Praktik dan Tantangan dalam Menilai Tugas Menulis Siswa SD Kelas Rendah di Kroasia dan Indonesia pada Pembelajaran Bahasa Asing (EFL)

Main Article Content

Diva Iftidiani
Sephia Nurafiani

Abstract

Menulis dalam bahasa asing adalah keterampilan yang sangat sulit untuk dikembangkan, terutama ketika siswa tidak memiliki landasan yang kuat di L1 dan L2 dalam belajar menulis bahasa asing. Masalah ini menjadi lebih kompleks ketika guru bahasa Inggris tidak memiliki keterampilan yang memadai dalam mengajar bahasa Inggris, tentunya hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji praktik dan tantangan dalam menilai tugas menulis siswa SD kelas rendah di Kroasia pada pembelajaran bahasa asing (EFL). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dimana peneliti melakukan studi literatur dan wawancara sebagai cara untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru tidak selalu menggunakan tugas menulis yang sesuai untuk penilaian sumatif, guru pun membutuhkan banyak dukungan dan pelatihan dalam membuat tugas menulis bahasa asing.

Article Details

How to Cite
Iftidiani, D. ., & Nurafiani, S. . (2023). Praktik dan Tantangan dalam Menilai Tugas Menulis Siswa SD Kelas Rendah di Kroasia dan Indonesia pada Pembelajaran Bahasa Asing (EFL). Karimah Tauhid, 2(6), 2496–2507. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.9379
Section
Articles

References

Alvita, A., & Airlanda, G. S. (2021). Pengembangan Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan pada Siswa Kelas I Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5712–5721. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1686

Kartakusumah, S. M. (2022). Task and Feedback - Based On English Learning To Enhance Student Character (Vol. 9). Indonesia: DIDAKTIKA TAUHIDI.

Harlina, H., & Yusuf, F. N. (2020). Tantangan Belajar Bahasa Inggris di Sekolah Pedesaan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(3), 325–334. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i3.28191

Maduwu, B., & Pd, S. (2016). PENTINGNYA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH.

Maili, S. N. (2018). BAHASA INGGRIS PADA SEKOLAH DASAR: MENGAPA PERLU DAN MENGAPA DIPERSOALKAN. 6.

Marifah, A. (2014). SCAFFOLDING PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPTIF BAHASA INGGRIS DI KELAS V SEKOLAH DASAR.

Patekar, J. (2021). A look into the practices and challenges of assessing young EFL learners’ writing in Croatia. Language Testing, 38(3), 456–479. https://doi.org/10.1177/0265532221990657

Sutarmi, Suharsono & Warpala, 2013. (t.t.).

Sutarsyah, C. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Muatan Lokal pada Sekolah Dasar di Propinsi Lampung. 18(1).

Sya, M. F. (2017). THE IMPROVEMENT OF NARRATIVE ESSAY WRITING ABILITY THROUGH PEER REVIEW. DIDAKTIKA TAUHIDI: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 2(2), 96. https://doi.org/10.30997/dt.v2i2.307

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348