Pendekatan Sistematis dalam Pengembangan Perencanaan Pembelajaran

Main Article Content

Allya Esa Putri

Abstract

Pengembangan rencana pembelajaran yang berkualitas membutuhkan pendekatan yang sistematis dan terstruktur. Pendekatan sistematis ini mengidentifikasi kebutuhan, memilih masalah, mengidentifikasi persyaratan untuk memecahkan masalah, mengembangkan solusi alternatif, menghasilkan hasil dan memodifikasi beberapa atau semua persyaratan sistemik yang membatasi pemenuhan kebutuhan dengan meningkatkan kualitas pendidikan. Studi ini meneliti bagaimana penggunaan metode sistematis dapat menjadi dasar yang kuat untuk menyediakan pendidikan berkualitas dengan memenuhi kebutuhan siswa. Pendekatan sistematis juga merupakan dasar yang efektif untuk membangun pendidikan yang berkualitas. Aspek penting lainnya yang disoroti termasuk penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran dan perencanaan untuk keragaman dan inklusi peserta didik. Dengan mengikuti pendekatan sistematis ini, para pendidik dikatakan dapat memastikan koherensi dan integrasi antara berbagai elemen perencanaan untuk mendukung mencapai target pendidikan. Target dari studi ini ialah untuk menemukan cara-cara di mana metode sistem dapat membangun pendidikan yang berkualitas dengan menggunakan sinkronisasi, manajemen sumber daya, dan keterlibatan pemangku kepentingan untuk hasil pendidikan yang lebih baik lagi kedepannya.

Article Details

How to Cite
Putri, A. E. . (2024). Pendekatan Sistematis dalam Pengembangan Perencanaan Pembelajaran. Karimah Tauhid, 3(5), 5967–5975. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13284
Section
Articles

References

Dolong, J. (2016). Sudut Pandang Perencanaan Dalam Pengembangan Pembelajaran. Sudut Pandang Perencanaan Dalam Pengembangan Pembelajaran, V(1), 65–75.

Eka Saptaning Pratiwi, & Ahmad Farid Utsman. (2022). Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 232–240. https://doi.org/10.32665/abata.v2i2.881

Nur Nasution, W. (2017). Perencanaan Pembelajaran Pengertian, Tujuan Dan Prosedur. Ittihad, I, 185–195.

Putrianingsih, S., Muchasan, A., & Syarif, M. (2021). Peran Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kualitas Pengajaran. Inovatif, 7(1), 206–231.

Rafsanjani, A., Amelia, A., Maulidayani, M., Anggraini, A., & Tanjung, L. A. (2024). Pendekatan Sistem dalam Meningkatkan Pendidikan untuk Membangun Mutu Kualitas Pendidikan di SMP Swasta Pahlawan Nasional. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia , 2(1), 168–181.

Rokhmawati, Mahmawati, D., & Yuswandari, K. D. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Meningkatkan Mutu Pendidik). Joedu: Journal of Basic Education, 02(01), 4. https://ejournal.stitmiftahulmidad.ac.id/index.php/joedu

Sabrina, N., & Sya, M. F. (2024). Konsep Perencanaan Pembelajaran dan Model Pengembangan Perangkat Desain Pembelajaran. 3, 5203–5211.

Safran, S., Balqis, A., Sitorus, P. A., Wibowo, S. P., & Bahri, N. H. (2024). Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kualitas Mengajar Guru. GURUKU: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(1), 141–148.

Suprihatin, S. (2017). Pendekatan Humanistik Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 3(1), 82. https://doi.org/10.24014/potensia.v3i1.3477