Motivasi Pembelian Pakaian Second Branded pada Fenomena Thrifting di Instagram

Main Article Content

Shabrina Rizky Liani
Maria Fitriah
Ruhimat

Abstract

Perkembangan teknologi tidak hanya berpengaruh terhadap ilmu pengetahuan, media komunikasi yang semakin berkembang pun kian beragam sehingga menghadirkan warna baru dalam trend fashion yang semakin beragam. Salah satunya adalah gaya berpakaian yang memanfaatkan pakaian bekas (second branded) untuk menunjang penampilan individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi pembelian pakaian bekas second branded pada fenomena Thrifting di Instagram. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional, teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Sample penelitian diperoleh melalui teknik purposive sampling dan kemudian dilakukan uji validitas serta reliabilitas menggunakan bantuan SPSS 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan indikator dengan skor tertinggi ada pada dimesi harga yang terjangkau, sehingga faktor yang memotivasi responden untuk membeli pakaian second branded   adalah ekonomi.


 

Article Details

How to Cite
Liani, S. R., Fitriah, M. ., & Ruhimat. (2023). Motivasi Pembelian Pakaian Second Branded pada Fenomena Thrifting di Instagram. Karimah Tauhid, 2(6), 3148–3161. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.11288
Section
Articles

References

Hatala, I. (2022). ANALISIS PENGARUH MOTIVASI DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI PAKAIAN BEKAS (CAKAR BONGKAR) DI PASAR MARDIKA AMBON. 16, 89–93.

Kurniawan, B. (2022). PENGARUH PRODUK , HARGA , DAN PEMBERIAN DISKON TERHADAP MINAT BELI ( Studi Kasus Pada Toko Pakaian Bekas Thriftdulduldul ). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 10(1).

Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. In Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur (Issue April).

Mulyan, A., & Muzakkir, A. (2021). Motivasi Konsumen Membeli Pakaian Bekas Di Pasar Loak Karang Sukun Kelurahan Mataram Timur Kecamatan Mataram Kota Mataram. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3), 200–211. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2114

Novarianti, A. D., & Ardhiyansyah, A. (2021). Pengaruh korean wave terhadap minat beli baju bekas. SENMABIS: Conference Series, 1(1), 30–37.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan R and D. In Bandung: Alfabeta (Vol. 3, Issue April).

Yuli Saputra. (2022). Impor pakaian bekas ilegal: Indonesia ‘menjadi penampung sampah’ dan dianggap ‘tidak punya martabat.’ BBC News Indonesia. https://www.bbc.com/indonesia/articles/c4ndrwez973o

Yunitasyia Nafa Zahro. (21 C.E., April 11). 10 Artis yang Hobi Thrifting, Suka Baju Bekas tapi Berkelas! Idntimes.Com. https://www.idntimes.com/hype/entertainment/yunitasyia-nafa-zahro/10-artis-yang-hobi-thrifting-suka-baju-bekas-tapi-berkelas?page=all

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>