Meninjau Keterampilan Siswa Sekolah Dasar Dalam Berbicara Di Depan Kelas

Authors

  • Salma Nur Assyifa univer
  • Diva Iftidiani Universitas Djuanda
  • Sephia Nurafiani Universitas Djuanda
  • Megan Asri Humaira Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.9161

Keywords:

Berbicara, Siswa, Sekolah Dasar, Keterampilan

Abstract

Berbicara adalah suatu Kegiatan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Berbicara adalah cara manusia untuk menyampaikan gagasan terkait apa yang dia pikirkan. Keterampilan berbicara adalah menghasilkan suatu sistem bunyi artikulasi yang di pergunakan untuk menyampaikan perasaan ataupun keinginan yang sesuai dengan apa yang sedang di rasakan. Data observasi ini di dapatkan dengan cara melakukan observasi kepada 16 siswa sekolah dasar kelas 4 di Sd Harjasari 01 Kota Bogor,Dimana penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Siswa di berikan kebebasan untuk berbicara di depan kelas dengan cara menceritakan pengalaman siswa tersebut. Hasil Penelitian ini mengemukakan bahwa siswa siswi SDN Harjasari 01 memiliki kemampuan yang cukup baik dalam berbicara di depan kelas. Maka dengan hal itu tentunya setiap siswa memiliki kelebihan dan kekurangannya dalam berbicara di depan kelas

References

Afifah, I., & Sopiany, H. M. (2017). keterampilan berbicara. 経済志林, 87(1,2), 149–200.

Hidayati, N. A., & Darmuki, A. (2021). Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 252–259. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.959

Iryanto, N. D. (2021). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840.

Lau, N. S. A., Setiawan, D. A., & Werdiningtiyas, R. K. (2019). Literasi verbal siswa pada keterampilan berbicara pada siswa kelas III di SDN Kebonsari 4 Malang [Students’ verbal literacy on speaking skills in third grade students at SDN Kebonsari 4 Malang]. Seminar Nasioanal PGSD UNIKAMA, 3(November), 197–210. https://bit.ly/3WRWPw4

Nurlaelah, N., & Sakkir, G. (2020). Model Pembelajaran Respons Verbal dalam Kemampuan Berbicara. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 113–122. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.230

Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Pujaastawa, I. B. G. (2016). Teknik wawancara dan observasi untuk pengumpulan bahan informasi. Universitas Udayana, 4. https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/8fe233c13f4addf4cee15c68d038aeb7.pdf

Downloads

Published

2024-01-15

How to Cite

Assyifa, S. N., Iftidiani, D., Nurafiani, S., & Humaira, M. A. . (2024). Meninjau Keterampilan Siswa Sekolah Dasar Dalam Berbicara Di Depan Kelas . Karimah Tauhid, 3(1), 709–717. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.9161
Abstract viewed = 6 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>