Program Peningkatan Literasi Masyarakat Tentang Pengelolaan Administrasi Melalui Sistem Desa Cakap Digital (DECADE)

Main Article Content

Ruhimat
Dewi Nur Fadhillah
Fahri Aji Suryana
Muhamad Fatkhul Hidayat
Alvin Ramadhan
Dyah Ayu Gitaswari
Giani Nur Fauziah
Inda Dwiputri
Intan Nuryani
Marshela Febriadha
Muhammad Dzakwan Al-Mufid

Abstract

Literasi digital adalah bagian dari pengetahuan yaitu sebuah kecakapan bagi pengguna dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet dan  lain sebagainya. kompetensi dari kecakapan digital ini dimana pengguna harus menguasai beberapa hal yaitu terkait cara mengakses, memanfaatkan, memahami, dan  mendistribusikan internet. Tujuan  dari system digital ini dapat memproses informasi dengan cepat serta efisien, sehingga dapat meningkatkan produktivitas serta efisiensi. Keakuratan Sistem digital dapat memberikan hasil yang akurat serta konsisten dalam memproses informasi. permasalahan yang ada adalah belum pahamnya masyarakat tentang alur birokrasi dan  administrasi seperti pembuatan surat menyurat. Tujuan program ini adalah memberikan gambaran, pemahaman, serta inovasi baru terkait tata kelola administrasi digital serta alur birokrasi di tingkat mikro. pada penelitian ini peneliti memakai metode kuantitatif yang dilakukan dengan cara observasi dan  wawancara perangkat desa tentang masalah yang ada.. Decade sendiri tercipta untuk mengedukasi dan meluruskan alur birokrasi sehingga masyarakat dapat teredukasi mengenai pentingnya administrasi serta alur birokrasi setingkat desa pada pihak yang bersangkutan dimana alur birokrasi itu sangat penting dilakukan oleh masyarakat selain itu sistem ini dibuat dengan target untuk kemudahan masyarakat itu sendiri jika dalam proses pembuatan surat atau memasukkan data itu bisa dilakukan secara mandiri.

Article Details

How to Cite
Ruhimat, Fadhillah, D. N. ., Suryana, F. A. ., Hidayat, M. F. ., Ramadhan, A. ., Gitaswari, D. A. ., Fauziah, G. N. ., Dwiputri, I. ., Nuryani, I. ., Febriadha, M. ., & Al-Mufid, M. D. . (2024). Program Peningkatan Literasi Masyarakat Tentang Pengelolaan Administrasi Melalui Sistem Desa Cakap Digital (DECADE) . Karimah Tauhid, 3(1), 1168–1179. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11036
Section
Articles

References

Dewi, A. A., Dayati, U., & Sucipto, S. (2017). STUDI TOKOH SANAPIAH FAISAL SALEH “KARAKTERISTIK DAN IMPLEMENTASI TEORI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH. Jurnal Pendidikan Nonformal, 10(2), 72-88.

Hanadya, D., Auliana, NU, & Purwanto, MB (2022). Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan dan Sarana Prasarana Politeknik Darussalam Palembang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA) , 2 (1), 171-182.

MOLEONG, Lexy J. Meleong. 2019.

MOLEONG, Lexy J. Metode penelitian kualitatif. 2007.

Nana Sudjana, Penelitian dan Penilaian ( Bandung: Sinar Baru,1989),hlm.84.

Sutrisno Hadi, Metodologi Reserch (Yogyakarta:Andi Ofset,Edisi Refisi,2002), hlm.136.

RAHMAWATI, Annisa Dwi; FATMAWATI, Azizah. Sistem Administrasi Desa Mendiro Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi Berbasis Web. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 2020, 20.2: 134-140.

Rochiati Wiriaatmadja, Metode Penelitian...., hal. 117

SINAGA, Linda Teresia, et al. Pengembangan Literasi melalui Kegiatan KODIE Mengajar pada Anak Panti Asuhan di Kota Medan. Jurnal Pengabdian Pancasila (JPP), 2022, 1.1: 13-18.

SUHERDI, Devri. Peran literasi digital di masa pandemik. Cattleya Darmaya Fortuna, 2021.

Alkadafi, Muammar, Rusdi & April, M. (2019). PENATAAN ADMINISTRASI PEMERINTAHAN DESA DI DESA KUALU NENAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. DINAMISIA - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 76–84.

Taufiq, Otong Husni & Hermawandi, D. (2007). Tata Kelola Pemerintah Desa Berbasis E-Government Menuju Good Governance. 145–152.

Arikunto, Suharsimi. "Metode peneltian." Jakarta: Rineka Cipta 173 (2010).

Nana Sudjana, 2009 : 48

HADI, DRS SUTRISNO. metodologi research jilid II. 1989.

FAHMI, Muhammad, et al. Upaya Mengembangkan Umkm dan Ekonomi Kreatif melalui Pembuatan Keripik Sambal Teri Bunga dan Ikan Asin di Era Digital. Pubarama: Jurnal Publikasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 2023, 3.4.

Most read articles by the same author(s)