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 44–55.

Magdalena, I., Septiani, A. N., Anisa, T. N., Sabil, F., & Pitaloka, N. R. (2022). Pengaruh Pandemi Covid-19 terhadap Evaluasi Pembelajaran Online Menggunakan Kurikulum 2013 pada SDN Pegadunga 03 Pagi. ARZUSIN, 2(1), 1–9.

Muh Fitrah, & Ruslan, R. (2021). Eksplorasi Sistem Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Di Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 di Bima. Jurnal Basicedu, 5(1), 178–187.

Prof DR., H. D., & DR., P. M. (n.d.). Pengukuran Dlm Bid Pendidikan. Grasindo.

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40.

Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif [Teaching Resources].

Rasmitadila, R., Widyasari, W., Humaira, M., Tambunan, A., Rachmadtullah, R., & Samsudin, A. (2020). Using Blended Learning Approach (BLA) in Inclusive Education Course: A Study Investigating Teacher Students’ Perception. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(2), 72–85.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173.

SE Mendikbud: Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk Mencegah Penyebaran Covid-19. (2020, March 17). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2), Article 2.

Sulistyawati, T. E. (2020). Perspektif Aksiologi Terhadap Penurunan Minat Belajar Anak di Masa Pandemi. Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 33–43.

Utami, E. W. (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 471–479.

Wardani, S. I., Mulyono, H., & Adi, F. P. (2021). Analisis dampak kompetensi guru pada implementasi pendidikan karakter siswa kelas rendah selama pembelajaran daring di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(5), Article 5.

Downloads

Published

2022-07-12

How to Cite

Ramlan, Z. Z., & Rasmitadila. (2022). DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP EVALUASI PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR. KARIMAH TAUHID, 1(1), 66–79. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i1.6187
Abstract viewed = 51 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>