Analisis Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Kemampuan Menulis dan Membaca Menggunakan Buku Bergambar dan Teks di Sekolah Dasar ( Language Learning Journal )

Authors

  • Sephia Nurafiani Universitas Djuanda
  • Diva Iftidiani Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i4.9377

Keywords:

Membaca, Buku Bergambar, Menulis, Norwegia, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali dampak dari membaca buku bergambar asli/buku bergambar secara intensif terhadap kemampuan menulis siswa di kelas EFL (Bahasa Inggris sebagai bahasa asing) Norwegia, yang berusia 11 tahun. Selain itu, penelitian ini juga memperhatikan keberadaan yang pentingnya gambar/gambaran untuk siswa dan jenis hubungan gambar-teks seperti apa yang disukai oleh mereka. Studi kasus dibuat dengan tujuan memberikan kebebasan kepada para pembelajar untuk memilih buku yang akan mereka baca, dari daftar yang telah disiapkan. Peserta didik harus berusaha membaca buku sebanyak mungkin dari koleksi 70 buku dengan ilustrasi pilihan, tidak boleh kurang dari tiga buku, dalam waktu empat minggu. Metode dan prosedur yang digunakan untuk penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan buku catatan, daftar pertanyaan, wawancara personal, serta tulisan peserta didik sebelum dan setelah proyek membaca. Penelitian ini menyatakan bahwa proyek tersebut dapat meningkatkan semangat siswa dalam membaca dan berkontribusi pada peningkatan keterampilan menulis mereka. Hal ini mengundang keraguan tentang kebiasaan yang sangat tergantung pada buku panduan saat ini, namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut sebagai pembenaran atas hasil temuan tersebut.

References

Birketveita, A., & Rimmereidea, H. E. (2015). Jurnal Pembelajaran Bahasa Menggunakan buku bergambar asli dan buku bergambar untuk meningkatkan kemampuan menulis L2 di antara anak usia 11 tahun. 37–41.

Chasanah, F. U., Ibrahim, M., Hidayat, M. T., & Rahayu, D. W. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Media Buku Cerita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3644–3650. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1397

Ilma, N. (2015). Modal Utama Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 82–87.

Iswari, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berupa Flashcard Bergambar pada Tingkat Sekolah Dasar. Deiksis, 9(02), 119. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1375

Kartakusumah, B., Sya, M. F., & Maufur, M. (2022). Task and Feedback-Based on English learning to Enhance Student Character. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4684

Maili, S. N., & Hestiningsih, W. (2017). Masalah-Masalah Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 11(1), 54–62. https://doi.org/10.26877/mpp.v11i1.2607

Panggabean, H. (2015). Problematic approach to English learning and teaching: A case in Indonesia. English Language Teaching, 8(3), 35–45. https://doi.org/10.5539/elt.v8n3p35

Salsabila, A. (2022). Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Media Buku Bergambar Pada Anak Desa Sitimerto. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 49–56. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.564

Setiawan1, D., Hartati2, T., & Wahyu Sopandi3. (2019). Kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas 5 sekolah dasar melalui model read, answer,disscuss,explain,and create. 44(12), 2–8.

Sya, M. F. (2015). REVIEW THE IMPROVEMENT OF NARRATIVE ESSAY WRITING ABILITY THROUGH PEER REVIEW MATERI DAN METODE Metode Penelitian. 2(2), 96–107.

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Umar Sidiq, M.Ag Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Downloads

Published

2023-07-17

How to Cite

Nurafiani, S. ., & Iftidiani, D. . (2023). Analisis Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Kemampuan Menulis dan Membaca Menggunakan Buku Bergambar dan Teks di Sekolah Dasar ( Language Learning Journal ). Karimah Tauhid, 2(4), 785–793. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i4.9377
Abstract viewed = 59 times