Inovasi Limbah Kulit Jeruk Menjadi Traveling Hand Soap

Main Article Content

Isnaini Nurhayati
Selindawati

Abstract

Penelitian terkait pemanfataan limbah kulit jeruk menjadi produk inovasi baru yaitu hand soap sebagai traveling praktis ini dilakukan karena terdapat suatu permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar mengenai limbah organik yang tidak dimanfaatkan terkhusus pada limbah kulit buah jeruk, sehingga pada penelitian ini akan memberikan solusi terkait permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat potensi serta manfaat kulit jeruk yang diolah menjadi produk bermanfaat dan bernilai ekonomis dengan upaya meminimalisir limbah-limbah organik yang ada di lingkungan sekitar. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Research and Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan 4D Define, Design, Development, dan Dessemination. Berdasarkan tujuan penelitian maka pembuatan produk sabun dari limbah kulit jeruk ini melalui beberapa tahapan seperti meliputi rancangan pembuatan Hand Soap baik dari bahan, alat, dan cara pengerjaannya. Hasil penelitian ini diperoleh dengan produk yang sudah dibuat, serta di dukung dengan respon dan hasil dari sosialisasi di SDN Batu Kembar serta survei kebeberapa masyarakat terkait pemanfaatan limbah kulit jeruk yang dapat diolah menjadi produk inovasi baru yaitu hand soap. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa limbah kulit jeruk dapat dimanfaatkan menjadi inovasi produk yaitu hand soap dari berbagai jenis diantaranya ada bomb soap, paper soap, and liquid soap.

Article Details

How to Cite
Nurhayati, I., & Selindawati. (2024). Inovasi Limbah Kulit Jeruk Menjadi Traveling Hand Soap. Karimah Tauhid, 3(4), 4506–4518. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12678
Section
Articles

References

Aisyah, & M. (2021). Making and Distribution Antiseptic Handwashing Paper Soap. Bamara, 394–396.

Aldiana, M., & Nugraha, K. S. W. (2021). Pembuatan Paper Soap Herbal Antiseptik sebagai Salah Satu Sarana Pencegahan COVID-19. Madaniya, 2 (1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.53696/27214834.42

Astriani, B. (2016). Limbah Organik dan Anorganik. Bogor Journal, 2 (1).

Ayuni, P. (2019). Pemanfaatan Limbah Dari Kulit Jeruk Untuk Lilin Aromatik. Jurnal PKM, 1 (5).

Dewi, A. (2019). Aktivitas Antioksidan dan Antibakteri Ekstrak Kulit Jeruk dan Aplikasinya sebagai Pengawet Pangan. Jurnal Teknol Dan Industri Pangan, 30 (1).

Fathi, H. (2017). Pemanfaatan Kulit Jeruk sebagai Alternatif Bahan Kemasan Pangan Ramah Lingkungan. Jurnal Polban, 3 (2).

Ismanto. (2016). Pembuatan Sabun Padat Aroma Terapi. Jurnal Teknologi Pertanian Andalas, 20 (2).

Kardinan. (2018). Tanaman Penghasil Minyak Atsiri. Jakarta: AgroMedia Pustaka.

Kementerian Pertanian. (2013). Statistik Produksi Hortikultura Tahun 2013. Kementerian Pertanian: Direktorat Jenderal Holtikultur.

Kemenkes RI. (2010). Pedoman Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Mulyatiningsih. (2016). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.